21 Makanan Semarang Paling Legendaris yang Harus Dibeli Pas Mampir!

Inilah 21 Kuliner dan Minuman Khas Semarang Paling Terkenal!

Semarang sebagai Ibukota Jawa tengah, merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat. Kota ini memiliki berbagai landmark yang terkenal, sebut saja lawang sewu, PRPP, Taman Maerokoco, Pantai Marina, Simpang Lima, dan lain sebagainya. Sebagai destinasi wisata tentu saja makanan khas Semarang banyak dicari oleh wisatawan. Berikut beberapa makanan dan minuman khas Kota Semarang.

  • Lumpia

Seperti yang kita ketahui, Semarang dijuluki sebagai kota lumpia. Ya, IbukotaJawa Tengah ini memang identik dengan lumpia. Lumpia adalah makanan khas asal Semarang yang merupakan perpaduan dari dua kebudayaan yaitu Jawa dan Cina. Makanan ini terbuat dari kulit tipis dari tepung terigu yang membalut isi yang biasanya terdiri dari rebung, telur, udang atau ayam.Anda bisa mendapatkan makanan khas Semarang lumpiaini hampir di semua penjuru kota Semarang. Penjual lumpia yang terkenal adalah di Mataram, jalan pemuda, dan di jalan Lombok.

  • Soto Semarang

Jika kita perhatikan hampir semua daerah di nusantara ini memiliki sajian kuliner berkuah yang bernama Soto. Tak terkecuali Semarang yang juga mempunyai Soto Semarang sebagai makanan khas kota Semarang. Soto Semarang yang paling terkenal adalah Soto Bangkong. Soto bangkong telah berproduksi sejak tahun 1950 di perempatan Bangkong Semarang. Seiring berjalannya waktu Soto Bangkong telah berkembang dan membuka cabang di berbagai daerah. Soto ini terdiri dari daging ayam suwir, tomat, taoge, dan daun bawang.

  • Kue carang madu

Kue Carang madu atau Sarang madu merupakan makanan kering khas Semarang yang wajib anda jadikan pilihan sebagai oleh oleh. Makanan ini terbuat dari santan dan tepung beras yang bagian atasnya diberi olesan gula merah. Rasanya yang gurih, manis nan renyah membuat kue ini tak pernah sepi peminat. Kue ini memiliki tekstur yang mudah hancur sehingga anda harus berhati hati saat membawanya di dalam perjalanan.

  • Bandeng presto

Ikan bandeng yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi (presto) ini merupakan oleh oleh makanan khas Semarangyang digemari oleh wisatawan. Bandeng Presto terasa sangat nikmat jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal khasnya. Salah satu toko bandeng presto yang terkenal adalah Bandeng Juwana yang terdapat di jalan pandanaran Semarang. Bandeng presto ini merupakan makanan khas Semarang yang tahan lama karena dikemas dalam bungkus kedap udara membuatnya tahan hingga berminggu minggu jika disimpan di dalam freezer.

  • Wingko Babat

Anda pasti tidak asing mendengar nama kudapan yang satu ini. Wingko Babat merupakan makanan tradisional khas Semarangyang digemari masyarakat. Unsur tradisional yang lekat dengan kudapan ini menjadikan para wisatawan tak pernah terlewatkan membeli Wingko babat untuk oleh oleh. Wingko babat terbuat dari beras ketan yang diuleni dicampur dengan parutan kelapa yang dibakar. Dalam perkembangannya telah ada banyak variasi rasa wingko dari coklat, nangka, durian, kelapa muda, dan lain sebagainya.

  • Tahu Pong

Tahu Pong menjadi salah makanan ringan khas Semarang yang paling digemari. Tahu pong merupakan tahu yang digoreng garing. Tahu pong ini tidak memiliki isi alias kosong atau dalam bahasa jawa disebut kopong, sehingga disebut tahu pong. Biasanya tahu pong disajikan hangat dengan cocolan petis udang, didampingi acar dan uleg kasar cabai hijau. Tahu pong dapat menjadi alternatif pilihan sebagai makanan oleh oleh khas Semarang yang dapat anda jadikan buah tangan untuk sanak keluarga.

