Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti atau Memasang Template Blogger

Halo kawan, template menjadi hal yang sangat penting dalam dunia Blog. Template merupakan tampilan yang akan dikenang selamanya oleh pengunjung Anda. Ketika Anda mempunyai template yang bagus, unik, dan bikin betah untuk pengunjung, maka sudah otomatis kamu akan mendapatkan banyak sekali pengunjung blog. Begitupun sebaliknya, jika kamu mempunyai template yang acak adul, jelek, tidak karu-karuan dan lain-lain, maka tamatlah riwayat blog kamu. Pengunjung Anda akan kabur dan lebih parah lagi blog kamu akan di De-Index oleh mbah google.



Kriteria pemilihan blog juga perlu untuk dipertimbangkan sebagai contoh apakah template tersebut responsif atau tidak? Mendukung SEO Optimize atau tidak? Dan sebagainya. Oleh karena itu jangan memilih template susah untuk dikostumisasi, ribet, berat dan banyak widget yang merugikan.

Untuk memulai tutorial tentang template, saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang template yang sudah kita beli atau kita unduh. Pemasangan template tidaklah sulit, yuk langsung saja kita mulai 

Cara Memasang Template Blogger:
1. Bukalah dashboard Blogger
2. Klik dan Masuk ke dalam Theme.




3. klik Backup/ Restore di tombol pojok kanan atas.



4. Jangan lupa Backup dahulu sebelum memasang template baru



5. Klik Choose File, Lalu pilih tema kalian (File harus berbentuk XML)



6. UPLOAD - Selesai, segampang itu..

**************** FAQ:

1. Kenapa template eror saat diupload? 
- Kamu bisa mengganti template yang lain atau mencoba cara copy paste. Caranya yaitu :

  • Klik Kanan Template lalu pilih EDIT.
  • Kamu otomatis akan mengedit lewat Notepad.
  • Copy semua script, tahan dulu lalu kembali ke dashboard Blog.
  • Buka kembali theme, lalu klik EDIT HTML di menu tengah-tengah.
  • Select All (atau CTRL-A) dan Paste Semua code tadi tanpa terkecuali.
  • DONE...
2. Bagaimana cara kostumisasi Blog?
- Jika kamu tidak membeli template secara LEGAL maka kamu harus mengutak-atik sendiri template kamu. Mulai dari mencari widget yang cocok, dan memasangnya. Untuk tutorial memasang widget silahkan buka post cara memasang widget di blog.

-Sebaliknya, jika kamu membeli template blog PREMIUM LEGAL maka kamu biasanya mendapat documentation secara rinci dan detail serta selalu mendapatkan update dari developer jika ada bug. Kamu juga bisa bertanya langsung ke developer jika terjadi kerusakan di template website kamu. Semua itu adalah sisi positif dari membeli template LEGAL.

TIPS AMPUH MEMASANG TEMPLATE
1. Jangan terlalu sering gonta-ganti template karena akan membuat pengunjung website kamu menurun
2. Selalu lakukan download template (backup) jika ingin upload tema baru karena template yang akan kamu pasang belum tentu cocok.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti atau Memasang Template Blogger "