Senin, 09 November 2020

Rekomendasi Tempat Wisata Di Salatiga dan Sekitar, Hotman Paris Sering Lewat Sini Gan..

Rekomendasi Tempat Wisata Di Salatiga



tempatwisataindonesia.com - Apa yang anda pikirkan ketika mendengar nama Salatiga? Kota Madya yang terletak di Jawa Tengah ini mempunyai sejarah yang sangat panjang jika diceritakan. Selain itu, wilayah yang berbatasan langsung dengan beberapa tempat wisata Semarang ini mempunyai banyak sekali potensi wisata baik alam maupun budaya yang keindahannya sudah bukan sebuah rahasia lagi.

Ragam budaya dan wisata Indonesia semakin lengkap berkat popularitas obyek wisata di Salatiga. Anda bisa mengagendakan untuk berkunjung ke Salatiga di akhir pekan karena jarak dari satu lokasi wisata ke lokasi wisata lainnya cukup berdekatan.

Pada artikel ini, tempatwisataindonesia.com akan mengulas sedikit rekomendasi tempat wisata di Salatiga yang menarik untuk anda kunjungi di akhir pekan atau hari libur. Langsung saja, berikut ulasannya :

1. ATLANTIC DREAMLAND



Objek wisata Salatiga Atlantic Dreamland menjadi tempat favorit bagi keluarga salatiga untuk menikmati waktu liburan. Terdapat banyak wahana bermain air di Atlantic Dreamland, mulai dari seluncuran beragam ketinggian, water ball, jet coaster, water boom, flying fox dan masih banyak lagi. Atlantic Dreamland berada di jalan Soekarno-Hatta Salatiga. Anda cukup membayar tiket masuk Rp 40.000 per orang untuk menikmati semua wahana yang ada.

2. KOPENG


Selain wisata Salatiga Dreamland terdapat pula wisata di kopeng. Kopeng merupakan wilayah Salatiga yang berada di dataran tinggi di kaki gunung Merbabu. Di Kopeng anda bisa menikmati indahnya gunung Merbabu, selain itu terdapat taman dan hutan pinus yang bisa kamu kunjungi. Bila anda ingin menginap di Kopeng, disini terdapat banyak sekali hotel yang bisa kamu sewa, mulai dari harga Rp 50.000 sampai ratusan ribu rupiah.




3. AIR TERJUN UMBUL SONGO


Wisata air terjun Umbul Songo terletak di desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Salatiga. Air terjun ini berada pada ketinggian 1450 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah akan anda rasakan. Air terjun Umbul Songo mempunyai ketinggian air terjun sekitar 15 m dengan debit air yang cukup deras.




4. SALOKA PARK


Wisata bukit cinta Salatiga adalah wisata baru yang spektakuler dan viral sekarang guys. Gimana tidak? Dia dibangun layaknya seperti dufan di Jawa Tengah dan mempromosikannya dengan sangat masive. Luar biasa, nggak nyangka Jawa Tengah bisa membangun kayak gini. Padahal lokasinya juga nggak kota-kota amat lho. Saloka Park terletak di Tuntang. Hotman Paris Pasti pernah lewat sini heheh. 




5. TAMAN TINGKIR SALATIGA


Selain wisata Salatiga saloka atau atlantic dreamland, salatiga juga punya Taman Tingkir guys, letaknya sesuai namanya, yaitu di Tingkir. Ada apa disini?Salatiga itu hebat, dia membangun seluruh spot di Kotanya menjadi family friendly banget. Bisa kumpul keluarga disini, jogging, menikmati sore hari cari cilok, anak-anak bisa naik mobil listrik juga. Buat foto instagramable banget dah

nih foto-fotonya...



6. PEMANDIAN ALAM MUNCUL


Pemandian Alam Muncul merupakan pemandingan dengan view pemandangan yang sangat indah. Airnya MURNI tanpa pemutih. Air gunung guys! Duingin menggigil renang kesini. Harus siap mental! Pemandian alam muncul berada di atas bukit, sehingga bisa menikmati pemandangan dari atas sembari berenang. Lokasinya ada di dekat Banyubiru. Orang taunya lokasi ini mungkin ada di banyubiru. Nah yang paling Spesial, Di Depan Pemandian Muncul ini ada warung makan legendaris yang banyak banget artis foodvlogger kesini, Contohnya alm. Bondan. Check it out..



Warung Makan Mbak Toen

Nama warungnya mbak toen. Persis di depan kolam renang Muncul. Yang paling terkenal pecel keong, belut dan ikan-ikan kali atau sungai lainnya check it out..


             



7. MUSEUM KERETA API AMBARAWA


Tempat wisata di Salatiga dan Ambarawa yang sudah sangat terkenal adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Sebenernya lokasi ini ada di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Saya bahas dikit aja ya kapan-kapan kita bedah lebih dalam. Museum ini adalah bangunan peninggalan penjajahan Belanda. Didalam museum anda bisa melihat beberapa lokomotif uap pada zaman penjajahan yang masih terawat. Bila anda berkunjung kesini, anda bisa menaiki kereta uap yang disediakan oleh pengelola. Kereta ini akan membawa anda melewati persawahan dan hutan disekitar ambarawa.



8. TLOGO PLANTATION


Tlogo Plantation adalah tempat wisata yang menyediakan resort dan juga wisata alam terpadu. Tlogo Plantation berada di antara jalur Tuntang – Beringin. Di tempat ini, anda bisa mengajak keluarga anda untuk bermain dan belajar agar lebih dekat dengan alam, seperti merawat dan memanen pohon kopi, anda juga bisa bersantai dan menikmati alam di resortnya.

9. GUNUNG MERBABU


Objek wisata di Salatiga Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal bagi para pecinta alam dan pendaki gunung adalah Gunung Merbabu. Gunung ini terletak di 4 kabupaten yaitu kabupaten Magelang, Kabupaten Sleman, Kabupaten Boyolali dan juga Kabupaten Salatiga. Anda bisa mendaki gunung Merbabu dari Salatiga yang terletak di desa Cunthel dan juga desa Tekelan yang berada di kawasan Kopeng.

10. RAWA PENING


Tempat wisata Rawa Pening selain berada di Ambarawa terdapat pula yang berada di Salatiga. Pemandangan Rawa Pening melalui Salatiga tidak jauh berbeda dengan Ambarawa, bahkan bisa lebih indah. Rawa Pening merupakan sebuah danau yang luasnya sekitar 2650 hektar. Anda bisa menggunakan perahu kecil yang disewakan disekitar Rawa Pening. Di Rawa ini terdapat berbagai jenis ikan yang bisa kamu pancing.

11. AGROWISATA SALIB PUTIH


Wisata Salib Putih Salatiga adalah sebuah hotel yang menyediakan berbagai aktivitas bagi wisatawan, mulai dari tempat berenang, taman bermain, out bound, dan juga area untuk camping. Agrowisata Salib Putih berada di jalan Hasanudin km 4 Salatiga – Kopeng. Tempatnya yang berada di dataran tinggi dan akses jalan yang mudah membuat banyak wisatawan yang datang kesini.


12. KOLAM RENANG KALITAMAN


Selain wisata Salatiga Salib Putih terdapat pula kolam renang Kalitaman yang tidak kalah menarik. Kolam renang Kalitaman ini sering juga di sebut kolam renang Kali Gedong adalah kolam renang yang paling tua di Salatiga. Kolam renang ini menyediakan kolam untuk berenang orang dewasa dan juga arena bermain anak berupa seluncuran.

13. MATA AIR SENJOYO


Objek wisata di Salatiga dan sekitarnya juga mempunyai kolam renang yang langsung dari mata air. Mata air ini dinamakan Senjoyo. Kolam yang disediakan di sini cukup luas dan mempunyai air yang sangat jernih karena langsung dari mata air pegunungan. Selain kolam untuk berenang, terdapat arena bermain anak dan out bound yang menarik anda coba.

14. ARROWHEAD PEAK


Wisata Salatiga terbaru 2017 adalah Arrowhead Peak. Tempat wisata ini menyediakan pelatihan berkuda. Bagi anda yang ingin mencoba menunggang kuda, tempat ini mengajarkan cara bagaimana berkuda yang baik, selain itu pemandangan di sekitarnya juga sangat indah. Tempat wisata ini berada di desa Tegal Waton Salatiga.

15. DESA WISATA TINGKIR LOR


Tempat wisata di Salatiga dan sekitarnya yang sangat baik adalah Desa wisata Tingkir Lor. Desa ini telah dinobatkan sebagai “Desa Wisata” oleh pemerintah karena penduduknya yang ramah dan juga sebagian besar penduduknya memiliki UMKM konveksi yang pemasarannya sudah sampai ke berbagai daerah di Indonesia.