  • Tahu gimbal

Salah satu makanan khas semarang yang terkenal enak dan cocok di lidah banyak orang adalah tahu gimbal. Hidangan yang terdiri dari irisan ketupat atau lontong, tahu goreng, gimbal, telur, taoge, kol mentah cincang, dan disiram saus kacang dengan petis udang ini Yang menjadi ciri khas dari makanan ini adalah adanya gimbal, yaitu bakwan dengan isian udang, dengan rasa gurih sedikit manis dan pedas. Jangan lupa mencobamakanan khas Semarang tahu gimbal ini bila anda sedang melintas atau berkunjung ke Semarang.

  • Nasi Pecel

Salah satu makanan khas Semarang di Simpang Lima adalah Nasi Pecel. Nasi pecel khas Semarang dihidangkan dengan beraneka macam lauk pauk, dan juga bumbu kacang ditambah sayur yang sangat nikmat, terutama apabila disantap dengan nasi yang hangat. Beberapa pilihan lauk antara lain adalah telur, ayam, hingga ikan ikanan dapat menjadi pendamping yang nikmat untuk menyantap pecel ini. Ada dua penjual Nasi Pecel di Simpang lima yang terkenal yaitu Pecel Bu Sumo dan Pecel Yu Sri.

  • Roti Ganjel Rel

Dalam bahasa Jawa, ganjel berarti pengganjal, dan rel berarti rel kereta api. Nama makanan khas Semarang ganjel Rel diambil daribahasajawatersebut yang berarti bantalan rel, karena bentuk roti tersebut yang mirip bantalan rel. Roti yang berwarna cokelat nan memikat bertabur biji wijen ini memiliki tekstur yang padat dan sedikit alot. Meskipun teksturnya alot, makanan khas Semarang yang satu ini memiliki cita rasa yang klasik yang unik seolah membawa kita ke jaman pendudukan Belanda. Rasa inilah yang menarik minat para wisatawan untuk kembali mencicipinya.

  • Wedang tahu

Bagi yang belum pernah mencoba mungkin minuman ini terdengar aneh. Tahu yang biasa dimakan malah dijadikan minuman. Minuman yang dibuat dari sari kedelai yang direbus hingga menjadi kembang tahu ini disajikan dengan kuah yang hangat. Rasa manis dari gula jawa dan rasa pedas dari jahe dan rempah lainnya menjadi perpaduan yang pas untuk disantap sebagai penghangat badan, juga sebagai pendamping saat menikmati makanan khas daerah semarang.Anda dapat menemukan penjual wedang tahu di kawasan pecinan, gang lombok, ataupun pedagang keliling, dengan harga terjangkau.

  • Babat Gongso

Hidangan yang satu ini wajib dicoba bagi penggemar jeroan sapi. Babat Gongso merupakan makanan khas di Semarang tepatnya di Nasi Goreng Pak Karmin, Jalan Pemuda samping jembatan mberok. Babat Gongso terdiri dari potongan babat dan jeroan lainnya seperti limpa, hati, iso, atau paru yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental. Rasa Pedas yang berpadu dengan manisnya kecap membuat babat gongso ini sangat digemari. Hidangan ini dibanderol dengan harga Rp.25.000 hingga Rp.30.000 per porsi. Cukup mahal memang, namun rasanya yang mantap cukup sebanding dengan harganya.

  • Rumah Makan Kampung Laut

Rumah Makan Kampung Laut di daerah PRPP semarang menyediakan berbagai macam seafood yang fresh dan berkualitas. Tempatnyapun juga bukan semarang tempat melainkan restoran yang sangat nyaman baik untuk keluarga maupun rapat. Jika di malam hari tempat ini akan diterangi oleh banyak lilin dan kita dapat langsung melihat pemandangan lautan lepas Semarang Tercinta.

Soto Bangkong

Soto Bangkong terletak di daerah Banyumanik, tepatnya di jalan setiabudi nomor 229, Semarang. Konon katanya soto ini sudah ada sejak 1950 an dan masih ada hingga sekarang. Yang membuat soto ini segar adalah soto ini sangat nikmat dihidangkan panas di terik matahari khas Semarang. Jangan lupa untuk menabur jeruk nipis agar rasanya perfect!

