Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Wordpress dan Bagaimana Cara Membuat Wordpress?

Serba Serbi Tentang Template Wordpress. WordPress Theme adalah desain halaman blog berbasis wordpress yang merupakan gabungan dari file HTML, CSS, PHP, gambar dan yang lainnya. WordPress theme (tema wordpress) mempunyai karakter tersendiri sehingga theme yang satu dengan yang lainnya akan berbeda.


Sebagai contoh yang mudah adalah lihat saja tampilan blog ini, apa yang anda lihat seperti kolom atas, samping kanan, kiri, bawah beserta seluruh desain yang ada adalah merupakan hasil dari sebuah rancangan theme.

Pada blog wordpress yang menggunakan wordpress.org ( wordpress self hosting/hosting sendiri) bukan yang wordpress.com, untuk mengganti theme bisa di lakukan kapan saja dan dimana saja, yang penting anda telah mempunyai file theme yang mau di install.

Jika kamu ingin membaca perbedaan lengkap wordpress.com dan wordpress.org silahkan kunjungi link berikut ini.

Merancang WordPress Theme Sendiri
Untuk anda yang sudah mahir dalam coding seperti HTML, CSS, PHP serta design gambar, alangkah baiknya untuk merancang theme wordpress sendiri karena bisa menetukan tampilan blog anda sesuai dengan keinginan.

Bagi yang baru mau memulai belajar membuat wordpress theme sendiri, mungkin anda bisa melihat struktur file theme yang telah ada.

Free WordPress Theme
Apabila anda merasa masih belum mampu untuk merancang wordpress theme sendiri, maka anda bisa download wordpress theme secara gratis / Free WordPress Theme.

Di internet, banyak sekali website yang menyediakan free wordpress theme, ada ribuan theme yang bisa anda gunakan secara gratis.

Berikut contoh website yang menyediakan theme wordpress gratis :

  • WordPress org
  • Site 5
  • Theme Lab
  • Freewordpress themes 4u
  • Free WP Themes
  • WP Theme Park
  • Dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya.

Ada satu hal yang harus di perhatikan apabila menggunakan Free WordPress Theme yaitu Perancang theme biasanya memasang link dalam design theme mereka yang lazim disebut sebagai Credit Link. Kewajiban anda sebagai pengguna Theme gratis tersebut tidak boleh menghapus atau mengganti link tersebut, itu adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap perancang theme yang telah menyediakan waktunya untuk membuat theme yang anda gunakan.

Premium WordPress Theme
Premium wordpress theme adalah wordpress theme yang berbayar alias harus beli apabila ingin menggunakan theme tersebut. Sebuah Premium Theme umumnya memang dirancang lebih baik daripada free theme baik dari segi design ataupun aplikasi yang digunakan.

Berikut contoh beberapa website yang meyediakan Premium WordPress Theme :

  • Theme Forest
  • Woo Themes
  • Elegant Theme
  • Theme Junkie
  • Studio Press
  • Dan banyak lagi penyedia premium wordpress theme yang lainnya.

Pencarian WordPress Theme Melalui Search Engine
Agar lebih banyak mendapatkan rancangan theme wordpress, anda dapat menggunakan mesin pencari atau Search Engine seperti Google, Yahoo, dan yang lainnya. Yang harus dilakukan adalah mengetikan kata kunci yang sesuai dengan keinginan, misal : Free WordPress Theme, Free 2 Columns WordPress theme, 3 columns wordpress theme, theme wordpress gratis, theme 3 kolom dan lain sebagainya.



Pencarian WordPress Theme melalui admin blog
Untuk theme yang telah terdaftar di wordpress.org, anda dapat melakukan pencarian langsung pada halaman admin blog anda. Berikut caranya :

1. Login ke admin blog anda.
2. Klik menu Appearance → Themes → Install Themes → akan ada beberapa pilihan :

  • Search : melakukan pencarian dengan memasukkan keywords/kata kunci.
  • Upload : untuk mengupload theme dari komputer anda.
  • Featured : Theme yang diutamakan.
  • Newest : Theme yang terbaru yang masuk ke wordpress.org
  • Recently Updated :  Theme yang baru di updated oleh perancangnya.
Apabila ada theme yang cocok, disini anda bahkan bisa langsung mengaktifkannya.


Tambahan tentang WordPress Theme

Banyak blogger yang memilih theme hanya dari tampilannya saja, padahal ada beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan, diantaranya :


  • Besarnya data theme tersebut. Yang dimaksud disini apakah theme tersebut ringan untuk di buka oleh pengunjung atau tidak. Memang, penyumbang beban blog tidak hanya dari theme yang digunakan tapi banyak faktor seperti plugin atau widget yang lainnya, namun secara logika apabila themenya sendiri sudah berat, apalagi jika di tambah beban yang lain.
  • Versi WordPress yang digunakan. WordPress terbagi menjadi banyak versi ( berdasarkan waktu keluarnya). Yang harus di perhatikan adalah theme yang akan anda install kompatibel atau tidak dengan versi wordpress yang kini sedang anda gunakan.
  • Struktur kode theme. Tahukah anda bahwa theme berkontribusi besar terhadap SEO (Search Engine Optimization)? penempatan kode template yang kurang pas bisa membawa penderitaan terhadap blog anda. Sedikit contoh yang harus diperhatikan diantaranya penempatan Headings yang sesuai dengan kaidah SEO, penempatan kode posting sebaiknya sebelum kode sidebar dan lain sebagainya. Ah tapi maaf, ini sepertinya bagi anda yang sudah sedikit mengerti tentang coding kode theme wordpress :D

Tambahan lainnya yaitu jangan terlalu sering gonta-gantii Theme. Seperti halnya gonta-ganti pasangan (upss.. ko kesini nyontohinnya ;) ), gonta-ganti theme pun berpengaruh buruk yaitu terhadap Index Search Engine atau dengan kata lain akan merusak SEO blog anda dalam beberapa waktu, bisa saja terjadi apabila anda mengganti theme jumlah kunjungan ke blog anda tiba-tiba turun drastis, sayang bukan?

Sebagai saran, gunakan theme minimal 6 bulan, jangan kurang dari itu atau kalau bisa dalam jangka waktu tahunan baru anda mengganti dengan theme yang baru.

Mungkin itu adalah sekilas tentang WordPress Theme ( sekilas atau justru kepanjangan yah :D ). Untuk cara mengganti theme wordpress, sepertinya akan coba di bahas pada tutorial berikutnya.

Ingin artikel seperti diatas langsung dikirim ke Email anda?
Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Posting Komentar untuk "Apa itu Wordpress dan Bagaimana Cara Membuat Wordpress?"