16. CAGAR BUDAYA PRASASTI PLUMPUNGAN


Tempat wisata di Kopeng Salatiga yang bersejarah salah satunya adalah Cagar Budaya Prasasti Plumpungan. Prasasti ini berada di desa Plumpungan, Kecamatan Sidorejo Kabupaten Salatiga. Prasasti Plumpungan berupa batu andesit besar yang bertuliskan huruf jawa kuno yang umurnya sekitar 750 tahun masehi.

17. WISATA KULINER MAKANAN KHAS SALATIGA


Wisata kuliner Salatiga, tempat wisata kuliner di Salatiga salah satunya terletak di desa Tingkir. Minuman yang khas di tempat ini adalah wedang ronde. Alamnya yang dingin menambah kenikmatan meminum wedang ronde yang dapat menghangatkan badan.


18. WISATA BELANJA KUE SAGU KERING


Tempat wisata Kota Salatiga berupa makanan khas Salatiga yaitu Kue Sagu Kering terletak di jalan Fatmawati Salatiga. Tempat ini menjadi obyek wisata kuliner khas Saatiga yang mempunyai banyak pengunjung. Di tempat ini anda bisa menikmati enaknya kue sagu dan juga melihat langsung cara pembuatan kue sagu khas Salatiga.

19. WISATA BUDAYA SALATIGA


Salatiga mempunyai banyak acara kebudayaan yang cukup besar. Antara lain yaitu, acara suran Ki Hajar Sampuro, Tirakatan hari jadi Kabupaten Salatiga, Saparan, Kirab budaya dan masih banyak lagi agenda kebudayaan. Salatiga memang pantas sebagai kota wisata budaya.


20. GUNUNG TELOMOYO


Wisata Salatiga Telomoyo menjadi tempat wisata alternatif yang dapat anda kunjungi apabila datang ke Salatiga. Gunung telomoyo berada di ketinggian 1894 mdpl. Gunung ini dikelilingi oleh beberapa gunung seperti gunung merbabu, gunung merapi, gunung andong dan juga gunung ungaran. Anda tidak perlu mendaki untuk mencapai puncaknya, karena sudah terdapat akses jalan yang bisa dilalui kendaraan bermotor.

21. KOPENG CAMPING GROUND


Tempat wisata Kopeng Salatiga Jawa Tengah juga terdapat area Kopeng Camping Ground. Di tempat ini anda disuguhkan area untuk camping dengan pemandangan alam yang asri dan juga hawa yang dingin. Bila anda berkamping kesini, anda serasa sedang berkamping di atas gunung.

22. KOPENG PAINTBALL


Tempat wisata di Salatiga yang berada di Kopeng tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja. Di sekitar Kopeng juga terdapat arena bermain Paintball. Bila anda berwisata bersama teman teman, anda harus mencoba permainan paintball yang berada di kopeng. Keseruan bermain paintball akan menambah kesenangan saat berwisata di Kopeng.

23. KOPENG TREETOP ADVENTURE


Tempat wisata alam di Kopeng Salatiga memang sudah tidak diragukan lagi. Kopeng mempunyai banyak tempat wisata yang menarik salah satunya adalah Kopeng Treetop Adventure. Di tempat ini anda akan ditantang untuk berpetualang dengan ketangkasan di alam pegunungan, selain itu anda bisa menikmati keindahan alam berupa hutan pinus yang rimbun.

24. GOA RUNG TUNTANG


Wisata Salatiga Goa Rong Tuntang adalah wisata dengan pemandangan diatas gardu pandang, banyak orang yang belum tahu tempat ini mengira wisata ini adalah goa.

25. GOA MARIA PERENG


Goa maria Pereng berada di daerah Kopeng. Goa ini adalah goa buatan tempat umat katolik untuk berwisata sembari bersembahyang.

26. HUTAN PINUS KAYON


Wisata Salatiga hutan pinus berada di kaki gunung Merbabu. Disini anda bisa berfoto dengan background pepohonan hutan pinus yang sangat asri dan indah. Pengelola juga menambahkan beberapa properti yang bisa digunakan pengunjung untuk berfoto.

27. LAPANGAN PANCASILA


Lapangan Pancasila merupakan alun alunnya Kabupaten Salatiga. Lapangan Pancasila terletak di desa Kalicacing Salatiga. Banyak jajanan yang tersedia di sekitar alun alun Salatiga ini yang menambah kenikmatan bersantai di Salatiga.

28. CANDI KLERO


Tempat wisata di Salatiga yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Candi Klero. Candi Klero merupakan peninggalan agama Hindu. Candi ini terletak di desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Salatiga. Bangunan candi masih terlihat komplit dan kokoh.

29. BUKIT HARAPAN CUNTEL


Tempat wisata alam Salatiga yang tidak kalah indah adalah bukit harapan Cuntel. Bukit ini berada di jalur pendakian gunung Merbabu via Cuntel. Di tempat ini anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah di atas bukit. Anda cukup berjalan beberapa menit untuk mencapai Bukit Harapan Cuntel.

30. KEBUN BUNGA BANDUNGAN


Wisata Salatiga terdekat dengan Bandungan salah satunya adalah kebun bunga Bandungan. Anda bisa melihat berbagai macam bunga tumbuh di kebun bunga di daerah Bandungan. Berbagai bunga dengan warna yang sangat indah tersedia disini. Anda bisa berfoto bersama warna warni bunga yang ada.

31. POHON PENGANTIN


Pohon Pengantin adalah sebuah pohon yang terletak di tengah sawah yang berada di desa Bancaan Salatiga. Anda bisa mendapatkan foto yang sangat bagus dengan obyek foto pohon Pengantin pada saat matahari tenggelam.

32. WISATA KELUARGA TAMAN KELINCI


Obyek wisata Salatiga hits yang cukup terkenal adalah wisata keluarga Taman Kelinci. Taman ini berada di jalan raya Muncul desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang

33. KOLAM RENANG SIWARAK TIRTO AGRO


Tempat wisata bagus di Salatiga yang berupa tempat berenang salah satunya adalah kolam renang Siwarak Tirto Agro. Di tempat ini terdapat beberapa kolam dengan ketinggian yang berbeda beda. Selain itu, pemandangan dari kolam renang ini sangat indah. Kolam renang ini terletak di Ungaran Barat.

34. PODO PODO AQUARIUM


Wisata daerah Salatiga yang tidak kalah menarik adalah Podo Podo Aquarium. Tempat ini berada di dekat pusat kota Salatiga. Di tempat ini anda bisa melihat cara pembuatan aquarium. Selain itu anda bisa melihat berbagai macam model aquarium dan anda bisa membelinya. Mulai dari yang kecil sampai yang besar, mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah terdapat disini.

35. PUNCAK KENTENG SONGO


Tempat wisata alam di Salatiga yang sudah tidak asing bagi para pendaki adalah Puncak Kenteng Songo. Puncak tersebut merupakan titik tertinggi dari Gunung Merbabu. Pemandangan dari puncak Kenteng Songo sangatlah indah. Untuk mencapai puncak Kenteng Songo anda harus mendaki gunung Merbabu sekitar 7 jam berjalan kaki.

36. BENTENG PENDEM AMBARAWA


Tempat wisata Salatiga dan sekitarnya yang menarik adalah Benteng Pendem Ambarawa. Benteng Pendem ini merupakan benteng bekas Jajahan Belanda yang dahulunya dipakai sebagai benteng pertahanan dan juga penjara oleh Belanda.


37. ALUN ALUN PANCASILA SALATIGA


Wisata malam Salatiga yang dapat anda kunjungi adalah alun alun Pancasila. Banyak pemuda Salatiga yang menghabiskan malam di Alun alun ini sembari menikmati wisata kuliner yang tersaji di sekitar alun alun.

38. MASJID RAYA DARUL AMAL SALATIGA


Wisata Salatiga sekitarnya berupa wisata religi adalah Masjid Raya Darul Amal Salatiga. Masjid ini adalah bangunan baru yang menjadi Masjid Agung di Salatiga. Masijd ini berada di alun alun kota Salatiga.

39. BALAI RESERVOIR WISATA PENGETAHUAN PENYAKIT DUVER


Tempat wisata menarik di Salatiga untuk menambah ilmu pengetahuan adalah Balai Reservoir. Balai ini adalah tempat edukasi penyakit Duver. Tempat ini sering membuat event edukasi seperti Duver Vair yang dihadiri walikota dan Bupati.