Soto Kudus Mbak Lin

Ini adalah salah satu kuliner nyasar, yang aslinya dari Kudus namun juga sangat terkenal di Semarang. Tapi jangan salah, rasanya juga luar biasa enak. Terbukti Soto ini selalu ramai dikunjungi bahkan kamu bisa bertemu dengan banyak artis yang mampir disini loh! Soto Kudus Mbak lin terletak di Jl. Ki Mangunsarkoro No.15 Semarang (buka google map aja deh sist…)

Bebek Goreng Pak Tori

Bebek goreng ini sangat Legendaris terletak di Gunungpati (Depan SMA Semesta Semarang). Tukul arwana selalu mampir kesini jika pulang kampung loh karena rumahnya memang berdekatan. Bebek ini juga menjadi favorit murid SMA Semesta karena warung inilah yang paling terjangkau dari Asrama mereka hehehe. Untung rasanya legendaris jadi pasti mereka puas makan bareng temen-temen.

Nasi Kucing Pak Gik Semarang

Nasi Kucing Pak Gik adalah angkringan yang sudah berdiri puluhan tahun yang lalu. Angringan ini bukan sembarang angkringan, ada banyak sekali jenis nasi kucing dan lauk yang siap kamu jajal semuanya. Harganya pun sangat amat murah, hanya dengan 5 ribu kamu bisa mendapatkan Es Teh, 1 Nasi Kucing, dan Beberapa Gorengan! Inilah kenapa banyak sekali mahasiswa yang memborong lauk kemari jika sudah di akhir bulan. Nasi Kucing Pak Gik buka Pukul 12 MALAM guys! Tempat ini terletak di jalan Gajahmada Semarang.

Pasar Semawis

Kuliner Semarang yang satu ini sangat fenomenal. Bagaimana tidak? Wisata Malam ini menyediakan puluhan makanan yang enak, bergizi dan sangat terjangkau untuk seluruh kalangan. Karena tempat ini terletak di Kota Lama Semarang menjadikan pecinan ini sangat photoable, sangat ciamik untuk dijepret dari sudut manapun dengan gaya khas chinese nya. Ada makanan Halal dan ada juga B2 dan kawan-kawan jadi pilihlah sesuai yang bisa Anda Makan ya. Pasar Semawis terletak di Kranggan, Buka google map pasar semawis disini https://goo.gl/maps/uBVC16gLzwp.

Leker Paimo Semarang.

Leker paimo? Mendengar namanya sangat asing dan cukup ndeso. Eits jangan salah sangka dulu, leker paimo ini leker legendaris yang sudah ada puluhan tahun yang lalu. Sampai sekarangpun masih eksis karena rasanya yang sangat enak, unik dan sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Asem-Asem Koh Liem

Sesuai namanya, warung ini menyediakan makanan asem-asem. Rasanya sangat istimewa menjadikan tempat ini sangat cocok untuk dinikmati apalagi dengan cuaca khas semarang yang panas, seger banget!

Mie Siang Kie

Kuliner khas kota Semarang lainnya adalah mie siang kie. Mie ini merupakan mie pangsit yang diberi topping ayam suwir, kuah kaldu, sawi rebus, dan sebagai pelengkap kerupuk pangsit berisi daging babi. Mie siang kie terletak di gang lombok, Semarang dekat dengan Pasar Semawis.

Pisang Plenet.

Makanan di Semarang memang tidak ada habisnya. Sesuai namanya, pisang plenet adalah pisang yang ditekan sampai gepeng lalu di bakar dan ditaburi gula atau topping sesuai selera. Harganya juga sangat murah yaitu 6000 rupiah. Kamu bisa mendapatkan makanan ini di Pasar Semawis atau di sepanjang jalan Gajahmada Semarang.

Itulah tadi beberapa minuman makanan khas Semarang Jawa Tengah yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung atau melintas di Kota Semarang. Setelah melihat makanan khas dari Pulau Jawa, sebaiknya anda juga menengok makanan khas Maluku yang mungkin banyak masyarakat kita tidak mengenalnya padahal banyak makanan khas Maluku yang dikenal masyarakat internasional. Setelah mengetahui makanan khas Maluku, mari berpindah ke Barat, yaitu Lampung. Makanan khas Lampung juga memiliki keunikan yang tidak ada di daerah lain sepertiseruit, tempoyak, geguduh, engkak, lapis legit, dan lain sebagainya. Dari namanya saja sudah terdengar unik bukan? Jangan lupa untuk melihat artikel makanan khas Lampung dan Maluku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *