Eksotisme Air Terjun Coban Supit Urang Wiyurejo Malang

Eksotisme Air Terjun Coban Supit Urang Wiyurejo Malang
Apakah anda pernah mengunjungi Kota Malang? Sudahkah anda mengunjungi Air Terjun Coban Supit Urang? Bagi Anda yang berkunjung ke destinasi wisata Malang atau di Kota Batu, tak lengkap rasanya jika anda belum mengunjungi destinasi wisata air terjun di Malang. Salah satu air terjun yang cukup populer sebagai destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi di Malang adalah air terjun Coban Supit Urang Lawang Malang. Coban Supit Urang merupakan salah satu dari 3 Coban yang  baru saja ditemukan oleh warga beberapa waktu yang lalu.
Keberadaan air terjun Coban Supit Urang ini sebenarnya sudah lama, akan tetapi oleh dinas PERHUTANI setempat masih belum diizinkan untuk dibuka untuk umum karena beberapa hal seperti masih belum adanya akses jalan serta mungkin belum ada ijin dari dinas pariwisata juga pemerintah. Namun untuk saat ini kawasan tersebut sudah dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi oleh wisatawan.

lokasi Coban Supit Urang

Air Terjun Coban Supit Urang secara administratif terletak di di kawasan Taman Hutan Raya R Soeryo, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Jika anda ingin mengetahui letaknya dalam peta, anda dapat mencari alamat Coban Supit Urang di GPS gawai anda.
Atau anda bisa klik link berikut untuk mengetahui peta dari Coban Supit Urang.
 
Jalan menuju Coban Supit Urang
Untuk mencapai Coban Supit Urang, dari kota Malang anda langsung ambil saja arah menuju ke Kota Batu, kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke arah Pujon atau arah Kediri/Jombang. Kemudian sesampainya di Pujon, carilah arah menuju ke Desa Madiredo karena air terjun ini tidak jauh dari desa tersebut. Petunjuk yang paling terlihat jelas ketika anda sampai di Pujon adalah Masjid Ngroto yang berada tidak jauh dari Makam Pahlawan Pujon juga Pasar Pujon. Tidak jauh setelah melewati taman makam pahlawan di sisi kiri jalan, tengoklah di sisi kanan jalan ada sebuah gang yang di depan gang terdapat sebuah masjid, itulah Masjid Ngroto. Mungkin memang agak sedikit sulit mencari jalan menuju Air Terjun Supit Urang ini. Akan tetapi, anda tidak perlu sungkan untuk banyak bertanya kepada warga sekitar jika anda bingung. Selain karena akses menuju Coban Supit Urang srigading lawang yang sulit dan lokasinya yang cukup tersembunyi, juga karena memang belum terdapat banyak petunjuk lokasi menuju Coban Supit Urang ini.
Daya Tarik Coban Supit Urang
Berada di tengah kokohnya bebatuan alam dan dikelilingi rerimbunan hutan dan perkebunan warga, Coban Supit Urangmemiliki panorama yang luar biasa indah. Bagi anda yang gemar dengan tantangan dan petualangan seperti mendaki, susur sungai, atau halang rintang, anda wajib untuk mencoba mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Lokasi air terjun yang berada di atas mengharuskan anda untuk mendaki tebing batu terlebih dahulu. Di area ini, terdapat 3 air terjun sekaligus dengan ketinggian yang berbeda-beda dimulai dari Supit Urang 1, Supit Urang 2 atau biasa disebut Coban Undak dan juga Coban Watu Talang.

 

 
Coban Supit Urang ini terdiri dari 2buah air terjun. Yang pertama adalah Coban Supit Urang bawah dan yang kedua adalah Coban Supit Urang atas.Selain itu di atasnya lagi terdapat juga Air terjun Watu Talang. Jadi dalam sekali tempuh dua, tiga air terjun dilampaui. Meskipun jarak ketiganya terpaut cukup jauh, namun sayang rasanya jika sudah menempuh medan yang berat namun tidak mengunjungi ketiganya sekaligus. Satu hal yang menarik adalah air terjun ini belum banyak tersentuh manusia. Bisa jadi karena letaknya yang tersembunyi serta medan yang sulit dan menantang sehingga sangat membutuhkan perjuangan untuk sampai ke lokasi.
 