40. PEMANDIAN AIR ALAM NAMPAK


Destinasi wisata Salatiga Jawa Tengah berupa pemandian dari mata air pegunungan salah satunya adalam Pemandian Air Alam Nampak. Pemandian ini berada di desa Rawa Boni, Kecamatan Banyubiru. Jaraknya hanya sekitar 10 KM dari pusat kota Salatiga.

41. BUNDARAN JAM KALOKA SALATIGA


Wisata sekitar Salatiga yang selanjutnya adalah Bundaran Jam Kaloka Salatiga. Jam Kaloka ini berada di Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Salatiga.

42. CEMORO SEWU SEPAKUNG


Daftar tempat wisata di Salatiga berupa hutan cemara selanjutnya adalah Cemoro Sewu Sepakung. Tempat wisata ini berada di desa Sepakung Salatiga. Pemandangan di tempat ini sangat asri dan indah.

43. BUKIT BATU UTAMA


Bukit Batu Utama merupakan bukit yang berada di Salatiga. Dinamakan Bukit Batu Utama karena diatas bukit terdapat sebuah batu yang cukup besar. Diatas bukit anda bisa menikmati kota Salatiga dari atas ketinggian.

44. POHON PENGANTIN SALATIGA


Objek wisata Kota Salatiga berupa pemandangan alam yang indah salah satunya adalah Pohon Pengantin Salatiga. Pohon tersebut sangat besar dan hanya berdiri sendiri si tengah area persawahan.

45. CIMORY


Wisata Cimory Salatiga sebenarnya terletak di Kabupaten Semarang ini menawarkan wisata keluarga berupa tempat pemerasan susu langsung dari sapi, selain itu, terdapat taman bermain yang cocok untuk anak anak. Cimory juga menyediakan restauran yang bahan utamanya adalah sapi.

Berdasarkan ulasan mengenai tempat wisata di Salatiga tersebut, anda menjadi lebih paham dan mengenal tentang ragam wisata Salatiga yang bisa dijadikan destinasi untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman teman dekat. Bagi anda yang mempunyai waktu luang berlebih, bisa juga mengunjungi beberapa wilayah Kota atau Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Salatiga sekaligus mengeksplore potensi wisatanya seperti wisata Magelang maupun wisata Temanggung yang jaraknya tidak terlalu jauh dari wilayah Kota dan Kabupaten Salatiga. Cukup sekian ulasan tempat wisata di Salatiga dari kami, semoga bermanfaat.

Label: , ,

Minggu, 08 November 2020

Wisata Pantai Teluk Asmoro Malang Jawa Timur! Udah Kayak Raja Ampat!

Wisata Pantai Teluk Asmoro Malang Jawa Timur




Negara maritim memang sangat mepresentasikan keadaan Indonesia yang terdapat banyak pantai didalamnya. Bukan saja pantai-pantai yang diakui keberadaanya, trend yang sedang ramai digunakan akhir-akhir ini adalah menjelajahi pantai baru. Pantai baru ini dimengerti sebagai pantai yang masih belum banyak orang tahu, pantai yang masih sangat asri, bahkan ada yang menyebutkan sebagai pantai perawan. Anda bisa mendapatkan pantai seperti ini di Kabupaten Malang. Terkenalnya wisata di malang bagian utara, membuat para wisatawan mulai ingin mengetahui wisata malang di bagian selatan. Salah satunya adalah pantai teluk asmoro. Pantai ini keberadaanya belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, berikut adalah ulasan mengenai Pantai Teluk Asmoro. 




Pantai Teluk Asmoro Di Malang


Menjelah malang bagian selatan, terdapat banyak sekali pantai-pantai yang memiliki keindahan tersendiri didalamnya. Karena letaknya yang jauh dari kota, maka jarang sekali pantai-pantai di Malang yang telah dibuka untuk lokasi wisata. Seperti halnya Pantai Teluk Asmoro, pantai ini letaknya tertutup oleh pulau-pulau kecil yang ada di kecamatan sumbermanjing wetan. Lebih tepatnya berada di Desa Tambakrejo, Pantai Teluk Asmoro lokasinya berdekana dengan pantai clungup dan pantai goa cina.

Perjalanan dari pusat kota malang, maka jarak yang akan ditempuh kurang lebih selama tujuh puluh tiga kilometer atau selama dua jam perjalanan. Banyak sekali pilihan rute yang dapat dilalui, tetapi untuk rute terdekat dari kota malang, ambil jalur menuju bululawang, kemudian sampai di pertigaan krebet, mengambil jalan menuju pantai sendang biru. Terus mengikuti jalan, nantinya akan sampai di Kecmatan Sumbermanjing, Wetan. Mengikuti arahan papan petunjuk arah ke pantai sendang biru, lalu mengikuti arah ke pantai goa cina. Satu kilometer sebelum pantai goa cina, akan terlihat pintu gerbang pantai teluk asmoro. Rute lain yang dapat dijadikan alternatif yaitu melalui perempatan menuju pantai balekambang. Lalu ambil kiri kea rah Pantai goa cina, dan rute yang sama untuk dilalui. 




Bagi backpacker lovers, untuk sampai di Pantai Tanjung Asmoro, dapat berangkat dari terminal arjosari, pilihlah angkutan menujut terminal gadang, angkot ini biasanya memiliki kode AH atau AG. Setelah sampai, pindah angkutan yang menuju arah sumbermanjung wetan. Lalu menlanjutkan perjalanan menggunakan ojek untuk sampai ke lokasi wisata yang satu ini.

Pantai ini mulai terekspos melalui media sosial., untuk beberapa wisatawan yang pernah berkunjung kemari, memberi julukan untuk Pantai Teluk Asmoro sebagai Raja Ampatnya Malang. Pantai yang memiliki aliran ombak yang begitu tenang ini, memiliki pulau-pulau kecil yang terbesar sehingga mirip dengan raja ampat yang berada di Papua. Ditambah air laut yang bersih dan sangat jernih, semakin memanjakan wisatawan untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang tampak jelas. pemandangan ini sangat cocok bagi anda yang menyukai snorkling. Untuk ombak yang pasang, pengunjung tidak perlu khawatir, karena pulau kecil yang tersebar ini juga berfungsi untuk menangkis ombak.



Untuk harga tiket masuk pantai teluk asmoro ini pengunjung tidak perlu memikirkannya, alias gratis. Masih minimnya sarana prasana yang ada, sangatlah pantas bila pantai ini disebut dengan pantai perawan. Julukan ini semakin cocok ketika melihat fasilitas yang ada. memang terdapat gazebo yang dapat dapat dihitung keberadaanya, tetapi untuk warung yang menjual minuman pun disini tidak ada. maka pastikan, bila anda berkunjung kesini, untuk membawa bekal yang cukup. Sedangkan untuk tempat ibadah dan kamar mandi, di pantai ini juga belum tersedia. Memang masih sangat sepi, mengingat jalanan menuju gerbang pantai ini pun masih berupa bebatuan. Direncanakan pembangunan akan dilakukan pada tahun ini. Semoga dengan pembangunan, pantai ini menjadi lebih terlengkapi untuk wisatawan, tetapi tidak menghilangkan sisi alami dari Pantai Teluk Asmoro.

Itulah ulasang singkat mengenai Pantai Teluk Asmoro. Kondisi pantai yang tenang, bisa membangkitkan semangat untuk kembali ke rutinitas. Bagi anda yang ingin camping di pantai ini, pastikan untuk menanyain terlebih dahulu keamanan dan kondisi cuaca pantai oleh warga sekitar. Selamat berlibur.


Label: ,

JADWAL TAMAN FILM BANDUNG - NONTON LAYAR TANCEP JAMAN NOW

Taman Film di Bandung - Rekomendasi dan Jadwal 


Berbicara mengenai public space di kota-kota besar yang ada di Indonesia, tidak banyak yang menyediakan area ini hanya untuk sekedar tempat duduk. Sempitnya lahan kota, untuk sebagian orang merasa hilangnya hak mereka terutama hak pejalan kaki. Bukan hanya itu, semakin sedikitnya area bermain anak juga dirasakan para ibu yang lalu membawa anak mereka bermain di Mall. Keresehan seperti ini menjadi salah satu alasan, didirikannya taman sebagai public space di Kota Badung. Salah satu taman yang terkenal adalah Taman Film. berikut ulasan mengenai Taman Film.



