Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Hosting dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Salah satu hal yang diperlukan dalam membuat blog menggunakan WordPress adalah hosting. Selain itu jika kamu ingin membangun sebuah kerajaan website sendiri maka hosting akan menjadi bagian paling penting dalam membangun situs Anda. Oleh karenanya, anda perlu mengetahui banyak informasi seputar hosting yang akan anda gunakan. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai hosting yang mungkin akan bermanfaat bagi anda yang baru memulai membuat blog dengan wordpress.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data-data, baik berupa tulisan, aplikasi dan lain sebagainya.

Apa itu Web hosting?

Mengutif dari situs Id.wikipedia pengertian web hosting adalah:
Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.
Hosting dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

1. Shared hosting

Shared Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama.
Intinya, shared hosting adalah satu paket besar hosting dipakai bersama-sama oleh banyak user atau pengguna. Jadi, hosting seperti ini terpengaruh oleh perilaku setiap individu user. Jika ada salah satu pengguna memakai resource yang sangat besar (biasanya menggunakan script robot atau script yang terus menerus bekerja) maka pengguna yang lain akan ikut terganggu.
Shared hosting cocok untuk website yang masih baru dan belum begitu banyak pengunjung (pengunjung masih dalam hitungan ribuan dalam sehari), karena harganya relative lebih murah dibanding dengan jenis hosting yang lain.

2. VPS

Apa itu VPS? VPS adalah Virtual Private Server atau server virtual. Server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka didalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan.
Jenis hosting VPS lebih baik dari shared hosting karena dengan VPS anda mendapatkan resource yang lebih pasti, baik CPU, Memory, maupun spacenya. Sehingga tidak terganggu jika ada problem pada website yang lain seperti pada shared hosting.
VPS cocok untuk mereka yang jumlah kunjungannya sudah mencapai puluhan ribu keatas. Namun, tentu biayanya lebih mahal di bandingkan dengan shared hosting.

3. Dedicated server

Dedicated Server adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Server server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada penyewa.
Jika pengunjung blog anda sudah menggila, dan tidak kuat menggunakan shared hosting atau VPS maka sepertinya anda harus menggunakan sebuah dedicated server.

Tambahan

Dalam istilah hosting ada yang disebut dengan Disk Space ada juga yang disebut bandwidthDisk space adalah besarnya kapasitas untuk penyimpanan data, jika anda mengupload file, memposting artikel dan lain sebagainya, itu merupakan jumlah file yang tersimpan. Disk space tidak ada hubungan dengan jumlah kunjungan blog anda, mau ramai atau sepi sama saja. Sedangkan bandwidth berhubungan dengan yang namanya jumlah kunjungan, semakin banyak pengunjung blog anda maka semakin besar bandwidth yang di butuhkan.
Bandwidth biasanya dipatok dalam jangka waktu bulanan, jika pengunjung blog anda membludak dan jatah bandwidth anda dalam sebulan habis, maka website anda tidak akan bisa dibuka oleh pengunjung ( website down). Oleh karenanya, ketika anda membeli sebuah paket hosting, lihat berapa Disk Space serta Bandwith nya, ini tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, dalam penyewaan hosting ada istilah upgrade paket hosting atau membeli paket yang lebih tinggi, jadi apabila website anda kelebihan beban akibat lonjakan pengunjung, anda dapat melakukan upgrade ke paket yang lebih baik.

Kesimpulan

Membeli paket hosting harus disesuaikan dengan kebutuhan baik untuk disk space ataupun bandwidth. Jika anda perlu mengupload data yang banyak, maka tentu disk space harus besar. Jika pengunjung blog semakin meningkat, maka yang diperlukan adalan bandwidth.
Paket hosting sangat bervariasi, dan paket tersebut dibagi-bagi lagi kedalam beberapa tingkatan paket. Untuk Shared hosting terbagi menjadi beberapa paket, dari mulai terendah sampai tertinggi, begitu juga untuk VPS serta Dedicated Server.
Sebagai saran, jika blog anda baru dibuat dan pengunjung belum begitu banyak, anda hanya perlu membeli paket shared hosting dengan paket paling rendah yang tentu harganya murah meriah. Seiring berkembangnya blog anda, nantinya anda dapat melakukan upgrade ke paket yang lebih tinggi.
Note : sepertinya bahasa yang digunakan kurang enak dibaca, tapi mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa itu Hosting dan Bagaimana Cara Menggunakannya?"