Untuk berpindah dari Coban Supit Urang Bawah ke Coban Supit Urang Atas, tidak semudah yang dibayangkan. Untuk menuju ke Coban Supit Urang Atas anda harus memutari tebing yang sangat curam. Kehati-hatian dan persiapan fisik mutlak dibutuhkan apabila anda ingin berkunjung ke Coban Supit Urang. Jarak dari Coban Supit Urang bawah ke Coban Supit Urang Atas kurang lebih adalah 500 m. Sedangkan jarak dari Coban Supit Urang Atas ke Coban Watu Talang adalah sekitar 1 km. Meskipun terlihat akan melelahkan, namun rasa lelah itu menjadi tak terasa karena Coban ini dikelilingi oleh batu batuan alam yang menakjubkan. Selain itu mata anda akan dimanjakan dengan panorama hutan rindang dengan berbagai tumbuhan liarnya, didampingi dengan suara kicau burung hutang dan suara gemericik air yang menenangkan. Gambar Coban Supit Urangyang indah ini juga banyak diabadikan oleh pengunjung dengan berswafoto ria.

 

 
Tingkat kederasan debit air yang turun dari tebing sangat bergantung kepada datangnya musim hujan. Sehingga jangan heran jika  anda hanya melihat sedikit air yang mengalir di Coban Supit Urang, jika anda mengunjunginya pada saat musim kemarau. Suasana sejuk dengan aliran air terjun yang cukup jernih akan membuat siapapun yang berkunjung di kawasan wisata ini betah untuk menikmati suasana alam di Coban Supit Urang tersebut. Saat ini di sini telah ditawarkan beragam wahana tantangan yaitu Camping Ground, Air Terjun, Trekking, dan Perkebunan. Camping Groung di kawasan wisata ini akan memberikan pengalaman berkesan bagi anda. Salah satu tantangan yang ada ialah adanya sebuah tangga yang terbuat dari bambu dengan ketinggian kurang lebih 12 meter yang harus anda lalui saat menuju Coban Supit Atas, namun anda tidak perlu khawatir karena meskipun cukup ekstrim akan ada petugas yang bertugas mengawasi dan membimbing Anda menuju air terjun lain di kawasan ini. Beratnya medan di rute Coban Supit Urang wiyurejo Malang jawa timur akan terbayar dengan keindahan panorama yang tidak akan anda dapatkan di tempat lain.
Tiket dan Tarif
Air terjun Coban Supit Urang ini masih sangat alami dan jarang terjamah manusia, sehingga tak ada tempat parkir yang memadahi atau fasilitas penunjang pariwisata lainnya. Jika membawa kendaraan pribadi, anda dapat parkir di kebun kebun milik penduduk setempat yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun. Tentu saja, sebaiknya anda berkunjung kesini dengan mengendarai sepeda motor. Karena kendaraan roda empat akan sulit atau bahkan tidak bisa parkir disini. Tarif Parkir Di Cuban Supit Urang hanya Rp. 2000,- saja. Sedangkan untuk tiket masuk kawasan wisata Coban Supit Urang pujon ini adalah Rp.5000,- (bisa berubah sewaktu waktu).
Tips ketika berkunjung ke Coban Supit Urang
Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu anda perhatikan jika anda berkunjung ke air terjun ini.

  • Dikarenakan medan yang ditempuh dengan berjalan kaki adalah berupa bebatuan medan yang cukup licin, sangat disarankan untuk anda memakai alas kaki yang kuat seperti sandal gunung ataupun sepatu hiking. Sebaiknya anda menghindari untuk memakai sendal jepit.
  • Medan yang rimbun oleh pepohonan berduri dapat melukai kulit anda. Sebaiknya anda memakai jaket atau paling tidak anda memakai baju yang panjang.
  • Perjalanan yang berat dan melelahkan membutuhkan fisik yang prima, pastikan kondisi fisik anda dalam keadaan yang fit. Jangan lupa untuk membawa minuman dan makanan ringan untuk berjaga jaga apabila anda merasa haus dan lapar dalam perjalanan.
Itulah sekilas ulasan mengenai Coban Supit Urang. Jika anda tertarik untuk mendapatkan informasi mengenai air terjun atau destinasi wisata lainnya, silahkan anda berkunjung ke laman kami yang lain terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *