Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Name Server Domain

Satu hal yang penting, mudah untuk dilakukan namun terkadang masih ada yang bingung adalah mengubah name server domain. Mengubah name server atau setting name server berguna untuk menentukan domain tersebut mau menggunakan hosting yang mana.


Satu hal yang pertama perlu anda ingat adalah membeli domain serta hosting tidak selalu harus pada website yang sama. Anda boleh membeli domain misal pada website lokal lalu membeli hosting pada website luar negeri atau sebaliknya, yang penting diperhatikan adalah jika anda membeli domain, anda mendapatkan akses ke domain kontrol. Jangan anda membeli domain pada website yang tidak memberikan kontrol domain.
Apabila anda membeli paket hosting langsung beserta domain, biasanya anda tidak perlu melakukan setting terhadap name server karena telah disetting oleh penjualnya, namun jika anda membeli pada website yang berbeda, anda perlu mengubah name server pada domain anda.

Info Login Kontrol Domain

Apabila anda membeli sebuah domain, biasanya anda akan mendapatkan email tentang informasi login ke kontrol domain anda meliputi username serta password yang bisa anda pergunakan untuk login. Simpan baik-baik informasi tersebut karena sangat penting.
Untuk beberapa penjual domain seperti godaddy.com dan name.com tidak mengirimkan informasi login ke kontrol domain, karena data login sama dengan data yang anda masukkan ketika melakukan pendaftaran ke website tersebut.

Informasi Name Server

Jika anda membeli sebuah paket hosting, umumnya anda akan mendapatkan sebuah email yang berisi informasi login serta Name Server yang harus di pergunakan. Contoh informasi Name Server :


Dari contoh diatas, diketahui bahwa name server yang harus di masukan pada domain adalah :
NS1: ns2.web24.net.au
NS2: ns1.web24.net.au

Mengubah Name Server Domain

Bentuk kontrol domain seringkali berbeda-beda, oleh karenanya ID Tutorial hanya memberikan beberapa contoh saja :

Mengubah Name Server di rumahweb.com

Penjual domain di Indonesia umumnya banyak yang menggunakan kontrol panel yang sama dengan yang digunakan oleh rumahweb.com, dan mudah-mudahan kontrol panel domain anda akan sama juga. Berikut cara mengubah name server di rumahweb.com :
  • Silahkan login ke kontrol panel domain anda. Umumnya alamat kontrol panel rumahweb.com adalah http://domcpanel.rumahweb.com atau clientzone.rumahweb.com
  • Sorot menu Domains, lalu pilih List All Orders 
  • Jika anda mempunya beberapa nama domain yang sudah dibeli, pilih pada domain yang mau di setting Name Server nya.
  • Klik sub menu Name Servers.
  • Isi Name Server1 dengan NS1, contoh :  NS1: ns2.web24.net.au
  • Isi Name Server2 dengan NS2, contoh :  NS2: ns1.web24.net.au
  • Jika hosting yang anda beli mempunyai name server lebih dari dua buah, silahkan isikan sesuai urutannya.
  • Akhiri dengan klik tombol Submit yang ada di bagian bawah.
  • Selesai.
Itu saja, mudah bukan?
Setelah anda melakukan setting name server, kini pada hosting anda sudah bisa melakukan instalasi memasang software wordpress untuk blog anda. Namun, terkadang proses tersambungnya domain anda dengan hosting memerlukan waktu beberapa menit atau mungkin hitungan jam, jadi apabila belum terhubung silahkan bersabar untuk sementara waktu.

Mengubah Name Server di godaddy.com

Salah satu penjual domain terkenal untuk website luar negeri adalah godaddy.com, oleh karenanya berikut ID Tutorial berikan contoh bagaimana cara setting Name Server di godaddy.com. Ini hanya sebagai contoh saja, dan dianggap anda telah membeli domain disana.
  • Silahkan login ke godaddy.com dengan username dan password akun anda.
  • Jika anda belum pada posisi My Account, silahkan klik terlebih dahulu tab My Account
  • Klik pada tulisan Advanced Details pada domain yang akan anda setting.
  • Di sebelah kiri bawah ada untuk setting NameServers, klik pada Set Nameservers 
  • Akan muncul Form untuk mengisi Name Server. Isi Nameserver 1 dengan NS1, contoh : ns2151.hostgator.com. Isi Nameserver 2 dengan NS2,
  • contoh : ns2152.hostgator.com
  • Akhiri dengan klik tombol OK.
  • Selesai.
Ah ternyata mudah yah 
Kini anda sudah bisa mencoba untuk instlasi software wordpress pada hosting anda jika memang antara hosting dengan domain telah tersambung.

Tambahan

Banyak web hosting menawarkan paket yang diantaranya ada fasilitas addon domain, ini artinya anda dapat menggunakan satu paket hosting untuk beberapa domain (satu hosting di pake rame-rame). Tugas anda hanya menambahkan domain yang diinginkan pada fitur addon domain, kemudian anda setting name Server pada domain anda seperti yang diterangkan diatas.
Sebagai contoh, ID TUTORIAL membeli paket hosting di RUMAHWEB.COM seharga $10 perbulan, karena paket tersebut ada fitur addon domain, maka paket tersebut bisa digunakan untuk lebih dari 5 domain yang saya miliki. Jadi murah meriah bukan?
Dalam melakukan setting pada name server, apapun kontrol panel yang anda gunakan, tidak usah bingung tujuh keliling, karena anda tinggal mencari tulisan Name server, dan biasanya itu untuk mengedit Name server.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Name Server Domain"