Apa saja makanan Khas Maluku itu?

Maluku terkenal dengan banyak pantai dan gugusan pulau yang cantik dan menawan. Selain itu, pulau yang terletak di wilayah yang di kelilingi oleh perairan ini memiliki banyak hal luar biasa lainnya. Oleh karena itu banyak sekali wisatawan yang mengincar untuk melancong ke kepulauan maluku. Semua yang ada di maluku sangat Amazing! Salah satunya makanan juga. Hampir semua makanan yang ada di sana sangat lezat dan mudah diterima oleh pengunjung karena sebagian besar berbahan dasar ikan.

Di maluku sendiri makanan pokok yang biasa mereka makan bukanlah nasi seperti yang biasa kita santap, melainkan sagu. Oleh karena itu, banyak makanan khasnya yang cocok jika kamu sandingkan dengan sagu. Daripada kebanyakan basa-basi, yuk lihat apa saja makanan khas daerah Maluku ini:

Papeda

Makanan khas Maluku Utara yang bernama Papeda ini dibuat dengan bahan dasar sagu. Papeda berbentuk seperti bubur yang sering dimakan dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang banyak ditemukan di Maluku. Tektur papeda yang lengket seperti lengket dan tawar serta cara menyantap yang cukup unik yaitu dengan cara diseruput langsung dari wadahnya tentu bisa menjadi pengalaman menarik ketika berwisata kuliner.

Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda ini adalah salah satu makanan khas maluku yang terkenal dengan kelezatannya bahkan saat zaman kolonial. Berasal dari Kepulauan Banda, kuliner ini dulu sering disantap oleh para petinggi Belanda yang datang ke Indonesia.

Nasi Lapola

Meski Maluku terkenal dengan sagu dan juga menjadikannya sebagai makanan pokok, namun di Maluku masih ada makanan yang terbuat dari beras yaitu Nasi Lapola. Nasi yang dimasak setengah matang dengan api kecil lalu dicampur dengan kacang polong yang sudah direbus, kelapa parut, dan garam kemudian dikukus hingga matang.

Ikan Komu Asar

Makanan khas Maliku yang berbahan dasar ikan cakalang ini sudah cukup terkenal di kalangan pecinta kuliner. Cara memasak yang unik dengan cara ditusuk dengan bambu dan diasapi kurang lebih satu jam tentu akan memberi cita rasa tersendiri di lidah. Makanan yang satu ini sangan cocok disantap dengan nasu dan sambal colo-colo khas Maluku.

Sagu Woku Komo-komo

Satu lagi makan khas maluku yang terbuat dari sagu yag bernama Sagu Woku Komo-Komo. Nama yang cukup unik dan panjang untuk sebuah nama makanan, namun jangan salah sangka sebelum mencoba makanan yang satu ini.

Makanan yang sering dijadikan lauk oleh orang maluku ini berasal dari sagu yang direndam dengan air dingin kemudian dibumbui dan dicampur dengan jeroan ikan dan santan kelapa cair. Cara memasaknya pun unik yaitu terlebih dahulu dibungkus dengan daun woka kemudian dipanggang hingga daun woka tersebut kering.

Sambal Colo-colo

Sambal khas Maluku ini berasal dari ambon dan tentu saja terkenal akan kepedasannya. Sambal yang satu ini tentu cocok bagi kamu yang menyukai pedas atau malah seorang pecinta pedas yang selalu penasaran dengan rasa pedas dan belum mantap jika melum mendapat sensasi membakar lidah.

Sambal yang satu ini terbuat dari campuran tomat muda segar, bawang merah, cabe rawit dan kemudian mendapat siraman jeruk nipis. Berbeda dari kebanyakan sambal, sambal yang satu ini dibuat tanpa diulek sama sekali.

Untuk mendapar rasa lebih afdol dan tentu saja sedap, sambal ini dapat juga ditambah dengan daun kemangi, irisan kenari mentah, dan kecap.

Talam Sagu Bakar

Menjadi salah satu makanan pokok tentu saja membuat makanan dari sagu memiliki variasi yang lebih beragam di Maluku. Kali ini makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu lainnya ialah talam sagu bakar.

