Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Nama Domain Paling Top PA dan DA Langsung Tinggi

Cara Memilih Nama Domain Yang Bagus: PA dan DA Langsung Tinggi- Jika artikel sebelumnya adalah tips membeli nama domain, maka kali ini sedikit berbeda yaitu nama domain. Pemilihan nama domain yang salah akan berakibat fatal bagi kelangsungan website anda, oleh karenanya nama domain harus dipertimbangkan matang-matang dari sejak awal pembuatan.

Perlu sedikit diulas, bahwa nama domain bersifat unik, artinya satu nama domain hanya berlaku untuk satu kepemilikan dan tidak dapat digunakan kembali oleh pihak lain diseluruh dunia. Domain yang sudah terpakai, misal endosadewa.com tidak akan dapat digunakan kembali oleh pihak lain.




Berikut beberapa tips memilih nama domain:

Nama domain mengandung kata kunci yang ditargetkan.
Dalam nama domain, sebaiknya mengandung unsur kata kunci yang ditargetkan. Misal jika blog anda nantinya akan diisi tentang komputer atau tips seputar komputer, maka dalam domain anda sebaiknya ada kata komputer. Misal :


  • tipskomputer.com
  • komputertips.com
  • seputarkomputer.com
  • ahlikomputer.com
  • mahirkomputer.com
dan lain-lain

Nama domain yang mengandung unsur kata kunci ( keyword ) merupakan salah satu pendukung dalam SEO (search engine Optimization ), sehingga nantinya ranking blog anda di search engine / mesin pencari diharapkan mendapatkan posisi yang baik.

Nama domain mudah untuk di ingat, diucapkan, atau dituliskan
Alangkah baiknya jika nama domain yang anda piliha mudah untuk diingat, diucapkan, atau dituliskan. Terkadang dalam berpromosi, sebuah nama domain tidak selalu dapat di tulis, misal melalui radio, telephone dan lain sebagainya. Oleh karenanya, pemilihan nama domain harus tepat.

Nama domain usahakan yang pendek
Penggunaan nama domain yang terlalu panjang terkadang dapat menyulitkan dalam penulisan atau susah untuk diingat, usahakan bahwa nama domain anda hanya terdiri dari satu, dua, atau tiga kata saja. Misal :


  • blog.com
  • tutorialblog.com
  • tutorialbloglengkap.com

dan lain-lain
Mewakili nama perusahaan atau produk
Jika domain yang digunakan adalah untuk tujuan website perusahaan atau produk, usahakan bahwa nama domain yang digunakan adalah sesuai dengan nama perusahaan atau produk terkait. Misal :


Dan lain-lain.
Apabila yang ditonjolkan adalah nama tokoh atau grup, bisa juga sesuai dengan tokoh atau grup tersebut. Misal :


dan lain-lain.
Pilih nama domain yang spesifik dan fokus
Nama domain yang lebih terfokus atau spesifik ( sesuai niche ) akan lebih baik. Misal domain jagungbakarbandung.com lebih spesifik dibanding dengan nama domain jagung bakar atau jagung.com

Hal-hal yang perlu dihindari dalam memilih nama domain

Yang perlu di hindari dalam memilih sebuah nama domain tentunya adalah kebalikan dari tips diatas, misal nama domain jangan terlalu panjang, tidak sesuai dengan tujuan pembuatan website dan lainnya. Namun ada sedikit tambahan, misal jangan menggunakan kata kunci yang terlalu banyak di ulang-ulang.

Misal : tutorial-tutorial-tutorial.com karena hal tersebut bisa dianggap sebagai spam oleh mesin pencari dan ini akan berakibat buruk nantinya. Hal lain yang perlu di hindari juga adalah jangan menggunakan nama domain terkait dengan yang telah di patenkan (copyright) misal produk produk seperti sony, samsung, google yahoo, dan lain sebagainya karena bisa saja anda nantinya akan mendapatkan tuntutan hukum dari pemilik hak paten tersebut. Misalkan anda memilih domain variasi-variasi seperti sonycenter.com, plazasony.com, googletool.com, mygoogle.com dan lain sebagainya.

MASALAH UTAMA
Kamu tidak akan atau katakanlah susah untuk membeli domain yang bagus dengan kata pendek karena harganya pasti mahal. 

contoh:
Tutorial.com harganya pasti ratusan juta
TipsKomputer.com harganya pasti belasan juta
dan sebagainya... Kalo tidak percaya silahkan cek di penjual domain semacam godaddy.com. Kamu juga bisa melihat harga lengkap di expireddomain.net

SOLUSINYA ADALAH INI.  
Tips paling ampuh untuk mendapatkan domain yang paling bagus:

1. Kamu bisa mengecek nama domain yang belum terpakai di 

2. Kamu bisa mendapat domain orang yang sudah expired bin tidak terpakai lagi namun dengan PA dan DA tinggi dengan mencarinya di expireddomain.net

3. Cek PA (PAGE AUTHORITY) dan DA (DOMAIN AUTHORITY) di checkmoz.com
Nggak perlu saja jelaskan dalam-dalam, semakin tinggi nilainya semakin bagus pokoknya. 

TIPS SEBELUM MEMILIH MEMBELI DOMAIN BEKAS.
1. BUKA bannedcheck.com apakah domain Anda bersih atau di banned oleh adsense.
2. Buka Who.is kita bisa tahu siapakah orang yang memiliki domain ini sebelumnya. Kalo sudah terlalu lama bisa hilang atau no record. Ini pertanda bagus.
3. Buka archive.org kita bisa tahu post apa saja yang pernah di posting di domain anda.

Itu semua adalah cara memilih domain paling top dengan PA dan DA tinggi. Mudah-mudahan bermanfaat.

Ingin artikel seperti diatas langsung dikirim ke Email anda?
Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Nama Domain Paling Top PA dan DA Langsung Tinggi"