Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” di Android



Tips Jitu Mengatasi WhatsApp Muncul Pesan Error “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” di Android. Aplikasi Chat terbesar saat ini adalah whatsapp. Betapa tidak, hanya dengan menyimpan nomer telepon otomatis dapat menyimpan kontak Whatsapp. Belum lagi tampilan whatsapp yang sangat simpel dan mudah dipahami membuat semua orang termasuk orang tuapun dengan mudah mempelajari aplikasi chat berlogo hijau ini.

Namanya juga buatan manusia, tidak ada yang sempurna. Meskipun desain whatsapp sudah sangat simpel namun tetap saja ada beberapa kendala yang mungkin bisa terjadi. Contohnya mengenai Aplikasi Whatsapp Yang Dimilikinya Muncul Pesan Error bertuliskan “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” atau “Unfortunately, WhatsApp Has Been Stopped”. Pesan ini muncul secara tiba-tiba di layar (pop up) dan biasanya whatapp akan force close atau aplikasi mental ke layar awal HP.

Masalah seperti ini memang sering terjadi di hampir seluruh vendor HP termasuk Samsung Galaxy, Xiomi, Oppo, Asus Zenfone, Smartfreen Andromax, Lenovo, HTC, LG, Evercross, Advan, Sony Experia, dan perangkat android lainnya. Penyebab utama menyenai permasalah tersebut umumnya karena penumpukan sampah pada memori internal dan ekternal yang berlebihan dan secara tidak langsung membuat Aplikasi WhatsApp serasa berat dan lemot yang akhirnya WhatsApp muncul pesan error seperti diatas.

Cara Mengatasi WhatsApp Android Muncul Pesan Error

Untuk itu Kami akan berbagi mengenai Cara Memperbaiki Whatsapp Yang Error Muncul Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti. Ada beberapa metode atau tips yang bisa anda lakukan agar WhatsApp bisa normal kembali. Simak ulasan singkatnya dibawah ini.


Metode 1 : Hapus File Cache WhatsApp Android

Jika kamu menggunakan HP kamu, menjalankan aplikasi dan game pasti HP akan menghasilkan file cache, temporary, history, atau file sampah. Jika file sampah tersebut tidak pernah dihapus maka secara otomatis akan tertimbun terus menerus di memori Internal. Hal inilah yang membuat WhatsApp ataupun Aplikasi lain sering error, lemot, atau berat. Namun ada beberapa HP yang sudah bisa menghapus file-file tersebut secara otomatis kok.

Aplikasi eror seperti ini tidak hanya terjadi di WA saja lho, namun bisa juga terjadi eror di aplikasi lain seperti BBM, LINE, Instagram, Facebook Lite, Twitter, WeChat, Google Play Store, dan lainnya. 

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus cache android. Bisa dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Berikut langkah – langkah menghapus cache WhatsApp tanpa Aplikasi.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi WhatsApp, kemudian tap “Hapus Cache”. 

Metode 2 : Paksa Dan Hapus Data Aplikasi Whatsapp

Menghentikan aplikasi dan menghapus data aplikasi WhatsApp adalah solusi yang paling ampuh. Cara ini akan membuat WhatsApp seperti baru diinstall. Namun cara ini tidak direkomendasikan karena kamu harus kehilangan chat whatsapp kamu dan harus mengulang login ke dalam WA. Tapi jika kamu mau menerima konsekuensinya silahkan ikuti cara berikut ini:
  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi WhatsApp, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Untuk menggunakan WhatsApp kembali, anda tinggal membuka WhatsApp kemudian anda login kembali dengan nomor telepon dan password WhatApp anda.

Metode 3 : Update WhatsApp Android Anda

Jika kamu merasa aplikasimu eror bisa jadi aplikasimu butuh update. Beberapa aplikasi memang "dipaksa"eror agar kamu update aplikasi kamu. Kamu bisa mngupdate aplikasi kamu lewat playstore dan carilah nama aplikasi yang hendak kamu up. Sebagai contoh update Whatsapp.

Jika saat ini kamu menggunakan handphone kamu bisa klik link di bawah untuk update whatsapp kamu.


https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp&hl=in

Metode 4 : Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara ini hampir mirip dengan cara menghapus data (point nomer 2). Namun cara ini lebih ekfektif karena jika kita menginstall ulang aplikasi kamu akan mendapat file yang lengkap. Cara menghapus aplikasi WhatsApp cukup mudah, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi WhatsApp, kemudian tap “Copot Pemasangan”. 

Setelah berhasil menghapus Aplikasi WhatsApp, maka selanjutnya anda unduh atau download langsung dari situs legal Google Play Store secara gratis.

atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp&hl=in

Metode 5 : Matikan, Cabut Baterai, SIM, SD Card Android

Langkah berikutnya adalah mematikan HP dan mencabut baterai, sim card, SD card android. Langkah ini cukup efektif melawan aplikasi eror, terlebih jika kamu menggunakan SD CARD.
Note: Memakai HP disarankan menggunakan SD card yang ASLI (Mahal).
Jika kamu menggunakan SD card palsu bin KW HPmu pasti ngelag apapun HP nya.
Setelah itu cobalah untuk menghidupkan kembali Hp mu dan lihat perbedaannya.


Metode 6 : Ganti HP

Langkah terakhir adalah mengganti HP. Bisa jadi kamu sekarang menggunakan HP jadul atau HP dengan spek yang rendah. Sebagai pertimbangan saja, hp spek rendah adalah HP dengan RAM dibawah 3GB dan memory internal dibawah 32GB (khusus Android). Maka jika kamu ingin upgrade HP pastikan kamu membli HP dengna spek diatas yang saya sebut tadi.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” di Android"