Taman Film di Bandung


Taman Film merupakan taman tematik yang merupakan bagian dari program revitalisasi taman, oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Menggunakan lahan tak terpakai, yaitu di bawah fly over Pasupati ini, disulapa menjadi taman yang dapat dimanfaatkan baik kalangan muda maupu tua. Berada di jalan layang pasupati, Bandung wetan, taman ini diresmikan tanggal 14 September 2014 yang lalu, dengan luas 1300 m2, dan mampu menampung 500 penonton. Luasnya taman ini didukung dengan desain yang tidak kaku, funny dan atraktif. Terlihat pada desain tempat duduk penonton, yang dibuat, walaupun berbentuk lingkaran tetapi sebenarnya kerangka yang digunakan adalah berbentuk terasering, hal ini agar memudahkan penonton dapat melihat film dari sudut manapun. Tempat duduk penonton dibuat sedemikian rupa dengan tujuh tingkatan. Tiap tingkatan memiliki diameter yang berbeda, dimana dapat diisi setidaknya 3 sampai 7 orang per lingkaran. Sedangkan yang menjadi mascot dari taman ini adalah lebar layar yang berukuran 4x8 meter, dengan aliran listrik 33000 watt, termasuk sound sytemnya. Kelengkapan yang telah disediakan oleh pemerintah kota menjadi alternatif wisata yang mudah dan dekat.

Kelebihan yang lebih menggiurkan lagi bagi anda yang menginginkan liburan dengan lost budget, cukup datang ke Taman Film, tanpa dipungut biaya selain biaya parkir yang tidak mencapai berpuluh-puluh ribu, anda dapat menyaksikan film-film yang diputar. Terdapat beberapa genre film yang telah dan masih sering di putar, yaitu Film Indonesia, Film Indie Bandung, Film Korea, bahkan Film India. 

Untuk jadwal pemutaran film, hari senin dan selasa setaip jam 18.30-21.00 WIB, sabtu dan minggu 17.00-22.00 WIB. Taman Film juga memiliki official twiter bagi anda yang ingin request film atau menanyakan jadwal film yang akan di putar, @taman_Filmbdg.




Fasilitas Taman Film Bandung


Menjadi arena untuk menonton film secara masal, taman ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang mendukung. Seperti toilet wanita dan pria, mushola bagi mereka yang ingin menjalankan kewajiban agama dan perpustakaan mini. Selain menjadi tempat menonton film, perpustakaan mini dibuat untuk pengunjung ataupun warga sekitar yang ingin membaca buku sembari bersantai di Taman Film. Sejauh ini perpustakaan mini banyak dikerubungi oleh anak-anak yang masih bersekolah, yang tinggal disekitar fly over pasupati. Mereka banyak menghabiskan waktu membaca sembari selesai bermain.

Sembari melihat film yang diputar, anda dapat juga mengisi perut anda bila lapar di penjual asongan sekitar Taman Film. atau bila anda menginginkan makanan yang lebih, dengan kebersihan yang baik, maka datanglah di Warung Kopi Imah Babaturan, berada si sebelah Balbus atau Balubur Town Square, atau 100 meter dari Taman Film, warung ini menyajikan gulai dan tongseng kambing yang rekomended dengan harga mahasiswa. Untuk snacking, jangan melewatkan Saung Siomay, 100 meter dari Taman Film, tepatnya di Jalan Tamansari nomor 35. Meski harganya lumayan mahal, tetapi rasa bumbu kacang dan gurih siomay tidak mengecewakan.

Lokasi Taman Film Bandung


Pusat Kota Bandung menjadi area yang paling ramai dikunjungi oleh kebanyakan wisatawan, terlebih karena banyaknya kuliner dan took pakaian masa kini yang mendominasi di kawasan pusat kota. Dago, merupakan kawasan pusat kota yang paling banyak dikunjungi, apalagi oleh anak muda. Bagi anda yang berkunjung ke Bandung, dan berada di kawasan jalan Dago, Taman Film terletak tak jauh dari kawasan ini. Bila anda berada di sekitar Bulubur Town Square, letaknya tepat sebelah bangunan yang menjulang tinggi ini, tapi bila anda masih bingung, Jangan sungkan untuk bertanya kepada masyarakat sekitar letak Taman Film.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama yang melewati tol Pasteur, anda akan melewati Taman Film ini, tidak ada salahnya untuk singgah sebentar sembari menjadi tempat beristirahat melepas lelah dan kantuk. Untuk backpacker holic yang penasaran mengenai Taman Film, banyak sekali angkot yang melewati daerah ini, anda bisa memilih angkot jurusan Panghegar – Dipati Ukur, Cisitu – Tegelega, Cicaheum – Ledeng, Sadang – Caringin atau Caringin Dago. Jangan lupa untuk menanyakan tariff angkot ke sesama penumpang. Atau altternatif yang tidak membingungkan, cukup memesan kendaraan pesan online, maka anda akan langsung sampai ke tempat tujuan ini, yang berada di jalan Layang Pasupati, Kota Bandung.




Festival Taman Film Bandung


Memanfaatkan fasilitas kota, Taman Film telah tiga kali secara berturut-turut, terhintung sejak tahun 2015 menyelenggarakan Festival Film. bagi anda yang ingin berkunjung ke taman film dengan suguhan yang berbeda, anda bisa datang di acara festival film 2018. Sedang untuk tahun 2017, telah dilaksanakan pada bulan mei yang lalu. Sekilas informasi mengenai festival film ini, akan diputar movie battle, international movie dan premiere movie. Sangat cocok bagi anda menggemar film atau seorang sineas, untuk tidak melewatkan festival taman film di tahun depan.

Taman Film juga dapat dijadikan alternatif untuk anda pencinta sepak bola. Videotron yang disediakan, dimanfaatkan oleh supporter persib terutama, untuk menonton jagoan mereka bermain sepak bola. Tidak hanya sekali, telah menjadi agenda wajib bobotoh bandung. Walaupun pernah ditutup untuk fasilitas menonton bareng, karena disebabkan rusaknya fasilitas taman film akibat rasa kecewa bobotoh atau sebutan bagi supporter persib, dimana Persib yang mereka dukung mengalami kekalahan, kini Taman film telah diizinkan kembali untuk dipergunakan sebagai taman film nobar persib. Tentu dengan syarat dan himbauan dari Wali Kota Bandung sendiri, Ridwan Kamil, agar Taman Film dijaga dan dirawat bersama, tidak merusak fasilitas yang telah disediakan, terutama untuk berhati-hati bila merokok, dikarenakan karpet di Taman Film cenderung mudah terbakar.

Itulah ulasan destinasi wisata Taman Film , bagi anda yang mencari tempat yang hijau di tengah kota, akses mudah, harga murah. Selamat mencoba .

Label: ,

Berani ke Air Terjun Coban Supit Urang Wiyurejo Malang?

Eksotisme Air Terjun Coban Supit Urang Wiyurejo Malang




Apakah anda pernah mengunjungi Kota Malang? Sudahkah anda mengunjungi Air Terjun Coban Supit Urang? Bagi Anda yang berkunjung ke destinasi wisata Malang atau di Kota Batu, tak lengkap rasanya jika anda belum mengunjungi destinasi wisata air terjun di Malang. Salah satu air terjun yang cukup populer sebagai destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi di Malang adalah air terjun Coban Supit Urang Lawang Malang. Coban Supit Urang merupakan salah satu dari 3 Coban yang baru saja ditemukan oleh warga beberapa waktu yang lalu Keberadaan air terjun Coban Supit Urang ini sebenarnya sudah lama, akan tetapi oleh dinas PERHUTANI setempat masih belum diizinkan untuk dibuka untuk umum karena beberapa hal seperti masih belum adanya akses jalan serta mungkin belum ada ijin dari dinas pariwisata juga pemerintah. Namun untuk saat ini kawasan tersebut sudah dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi oleh wisatawan.




lokasi Coban Supit Urang


Air Terjun Coban Supit Urang secara administratif terletak di di kawasan Taman Hutan Raya R Soeryo, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Jika anda ingin mengetahui letaknya dalam peta, anda dapat mencari alamat Coban Supit Urang di GPS gawai anda.



