Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUNGKINKAH MAHASISWA KE CHINA ? WHY NOT? I WILL ! [inspiring]

yah ! memang susah dipercaya kata2ku kan ya? dalam jangka waktu  setahun (tepatnya 2013) saya harus menginjakkan kaki di bumi bagian CHINA! penyebabnya ialah pas gw baca suatu majalah yang mengatakan bahwa ada sebuah hadist yang mengatakan "carilah ilmu hingga ke negeri CHINA" hmmm...hadist itu bener nggak sih? lalu gw iseng cari referensi tambahannya kan di mana-mana dan ketemu gini..


“Tuntutlah ilmu sekalipun ke negeri Cina.“



Riwayat ini batil. Ini diriwayatkan oleh Ibnu Adi II/207, Abu Naim dalam Akhbar Ashbahan II/106, al-Khatib dalam at-Tarikh IX/364 dan sebagainya, yang kesemuanya dengan sanad dari al-Hasan bin Athiyah, dari Abu Atikah Tharif bin Salman, dari Anas bin Malik r.a. Kemudian semuanya menambahkan lafazh fa inna thalabal ilmi faridlatun ‘ala kulli muslimin. Ibnu Adi berkata, “Tambahan kata walaw bish Shin kami tidak mengenalinya kecuali datang dari al-Hasan bin Athiyah.” Begitu pula pernyataan al-Khatib dalam kitab Tarikh seperti dikutip Ibnul Muhib dalam al-Fawa’id.


Kelemahan riwayat ini terletak pada Abu Atikah yang telah disepakati muhadditsin sebagai perawi sanad yang sangat dha’if. Bahkan oleh Imam Bukhari dinyatakan munkar riwayatnya. Begitu pula jawaban Imam Ahmad bin Hanbal ketika ditanya tentang Abu Atikah ini.


Ringkasnya, susunan dari hadits di atas adalah sangat dha’if atau bahkan sampai pada derajad batil. Saya kira kebenaran ada pada ucapan Ibnu hibban dan Ibnul Jauzi yang berkata bahwa hadits di atas tidak ada sanadnya yang baik atau bahkan dianggap baik sampai derajad dapat dikuatkan atau saling menguatkan antara satu sanad dengan sanad yang lainnya.

dari inspirasi itu, gw niat banget kesana, ya selain back packing, juga menambah jam terbang back packer B-)

btw....panda lucu loh, aku pengen meluk panda wkwkwk 

temen-temen kalo ada saran gimana-gimana atau apapun tentang masalah bepergian di china mohon bantuannya yah :) 


rincian dana :
untuk tiket dari indonesia - china PP dan transport di china sekitar 2,5 juta
makan seminggu 500ribu
untuk penginapan (iuran sama temen) sekitar 500 ribu
700ribu untuk passport
sisa untuk jaga-jaga.
 
UPDATE : 
sebulan saya bisa nabung kurang lebih 350ribu. jadi kira 350ribu x 12 :  4, 2 juta. insya Allah kita berangkat di bulan juni/juli, jadi ada tambahan 3 bulan = 350x3 : 1 juta an.

total biaya berangkat plus lain-lain 5 juta.  BERANGKAT !!!
Ya Allah saya ingin pergi ke Gambar itu Ya Allah :(

Oiya, yang mau ikutan gapapa silahkan, mari kita rencanakan bersama, yang penting modal uang secukupnya dan modal mental. Bismillah...pasti kita sampai ke negeri naga :) 

2 komentar untuk "MUNGKINKAH MAHASISWA KE CHINA ? WHY NOT? I WILL ! [inspiring]"

  1. joss ki ndo, semoga rencana ini diridloi orang tua, ridlo Allah gampang ngikut ridlo ortu :)

    BalasHapus