Rasa talam sagu bakar sendiri cenderung manis yang khas karena adanya campuran dari kenari dan kacang brenebon. Talam sagu bakar ini sangat cocok dijadikan camilan di kala sore hari.

Bubur Sagu Ubi

Bubur yang satu ini sangat terkenal di kalangan orang Maluku dan luar Maluku. Cara pembuatan yang mudah bahkan kamu sendiri bisa membuatnya tentu saja membuat makanan yang satu ini layak untuk dicoba bahkan jika kamu tidak sedang berkunjung ke Maluku.

Bubur sagu ubi ini berbahan dasar; sagu lempengan, gula merah, gula pasir, daun pandan, ubi merah rebus, ditambah dengan santan kental dan taburan kenari.

Kopi Sibu-sibu

Di Maluku sendiri ada olahan kopi yang terkenal bernama Kopi Sibu-sibu. Kopi yang berasal dari jenis kopi robusta ini diproses dengan cara dihaluskan dengan teknik yang masih tradisional. Rasanya yang khas kemudian dicampur dengan bubuk cengkeh halus dan taburan biji ketapang muda tentunya membuat siapa saja tergiur untuk merasakannya, apalagi bagi kamu yang mengaku sebagai pecinta kopi. Kopi yang satu ini juga cocok jika kamu jadikan buah tangan bagi sanak saudara di rumah setelah kamu berkunjung ke Maluku.

Gohu Ikan

Gohu Ikan adalah salah satu makanan khas maluku yang terbuat dari ikan tuna. Makanan yang satu ini akan mengingatkan kamu pada salah satu makanan khas dari negara sakura, Jepang, yaitu Sashami

Mendapat julukan sashami Ternate, memakan gohu ikan akan membawa kamu merasakan sensai menyantap sajian sashami dari Jepang, tapi tentu saja Gohu Ikan memiliki rasa dan sensasi yang unik khas daerah Maluku.

Gatang Kenari

Gatang kenari merupakan salah satu sajian kuliner khas Maluku yang berbahan baku kepiting kenari. Kepiting yang terkenal bisa memetik buah kelapa dan mengupasnya sendiri memiliki cita rasa yang lezat. Sebenarnya resep makanan khas Maluku Utara ini dapat dengan mudah kamu temukan melalui mesin pencarian google. Namun, tentu sangat berbeda jika kamu menyantapnya langsung dari pulau asalnya.

Nasi Jaha

Makanan khas dari Maluku yang akan dibahas selanjutnya adalah nasi jaha. Makanan yang berbahan dasar dari campuran beras biasa, beras ketan, dan santan kelapa ini memiliki rasa yang sangat gurih dan memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan lemper Jawa. Nasi jaha ini sangatlah mengenyangkan mengingat bahan bakunya mengandung banyak karbohidrat.

Acar Kuning

Acar merupakan makanan yang dibuat dari beragam sayuran seperti timun, wortel, dan bawang yang kemudian direndam dalam kuah asam. Di Maluku, terdapat makanan serupa acar namun berbahan utama rebung. Orang Maluku sering menyebut acar ini dengan nama acar kuning.

Acar kuning ini terbuat dari rebung, kecipir muda, bawang merah, mentimun, cabai merah, daun salam, dan nanas yang kemudian bahan-bahan tersebut ditumis. Acar Kuning sering dijadikan teman makan nasi dan lauk pauk khas Maluku lainnya.

Kue Asidah

Cemilan khas masyarakat Maluku ini terinspirasi dari budaya Timur Tengah. Kue asidah yang terbuat dari campuran tepung gandum atau tepung terigu dan gula merah ini akan banyak kamu temui pada bulan Ramadhan sebagai hidangan berbuka puasa. Teksturnya legit dan rasanya manis tentu akan menjadi pilihan yang tepat untuk menganti kadar gula darah yang hilang setelah seharian penuh berpuasa.

Demikian 14 makanan khas maluku yang siap menggoyang lidah para pemirsa. Jika kamu memiliki saran mengenai masakan-masakan lain khas Maluku ataupun kota lain kamu bisa membagikan di kolom komentar atau menghubungi kami lewat form di bawah website!

Leave a Reply