Jalan menuju Coban Supit Urang


Untuk mencapai Coban Supit Urang, dari kota Malang anda langsung ambil saja arah menuju ke Kota Batu, kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke arah Pujon atau arah Kediri/Jombang. Kemudian sesampainya di Pujon, carilah arah menuju ke Desa Madiredo karena air terjun ini tidak jauh dari desa tersebut. Petunjuk yang paling terlihat jelas ketika anda sampai di Pujon adalah Masjid Ngroto yang berada tidak jauh dari Makam Pahlawan Pujon juga Pasar Pujon. Tidak jauh setelah melewati taman makam pahlawan di sisi kiri jalan, tengoklah di sisi kanan jalan ada sebuah gang yang di depan gang terdapat sebuah masjid, itulah Masjid Ngroto. Mungkin memang agak sedikit sulit mencari jalan menuju Air Terjun Supit Urang ini. Akan tetapi, anda tidak perlu sungkan untuk banyak bertanya kepada warga sekitar jika anda bingung. Selain karena akses menuju Coban Supit Urang srigading lawang yang sulit dan lokasinya yang cukup tersembunyi, juga karena memang belum terdapat banyak petunjuk lokasi menuju Coban Supit Urang ini.







Daya Tarik Coban Supit Urang


Berada di tengah kokohnya bebatuan alam dan dikelilingi rerimbunan hutan dan perkebunan warga, Coban Supit Urang memiliki panorama yang luar biasa indah. Bagi anda yang gemar dengan tantangan dan petualangan seperti mendaki, susur sungai, atau halang rintang, anda wajib untuk mencoba mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Lokasi air terjun yang berada di atas mengharuskan anda untuk mendaki tebing batu terlebih dahulu. Di area ini, terdapat 3 air terjun sekaligus dengan ketinggian yang berbeda-beda dimulai dari Supit Urang 1, Supit Urang 2 atau biasa disebut Coban Undak dan juga Coban Watu Talang.

Coban Supit Urang ini terdiri dari 2buah air terjun. Yang pertama adalah Coban Supit Urang bawah dan yang kedua adalah Coban Supit Urang atas.Selain itu di atasnya lagi terdapat juga Air terjun Watu Talang. Jadi dalam sekali tempuh dua, tiga air terjun dilampaui. Meskipun jarak ketiganya terpaut cukup jauh, namun sayang rasanya jika sudah menempuh medan yang berat namun tidak mengunjungi ketiganya sekaligus. Satu hal yang menarik adalah air terjun ini belum banyak tersentuh manusia. Bisa jadi karena letaknya yang tersembunyi serta medan yang sulit dan menantang sehingga sangat membutuhkan perjuangan untuk sampai ke lokasi.

Untuk berpindah dari Coban Supit Urang Bawah ke Coban Supit Urang Atas, tidak semudah yang dibayangkan. Untuk menuju ke Coban Supit Urang Atas anda harus memutari tebing yang sangat curam. Kehati-hatian dan persiapan fisik mutlak dibutuhkan apabila anda ingin berkunjung ke Coban Supit Urang. Jarak dari Coban Supit Urang bawah ke Coban Supit Urang Atas kurang lebih adalah 500 m. Sedangkan jarak dari Coban Supit Urang Atas ke Coban Watu Talang adalah sekitar 1 km. Meskipun terlihat akan melelahkan, namun rasa lelah itu menjadi tak terasa karena Coban ini dikelilingi oleh batu batuan alam yang menakjubkan. Selain itu mata anda akan dimanjakan dengan panorama hutan rindang dengan berbagai tumbuhan liarnya, didampingi dengan suara kicau burung hutang dan suara gemericik air yang menenangkan. Gambar Coban Supit Urang yang indah ini juga banyak diabadikan oleh pengunjung dengan berswafoto ria.

Tingkat kederasan debit air yang turun dari tebing sangat bergantung kepada datangnya musim hujan. Sehingga jangan heran jika anda hanya melihat sedikit air yang mengalir di Coban Supit Urang, jika anda mengunjunginya pada saat musim kemarau. Suasana sejuk dengan aliran air terjun yang cukup jernih akan membuat siapapun yang berkunjung di kawasan wisata ini betah untuk menikmati suasana alam di Coban Supit Urang tersebut. Saat ini di sini telah ditawarkan beragam wahana tantangan yaitu Camping Ground, Air Terjun, Trekking, dan Perkebunan. Camping Groung di kawasan wisata ini akan memberikan pengalaman berkesan bagi anda. Salah satu tantangan yang ada ialah adanya sebuah tangga yang terbuat dari bambu dengan ketinggian kurang lebih 12 meter yang harus anda lalui saat menuju Coban Supit Atas, namun anda tidak perlu khawatir karena meskipun cukup ekstrim akan ada petugas yang bertugas mengawasi dan membimbing Anda menuju air terjun lain di kawasan ini. Beratnya medan di rute Coban Supit Urang wiyurejo Malang jawa timur akan terbayar dengan keindahan panorama yang tidak akan anda dapatkan di tempat lain.





Tiket dan Tarif


Air terjun Coban Supit Urang ini masih sangat alami dan jarang terjamah manusia, sehingga tak ada tempat parkir yang memadahi atau fasilitas penunjang pariwisata lainnya. Jika membawa kendaraan pribadi, anda dapat parkir di kebun kebun milik penduduk setempat yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun. Tentu saja, sebaiknya anda berkunjung kesini dengan mengendarai sepeda motor. Karena kendaraan roda empat akan sulit atau bahkan tidak bisa parkir disini. Tarif Parkir Di Cuban Supit Urang hanya Rp. 2000,- saja. Sedangkan untuk tiket masuk kawasan wisata Coban Supit Urang pujon ini adalah Rp.5000,- (bisa berubah sewaktu waktu).



Tips ketika berkunjung ke Coban Supit Urang


Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu anda perhatikan jika anda berkunjung ke air terjun ini.


1. Dikarenakan medan yang ditempuh dengan berjalan kaki adalah berupa bebatuan medan yang cukup licin, sangat disarankan untuk anda memakai alas kaki yang kuat seperti sandal gunung ataupun sepatu hiking. Sebaiknya anda menghindari untuk memakai sendal jepit.

2. Medan yang rimbun oleh pepohonan berduri dapat melukai kulit anda. Sebaiknya anda memakai jaket atau paling tidak anda memakai baju yang panjang.

3. Perjalanan yang berat dan melelahkan membutuhkan fisik yang prima, pastikan kondisi fisik anda dalam keadaan yang fit. Jangan lupa untuk membawa minuman dan makanan ringan untuk berjaga jaga apabila anda merasa haus dan lapar dalam perjalanan.



Itulah sekilas ulasan mengenai Coban Supit Urang. Jika anda tertarik untuk mendapatkan informasi mengenai air terjun atau destinasi wisata lainnya, silahkan anda berkunjung ke laman kami yang lain terimakasih.

Label: ,

Daftar Lengkap Tempat Wisata Di Brebes, Cristiano Ronaldo Pernah Renang Lur!

Daftar Lengkap Tempat Wisata Di Brebes Yang Harus Kamu Kunjungi

BREBES

Brebes merupakan sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang berbatasan secara langsung dengan wilayah Kabupaten Cirebon. Potensi alam dan potensi wisata yang ada di Kabupaten Brebes cukup banyak mulai dari wisata alam sampai dengan wisata budaya. Pada kali ini, tempatwisataindonesia.id akan membagikan berbagai macam tempat wisata di Brebes yang menarik untuk kamu kunjungi. Simak ulasannya berikut ini. 




1. KEBUN TEH KALIGUA BREBES JAWA TENGAH


Wisata alam daerah Brebes yang pertama ini berada di wilayah dataran tinggi. Pemandangan yang ditawarkan begitu indah disertai dengan udara yang sangat sejuk serta hawa yang dingin membuat pengunjungnya betah untuk berlama lama berada di tempat wisata ini. Selain itu, ada banyak sekali spot wisata selain kebun teh di kawasan dataran tinggi di daerah Desa Pandansari, Paguyangan, Brebes ini seperti Goa Jepang dan juga Mata Air Tuk Bening yang terkenal akan kejernihan airnya.

 



2. CURUG PUTRI BREBES


Wisata curug di Brebes yang pertama akan diekspos adalah Curug Putri yang dulunya berasal dari dua sumber pancuran atau dikenal dengan nama Curug Kembar. Namun, seiring berjalannya waktu pancuran atau curug tersebut tinggal satu dan dinamakan Curug Putri. Memiliki ketinggian sekitar 35 meter, Curug Putri menyuguhkan panorama alam yang sangat eksotis mulai dari rindangnya pepohonan disekitar sampai dengan tebing berbatu yang terbentuk alami oleh proses alam. Lokasi Curug Putri berada di Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Brebes.

