Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Keutamaan Sholawat Kepada Rasulullah SAW?



Apa Keutamaan Sholawat Kepada Rasulullah SAW? Keutamaan atau Fadhilah dari Shalawat sangatlah banyak. Allah SWT dan seluruh Malaikat yang ada di Dunia ini selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini diabadikan oleh Allah SWT di dalam alquran yang berbunyi, Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi… .” (QS.33:56).


Dari potongan ayat tersebut menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan Rahmad dan Karunia bagi Nabi Muhammad SAW, dan juga para malaikat memohon ampunan bagi Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu sahabatku, lanjutan ayat pada surat Al-Ahzab ayat 56 menyerukan seluruh orang-orang mukmin untuk selalu bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. : "
…Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Berikut adalah hadist yang menjelaskan tentang betapa pentingnya shalawat kepada Rasulullah SAW.

Bersabda Nabi Saw.

Artinya: “Barangsiapa bershalawat untukku sekali, niscaya Allah bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR. Muslim dari AbĂ» Hurairah).


Artinya: “Bahwasanya bagi Allah Tuhan semesta alam ada beberapa malaikat yang diperintah berjalan di muka bumi untuk memperhatikan keadaan hamba-Nya. Mereka me-nyampaikan kepadaku (sabda Nabi) akan segala salam yang diucapkan oleh ummatku.” (HR. Ahmad. Al-Nasâ’i dan Al-DarimĂ®).


Artinya: “Barangsiapa bershalawat untukku dipagi hari sepuluh kali dan di petang hari sepuluh kali, mendapatlah ia syafa’atku pada hari qiamat.” (HR. Al-ThabrânĂ®)


Artinya: “Manusia yang paling utama terhadap diriku pada hari qiamat, ialah manusia yang paling banyak bershalawat untukku.” (HR. Al-TurmudzĂ®).

Artinya: “Jibril telah datang kepadaku dan berkata: ‘Tidakkah engkau ridha (merasa puas) wahai Muhammad, bahwasanya tak seorang pun dari umatmu bershalawat untukmu satu kali, kecuali aku akan bershalawat untuknya sebanyak sepuluh kali? Dan tak seorang pun dari umatmu mengucapkan salam kepadamu, kecuali aku akan meng-ucapkan salam kepadanya sebanyak sepuluh kali?! (HR. Al-Nasâ’i dan Ibn Hibban, dari AbĂ» Thalhah).

Sabda Rasulullah Saw. yang Artinya: “Barangsiapa -ketika mendengar azan dan iqamat mengucapkan: “Allâhumma Rabba Hâdzih al-Da’wât al-Tâmmah, wa al-Shalât al-Qâ’imati, shalli ‘alâ muhammadin ‘abdika wa RasĂ»lika, wa A’tihi al-WashĂ®lata wa al-FadhĂ®lata, wa al-Darâjata al-Râfi’ata, wa al-Syafâ’ata yawm al-Qiyâmati (Artinya: “Ya Allah, ya Tuhannya seruan yang sempurna ini, serta shalat yang segera didirikan ini, limpahkanlah shalawat untuk Muhammad, hamba dan rasul-Mu. Dan berilah ia wasilah dan fadilah serta derajat yang amat tinggi dan (izin untuk) bersyafaat pada hari Kiamat)…, maka (bagi siapa yang mengucapkan doa tersebut) niscaya akan beroleh syafaatku kelak.”


Al-Ghazali didalam kitabnya Ihyâ ‘UlĂ»m al-DĂ®n menceritakan seorang dari mereka (seorang dari kalangan ulama, sufi, ahli ibadah dsb.) pernah berkata: “Sementara aku menulis (catatan tentang) beberapa hadis, aku selalu mengiringinya dengan menuliskan shalawat untuk Nabi Saw., tanpa melengkapinya dengan salam untuk beliau. Malamnya aku berjumpa dengan beliau dalam mimpi, dan beliau berkata kepadaku: ‘Tidakkah sebaiknya engkau melengkapi shalawatmu untukku dalam bukumu itu?’ Maka sejak itu, tak pernah aku mengucapkan shalawat kecuali melengkapinya dengan ucapan salam untuk beliau.”

Posting Komentar untuk "Apa Keutamaan Sholawat Kepada Rasulullah SAW?"