 



3. CIBLON WATERBOOM


Obyek wisata di Brebes Jawa Tengah yang ketiga merupakan sebuah tempat yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Dengan luas sekitar 1,5 hektar, Ciblon Waterboom selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat hari libur tiba. Fasilitas yang tersedia di waterboom ini cukup lengkap meliputi kolam renang, wahana permainan anak, tempat aerobic, dan juga tempat fitnes, serta beberapa fasilitas pendukung lainnya. Ciblon Waterboom berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes.

 



4. PEMANDIAN AIR PANAS TIRTA HUSADA


Tempat wisata di Bumiayu Brebes bernama Pemandian Air Panas Tirta Husada layaknya sebuah pemandian air panas lainnya di daerah lain. Terdapat kandungan belerang yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit di lokasi wisata ini berikut fasilitas yang mendukung seperti kafe, kolam renang, bahkan juga tempat untuk karaoke. Untuk dapat merasakan berendam air panas di pemandian ini, kamu harus merogoh kocek sebesar 2000 rupiah saja di hari biasa dan 3000 rupiah saja di hari libur. Jangan kaget jika pemandian ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dengan berbagai macam tujuan, baik itu sekedar bermain maupun memang bertujuan untuk mengobati penyakit yang diderita.

 



5. WADUK PENJALIN BREBES


Wisata Kabupaten Brebes seluas kurang lebih 1,5 hektar ini sudah dibangun sejak jaman Belanda tepatnya di tahun 1930 silam. Waduk Penjalin berfungsi sebagai sumber irigasi bagi persawahan milik warga Brebes dan juga berfungsi sebagai pengendali banjir yang terkadang melanda wilayah Brebes. Meskipun sudah ada sejak lama, namun Waduk Penjalin belum begitu ramai dikunjungi wisatawan karena kurangnya pengelolaan. Waduk Penjalin berlokasi di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes.



6. WADUK MALAHAYU BREBES


Wisata Brebes Cawiri yang satu ini layaknya waduk di daerah lain. Sama halnya dengan Waduk Penjalin, waduk ini juga merupakan warisan Belanda pada jaman penjajahan dahulu kala. Fungsi utamanya juga masih sama, yaitu sebagai sumber irigasi persawahan milik warga masyarakat sekaligus pengendali banjir. Pemandangan di sekitar Waduk Malahayu lebih indah dibandingkan dengan Waduk Penjalin, sehingga di sekitarnya sering dijadikan bumi perkemahan dan selalu ramai didatangi oleh pengunjung. Seperti namanya, waduk ini terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo.

 



7. ­PANTAI RANDUSANGA


Obyek wisata Brebes Selatan ini cocok kamu datangi jika ingin melihat sunset yang indah. Banyak sekali wisatawan yang datang jauh jauh dari berbagai daerah di Kota Brebes maupun luar Brebes hanya untuk menyaksikan sunset yang katanya terindah di wilayah Brebes ini. Pemandangan yang disajikan juga sangat indah berupa perkebunan bawang, budidaya rumput laut, dan juga sentra budidaya ikan bandeng. Lokasi Pantai Randusanga berdekatan dengan Jalur Pantura dan mempunyai berbagai macam fasilitas menarik diantaranya camping ground, balap motor, dan juga arena bermain anak.

 



8. CANDI PANGKUAN


Candi Pangkuan merupakan salah satu tempat wisata di Brebes dan sekitarnya yang belum jelas sejarahnya. Candi ini sempat ditemukan pada tahun 1965 silam dan konon katanya dulu merupakan tempat pemujaan. Dari segi fisik, candi ini berbeda dengan candi candi lain yang ada di wilayah Indonesia seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Candi Pangkuan memiliki bentuk lonjong dengan tinggi sekitar 50 cm saja. Di sekitar candi dihuni oleh banyak sekali kera liar yang sudah jinak.

 



9. Kampung Budaya Dusun Jalaswatu


Tempat wisata Tegal Brebes yang terkenal akan budaya dan adatnya ini menjadi tempat diselenggarakannya Upacara Adat Ngasa setiap hari Selasa Kliwon tiba. Di daerah ini, ada satu kepercayaan unik yang bisa kamu temui yaitu adanya larangan menggunakan tembok dan atap genting dalam sebuah proses pembangunan rumah. Warga masyarakat di lokasi ini juga dilarang menanam bawang. Masih menjadi misteri mengapa hal hal itu dilarang di jaman yang sudah sangat modern sekarang ini. Ada baiknya kamu langsung menanyakan alasan dipeliharanya adat istiadat tersebut langsung kepada penduduk Desa Wisata Ciseureuh ketika berkunjung kesini. 




10. RANTO CANYON


Wisata Brebes Ranto Canyon cocok bagi kamu yang suka berwisata adventure. Di Ranto Canyon terdapat tebing tebing yang menjulang tinggi dan juga curam yang bisa kamu jadikan tempat untuk menguji adrenaline. Dulu, tempat ini bernama Leuwih Ranto, namun karena mirip dengan obyek wisata Green Canyon yang ada di Pangandaran, kemudian diubah menjadi Ranto Canyon dan kini semakin terkenal. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan disini diantaranya adalah bermain bodyrafting, cliff diving, dan juga berenang.

 



11. Agrowisata Besaran Hijau Pabrik Gula Jatibarang - Brebes


Wisata alam Brebes yang satu ini dikelola oleh Pabrik Gula Jatibarang dan masuk dalam kompleks wilayah PG Jatibarang. Fasilitas yang disediakan di agrowisata ini juga cukup lengkap dan berfungsi dengan baik mulai dari permainan perahu onthel, kolam renang terap ikan, kereta wisata, dan juga kolam renang layaknya sebuah waterboom di kota kota besar.

 



12. Pemandian Air panas Cipanas Buaran


Pemandangan yang ada di sekitar pemandian air panas ini cukup cantik dan juga asri karena dikelilingi oleh pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Sembari menikmati kesegaran air panas di tempat ini, kamu juga akan menghirup udara yang sangat sejuk khas pegunungan. Tempat ini bisa kamu jadikan alternatif untuk melepas penat setelah seminggu bekerja di padatnya perkotaan.

 



13. TELAGA RENJENG


Objek wisata Brebes Jawa Tengah yang berikutnya ini berlokasi di kaki Gunung Slamet tepatnya di Desa Pandansari, Paguyangan, Brebes. Selain menawarkan berbagai macam keindahan dan panorama alam yang memanjakan mata, Telaga Renjeng juga dikenal sebagai habitat dari lele dan ikan nila raksasa. Tempat wisata ini sering dijadikan tempat untuk kawula muda yang hobi fotografi untuk hunting foto baik itu digunakan sebagai koleksi pribadi maupun keperluan perlombaan.

 



14. BULAKAMBA BREBES


Merupakan satu kecamatan di Brebes yang berada di pesisir utara. Tempat ini terkenal akan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) nya yang berada di Desa Kluwut dan Desa Pulogading. Bagi kamu yang doyan makan ikan, maka kamu harus berbelanja ikan di Bulakamba ini. Ikan ikan diperoleh langsung dari laut sehingga masih banyak yang fresh.

15. KALIBAYA PARK


Wisata Brebes Kalibaya ini terletak di atas Puncak Malio atau Gunung Lio. Pesona alam yang disajikan oleh Kalibaya Park sangatlah menawan dengan view Waduk Malahayu. Kalibaya Park dilengkapi juga dengan fasilitas outbound, gardu pandang, menara pantau, komodo track dan juga ATV, serta padang Savana yang begitu luas.

 



16. CURUG AWU BREBES


Selain wisata Brebes Kalibaya, ada juga Curug Awu yang cukup menarik dikunjungi. Keberadaan Curug ini mampu mensejahterakan masyarakat karena bisa menghasilkan pendapatan bagi warga sekitar. Keindahan dan kesejukan udaranya masih sangat alami. Curug Awu memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan air yang jernih.

 



17. CURUG BENTAR BREBES


Tempat wisata alam di Brebes berikutnya berada di Desa Bentar, maka dari itu dinamakan curug Bentar. Tempat ini selalu ramai saat liburan tiba karena pengunjungnya akan diajak merasakan sensasi melompat dari atas tebing.

 



18. CURUG BASA BREBES


Tempat wisata di Brebes Jawa Tengah yang satu ini hampir sama dengan Curug Bentar, menyajikan keindahan fenomena alam yang menarik dan masih berhawa segar dan sejuk. Airnya yang begitu jernih membuat para pengunjung betah berlama lama bermain di Curug Basa ini.


19. HUTAN MANGROVE PANDANSARI


Wisata Brebes mangrove memang dibuat guna menanggulangi abrasi pantai yang makin meluas di pesisir Pantai di wilayah Brebes. Selain itu, hutan mangrove ini juga menjadi tempat beberapa biota laut selain sebagai tempat wisata trackking. Jangan lupa membawa lotion karena saat menyusuri jalur trackking di hutan mangrove ini akan kamu temui banyak nyamuk.




20. BUKIT PANENJOAN SALEM


Tempat wisata di Salem Brebes berikutnya berlokasi di pinggir jalan raya Desa Windusakti-Capar. Tempat ini merupakan lokasi yang pas untuk melihat sunrise di Kabupaten Brebes. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola cukup banyak, seperti kursi duduk, warung makan, dan juga gardu pandang. Gardu pandang inilah yang selalu laris menjadi spot foto para wisatawan secara bergantian.

 



21. Taman Wisata Gunung Lio


Selain wisata Brebes hutan mangrove, di wilayah utara ada Gunung Lio yang berada di tengah tengah Salem dan Banjarharjo. Gunung Lio dikenal sebagai bumi perkemahan yang juga berfungsi sebagai daerah penyangga air bagi wilayah Kabupaten Brebes. Puncak Gunung Lio selalu menjadi destinasi wisata para warga masyarakat Brebes baik tua maupun muda tidak peduli hari biasa maupun akhir pekan.



22. CURUG PANYUSUHAN


Tempat wisata di daerah Brebes Jawa Tengah yang satu ini berlokasi di hulu sungai Ci Gunung tidak jauh dari Desa Windusakti dan Tembong Raja. Di dekat Curug Panyusuhan juga terdapat 7 curug lainnya yang indah dan dapat ditempuh hanya dengan jalan kaki saja. Wah, bisa melakukan curug hopping nih di tempat ini. Seru!

 



23. DANAU BEKO


Selain wisata Brebes Salem, ada juga Danau Beko di Brebes yang juga terkenal. Danau yang terletak di Desa Margasari ini cukup unik karena berasal dari kerukan mesin Beko yang sudah terbengkalai. Galian yang berada di sembarang tempat lalu membentuk sebuah danau kecil yang eksotis.

 



24. Curug Rambukasang


Objek wisata di Brebes berupa curug memang cukup banyak, salah satunya Curug Rambukasang Ciseureuh Ketanggungan ini. memiliki ketinggian sekitar 10 meter membuat curug yang satu ini wajib untuk dikunjungi. Letaknya tepat berada di Lereng Gunung Kumbang sehingga hawanya sangat sejuk dan udaranya masih segar alami. Di bawah air terjun terdapat kolam sedalam 4 meter layaknya sebuah telaga.



25. GOA JEPANG


Goa Jepang di Brebes berada dalam satu lokasi yang berdekatan dengan Telaga Renjeng dan juga Kebun Teh Kaligua yang cukup terkenal. Kamu bisa merasakan sensasi magis saat masuk ke dalam Goa Jepang yang bersejarah ini.

26. BUKIT BAPER


Wisata Brebes bukit baper berada di Desa Batursari, Sirampog dan tergolong masih baru. Mengusung sebuah konsep yang sedang hits di masyarakat dengan menyajikan sebuah spot berswafoto dari ketinggian yang terbuat dari bambu.


27. JEMBATAN SAKALIBEL


Tempat wisata di Brebes ini sebenarnya hanya sebuah jembatan kereta yang masih digunakan sampai sekarang. Biasanya orang orang akan berfoto dengan background jembatan Sakalibel ini atau memfoto jembatan lengkap dengan kereta api yang sedang melintas. Sungguh suatu tempat yang bagus dikunjungi oleh kamu kamu yang hobi fotografi. Jembatan ini sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1917 dan membentang panjang di atas sungai Kawuh yang ada di kawasan Bumiayu, Brebes.


28. SENTRA PENGHASIL BAWANG MERAH BREBES DI LARANGAN


Tempat wisata di Kab Brebes selanjutnya membuat Brebes dijuluki sebagai kota bawang. Daerah ini merupakan sentra penghasil bawang merah yang sangat terkenal. Sebut saja Desa Larangan, pasti orang orang sudah tahu. Desa ini berada di jalur alternatif Jogja-Jakarta sehingga banyak wisatawan yang mampir ke Desa ini untuk membeli bawang merah maupun sekedar melihat pemandangan sawah tanaman bawang yang begitu luas dan cantik.


29. CURUG SINDANG HEULA


Wisata Brebes 2017 ini masih perawan dan sangat alami belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Curug cantik yang ada di Desa Sindangheula ini menyuguhkan derasnya mata air yang jatuh dari ketinggian dengan suasana yang masih sangat alami. Airnya sangat jernih dan dingin. Curug Sindang Heula memang tidak terlalu tinggi namun cukup cantik untuk dinikmati keindahannya.

30. GUNUNG MARUYUNG


Sebelum mengunjungi tempat wisata Tegal, ada baiknya kamu mampir ke tempat wisata Gunung Maruyung yang menyajikan hamparan perkebunan pinus yang eksotis. Terletak di perbatasan Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes, Gunung Maruyung bisa ditempuh dari pusat kota Brebes dengan jarak sekitar 80 km. Cukup jauh, namun setelah sampai di tempat ini dijamin kamu tidak akan pernah menyesal melakukan perjalanan begitu jauhnya. Ada beberapa spot wisata yang terletak di sekitar Gunung Maruyung seperti Kramat Mungkal Banteng dan Mata Air Tuk Bening serta beberapa wahana outbound yang seru.

31. DREAMLAND PAKUJATI


Tempat wisata di Brebes dan Tegal yang cukup terkenal ini memang sering dijadikan tempat untuk berenang oleh para warga sekitarnya. Dreamland Pakujati merupakan nama sebuah kolam renang yang letaknya cukup strategis dan tidak pernah sepi pengunjung. Fasilitas yang disediakan di kolam renang ini cukup lengkap meskipun sederhana. Selain itu, tiket masuknya juga murah sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

32. KOMPLEKS MAKAM AMANGKURAT 2


Wisata Kota Brebes ini sebenarnya lebih dekat dengan Kota Tegal. Kompleks makam ini berlokasi di tengah perkampungan dan sering didatangi oleh orang orang yang ingin berziarah baik dari dalam Kota Brebes, Kota Tegal, maupun kota kota di sekitarnya. Mereka datang ke kompleks makam ini dengan berbagai tujuan. Kompleks makam ini menyimpan sejarah yang cukup panjang jika diceritakan. Jika kamu penasaran, kamu bisa mencari tahu sejarahnya dengan bertanya pada Juru Kunci Makam Amangkurat tersebut.

33. PULAU CEMARA SAWOJAJAR BREBES


Pulau Cemara terletak di kawasan pantai utara dengan panjang sekitar 5 km dan lebar 120 meter. Wisata Brebes Utara ini menawarkan pemandangan yang cukup indah berikut pantainya yang berombak tenang. Di lokasi ini kamu juga bisa berburu tiram secara gratis untuk diolah menjadi kuliner enak dan lezat. Kawasan wisata ini masih sangat berpotensi untuk dikembangkan karena fasilitasnya masih sangat minim. Meskipun begitu, tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung di akhir pekan maupun hari libur.

34. WISATA ALAM PULAU HANTU SIGEMPOL


Namanya memang fenomenal karena terletak di daerah Sungai Tanyep Sigempol, Randusanga Kulon yang terkenal banyak hantunya. Banyak sekali cerita horor yang berasal dari wilayah tersebut. Hal itu mengilhami warga sekitar untuk membuat sebuah wisata bertajuk Wisata Alam Pulau Hantu Sigempol di tempat yang terkenal angker. Paket wisata ini memadukan wisata alam dengan wisata kuliner menjelajahi kawasan muara sungai Tanyep yang terkenal akan cerita horornya. Tempat wisata ini terbagi menjadi 4 zona, yaitu Zona Kekuasaan Buaya Putih, Zona Semburan Hantu Banaspati, Zona Kekuasaan Kuntilanak, dan Zona Kekuasaan Blekecempong sesuai jenis hantu yang katanya pernah muncul di masing masing daerah. Penasaran? Langsung saja datang ke Pulau Hantu Sigempol dan rasakan sendiri berwisata sembari melihat hantu.

Cukup banyak tempat wisata di Brebes yang menarik untuk dikunjungi. Karena wilayahnya berdekatan dengan Pemalang dan Purbalingga, tidak ada salahnya kamu mampir juga ke beberapa tempat wisata Pemalang dan juga tempat wisata Purbalingga yang menarik untuk dikunjungi. Share juga keseruanmu berlibur di daerah daerah wisata tersebut ke sosial media agar tempat wisatanya semakin ramai dikunjungi para wisatawan dan semakin dikenal.

:D


Label: ,

11 Makanan Khas Gorontalo Yang Wajib Anda Coba! Justin Beiber Sampe Jatuh Cinta!

11 Makanan Khas Gorontalo Yang Wajib Anda Coba



Gorontalo yang merupakan salah satu propinsi paling muda di Indonesia ini memiliki beragam makanan khas Gorontalo yang dapat anda jadikan destinasi untuk wisata kuliner. Kota ini menyimpan aneka makanan khas yang unik dan juga lezat. Berikut ulasan mengenai makanan khas Gorontalo dan resepnya yang wajib anda simak.



1. Ayam Iloni


Bagi anda penggemar kuliner pedas, anda harus mencoba makanan khas daerah Gorontaloyang satu ini. Sepintas sajian Ayam Iloni ini hampir mirip dengan sajian Ayam bakar di daerah lain pada umumnya. Yang membedakan makanan khas Gorontalo ayam iloni dengan Ayam bakar pada umumnya adalah pada racikan bumbunya. Ayam Iloni ini sangat didominasi racikan bumbu rempah rempah antara lain bawang merah, bawang putih,kunyit, jahe, kemiri, dan bahan lainnya. Yang menjadikan hidangan ini khas adalah sebelum dimasak, daging Ayam direndam dalam santan terlebih dahulu. Cara memasaknya pun dengan dipanggang bukan dibakar. Inilah yang memberikan cita rasa khas yang dirindukan wisatawan. 




2. Binte Biluhuta


Makanan khas Gorontalo binte biluhuta ini dibuat dari bahan asar jagung. kata ” Binte “ memiliki arti Jagung, sementara kata ” Biluhuta “ bermakna disiram, sehingga Binte Biluhuta berarti Jagung yang disiram. Di pulau Sulawesi, hidangan ini juga dikenal sebagai makanan khas Gorontalo milu siram. Sepintas Binte Biluhuta ini hampir sama dengan bubur manado, yang sama sama berkuah dengan isian suwiran ikan juga aneka sayur. Yang membedakan adalah bahan bakunya , jika bubur manado dibuat dari singkong atau beras, Binte Biluhuta merupakan makanan khas Gorontalo dari jagung putih ketan, dicampurkan kelapa parut, udang juga suwiran ikan cakalang, lalu diguyur kuah dengan bumbu rempah khas Gorontolo. Binte Biluhuta sangat nikmat disantap ketika masih hangat. 





3. Ilabulo


Bila anda ingin menyantap hidangan yang tak terlalu berat namun dapat mengganjal perut, maka makanan khas Gorontalo ilabulo ini patut anda coba. Ilabulo dibuat dari bahan dasar sagu dan hati ayam yang dimasak dengan santan. Sepintas hidangan ini mirip dengan pepes, namun jika anda mencobanya, pasti anda akan tau perbedaannya.




4. Kue Sabongi


Makanan khas provinsi Gorontaloberikutnya adalah Kue Sabongi. Kue Sabongi merupakan salah satu kudapan ringan khas Gorontalo yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang masyarakat Gorontalo, bahkan konon katanya kue ini telah ada sejak jaman kerajaan Gorontalo. Kue ini berbahan dasar pisang dan singkong. Meskipun hanya berbahan dasar pisang dan singkong, namun kue ini memiliki rasa dan daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Resep makanan khas Gorontalo ini pun cukup sederhana sehinggatak mengherankan bila banyak orang menggemari kue yang satu ini.




5. Tili Aya


Tili Aya merupakan kuliner khas Gorontalo yang hanya dapat anda temukan di acara acara adat saja. Biasanya, sajian ini dihidangkan dengan nasi maupun makanan pokok lainnya. Sebenarnya makanan khas Gorontalo dan cara pembuatannya inicukup gampang. Tili Aya menggunakan bahan baku gula merah, yang mana gula merah tersebut diadoni dengan santan dan beberapa butir telur. Lalu dikukus hingga matang.






6. Bilenthango


Bilenthango merupakan satu dari macam macam makanan khas Gorontalo yang cukup digemari masyarakat. Berbahan baku Ikan Mujair, hidangan ini disajikan dengan proses pembuatan yang terbilang unik yaitu setengah di panggang atau di goreng. Mula mula ikan mujair dibelah dua bagian, lalu dipanggang atau digoreng dengan api kecil di atas lembaran daun pisang yang telah diolesi dengan minyak goreng. Setelah itu ikan dibumbui beragam rempah dengan cara disiramkan sedikit demi sedikit sehingga bumbunya meresap sampai ke dalam.





7. Perkedel Nike


Makanan khas Gorontalo dan penjelasannya yang satu ini wajib anda simak. Ini bukan satu merk dengan sepatu lho ya. Jika biasanya perkedel dibuat dengan bahan dasar kentang yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan telur atau daging cincang ditambah irisan daun bawang, juga daun seledri. Di Gorontalo ada perkedel unik yang dibuat dari bahan dasar ikan nike. Ikan nike adalah ikan yang berukuran mungil mirip seperti ikan teri. Ikan ini merupakan salah satu ikan endemik yang berhabitat di danau Tondano. Perkedel ikan nike ini sebenarnya dapat anda buat sendiri dengan mudah. Bahan yang digunakan perkedel nike diantaranya adalah ikan nike,telur, tepung terigu, bawang merah, daun bawang, garam, bawang putih, dan juga merica. 





8. Kue Pia Saronde


Kue pia Saronde masuk ke dalam daftar makanan khas Gorontaloyang wajib anda bawa pulang sebagai buah tangan utuk kerabat di rumah. Kue pia saronde merupakan camilan khas Gorontalo yang memiliki rasa yang gurih nan lezat dan bertekstur renyah. Nama saronde sendiri diambil dari nama sebuah pulau yang ada di propinsi Gorontalo yang dijuluki the hidden paradise yang tersohor akan keindahannya. Anda bisa mendapatkan kue pia saronde ini di Jalan Sultan Botutihe 29, Gorontalo tepatnya di Depan Gorontalo Mall.







9. Kue Kerawang


Jika makanan khas betawipunya kue tete dan kue lumpur, di Gorontalo ada kue unik yang bernama kue kerawang. Kudapan yang berupa kue kering ini memiliki penampilan yang cukup unik dan menarik. Kue ini terdiri dari dua bagian atau dua keping yang bagian atasnya digambar atau dilukis menggunakan tangan dengan gambar aneka dedaunan dan bunga. Kemudian di bagian tengahnya diberi isian selai, karamel, kacang, bisa juga cokelat lumer. Kue hanya dapat anda jumpai di Gorontalo ini biasanya menjadi kudapan wajib ketika hari raya Idul Fitri tiba, dimana kue ini selalu diburu oleh tamu yang bersilaturrahim di hari lebaran.



10. Sate tuna


jika di tana toraja ada makanan khas torajaSate Pangarang, di Gorontalo juga ada sate unik yaitu sate tuna. Kedai yang menjajakkan sate tuna dapat anda jumpai di kawasan pantai Gorontalo seperti di Pantai lahilote. Sekilas dari penampilannya sate tuna ini terlihat seperti sate ayam atau sate kambing. Akan tetapi setelah dimakan anda akan merasakan kelembutan daging tuna yang tak anda dapatkan di hidangan sate yang lain. Hidangan ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambalnya. Penggemar sate tentu tak boleh melewatkan hidangan yang satu ini.



11. Es brenebon


Di Sulawesi Utara, brenebon merupakan istilah untuk menyebut kacang merah. Brenebon ini oleh warga Gorontalo sering diolah jadi beraneka sajian lezat, seperti es dan sup. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat sajian ini sering dijadikan menu berbuka puasa di Bulan ramadhan. Es brenebon bukan hanya berisi kacang merah, namun terdiri dari beragam bahan diantaranyasusu cokelat, puding, sirup, juga es serut. Selain untuk berbuka puasa, es ini juga nikmat disantap di siang hari di kala cuaca terik begitu menyengat.


Itu dia makanan khas Gorontalo yang tak boleh anda lewatkan ketikaanda berkesempatan mengunjungi daerah ini. Menyeberang ke pulau sebelah ada kuliner khas nusantara lain yang juga tak kalah enak dan unik. Makanan khas Banjarmasin memiliki beragam kuliner khas yang unik seperti nasi kuning, soto banjar, apam barabai, mandai, dan lain sebagainya. 

bonus foto JB makan ayam hoyeng...



Label: ,