Review Pantai Ngetun di Gunung Kidul yang Mistis!

Mengexplore Pantai Ngetun Yang Tersembunyi Di Gunung Kidul

Pantai Ngetun yang berada di Gunung kidul merupakan destinasi wisata pantai yang masih jarang pengunjung. Pantai ini terdapat diantara dua bukit yang ditumbuhi oleh rimbunnya pepohonan. Misteri Pantai Ngetun Gunung Kidul Jogja sangat kental dengan aura mistis. Hal tersebut didukung dengan lokasi pantai yang begitu tersembunyi dan tertutup dengan rimbunnya pepohonan yang ada disekitar pantai. Lokasi yang berada di pantai selatan pulau jawa juga menambah rasa mistis pantai ini. Banyak kejadian kejadian yang aneh yang terjadi di sekitar pantai. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena bila anda menjaga sopan santun anda tidak akan diganggu oleh penunggu yang berada di sekitar pantai. Selanjutnya kami tidak akan membahas tentang misteri pantai Ngetun, yang akan saya bahas mengenai keindahan pantai ini.

Pantai Ngetun yang berada di Gunung Kidul ini mempunyai nama asli yaitu Ngitun yang berarti mengintip. Dahulu dikisahkan saat menemukan pantai ini seseorang datang dan mengintip ada pantai yang sangat indah, lalu mengabari orang lainnya untuk datang ke pantai ini. Karena pantainya yang tersembunyi di antara dua bukit, dan harus mengintip dari atas bukit untuk melihat pantainya maka dinamakan pantai ngintip atau dalam bahasa setempat disebut pantai Ngetun. Anda akan melihat pemandangan berupa hamparan pasir pantai yang berwarna putih yang dikelilingi oleh dua bukit yang diselimuti oleh rimbunnya pepohonan dan pastinya air laut yang terlihat jernih dan berwarna biru. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar seperti pada pantai selatan yang lainnya karena terdapat karang karang yang memecah ombak sebelum sampai ke bibir pantai.

LOKASI DAN RUTE MENUJU PANTAI NGETUN GUNUNG KIDUL

Alamat Pantai Ngetun Gunung Kidul berada di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Ngetun berdekatan dengan pantai pantai lainnya yang berada di Gunung Kidul seperti pantai Ngobaran, Pantai Siung, Pantai Wedi Ombo dan pantai laut selatan lainnya. Jarak yang ditempuh untuk mencapai pantai Ngetun dari pusat kota Yogyakarta sekitar 70 kilometer. Untuk mencapai pantai ini dari kota Yogyakarta terdapat dua jalur yang bisa ditempuh. yang pertama anda bisa lewat jalur Wonosari. Bila anda melewati jalur Wonosari anda akan melewati jalan yang cukup lebar dengan aspal yang begitu mulus. Jalur Wonosari akan melewati jalanan naik turun yang begitu curam karena harus melewati kontur jalan yang berbukit bukit. Setibanya di Wonosari anda belok kanan dan mengikuti petunjuk jalan yang menuju pantai Baron.

Google Map Pantai Ngetun

https://goo.gl/maps/din9jqtUaVT2

Anda harus cermat melihat petunjuk jalan yang ada karena petunjuk menuju Pantai Ngetun sangatlah kecil. Jalur yang kedua yang bisa dilalui adalah melalui jalur Imogiri. Bila melewati jalur Imogiri anda akan disuguhkan pemandangan alam pantai yang cukup indah. Jalanan yang cukup sepi, aspal yang sudah halus dan jarak yang lebih dekat membuat jalur ini banyak dilewati oleh wisatawan menuju pantai Gunung Kidul. Akan tetapi jalur Imogiri masih sedikit orang yang mengetahui sehingga hanya wisatawan sekitar jogja yang menggunakan jalur ini. Setelah melakukan perjalanan kurang lebih selama 2 jam perjalanan, anda akan menemukan petunjuk ke Pantai Ngetun yang tidak terlalu besar. Sebelum mencapai Pantai Ngetun, anda harus melewati jalan berbatu yang masih terjal selama kurang lebih sepanjang 3 kilometer.

Bila anda ingin mengunjungi Pantai Ngetun di Gunung Kidul anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan yang tersedia tidak ada yang mencapai Pantai Ngetun. Sebelum mencapai pantai jalan yang dilalui cukup terjal dan sempit, sehingga kendaraan besar seperti bis tidak dapat mencapai pantai.

FASILITAS PANTAI NGETUN GUNUNG KIDUL

Akses Pantai Ngetun Wonosari sebenarnya sudah sangat baik. Akan tetapi, sebelum mencapai pantai, jalan yang tersedia masih sangat buruk dan belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat. Wisatawan dan warga setempat berharap agar akses jalan menuju pantai dapat segera diperbaiki.

Fasilitas Pantai Ngetun hanya terdapat beberapa warung yang dibuat oleh warga sekitar pantai. Bila anda ingin bermain air di bibir pantai anda tidak perlu khawatir untuk membersihkan badan karena beberapa warung menyediakan air bersih untuk membersihkan diri. Warung yang berada di Pantai Ngetun belum tersedia listrik karena jaringannya yang masih jauh dari permukiman. Selain itu, pada malam hari warung tersebut tidak berpenghuni karena yang punya warung akan pulang kerumah yang berada sekitar 4 kilometer dari pantai Ngetun.

Pantai Ngetun merupakan tempat wisata alam yang baru yang ada di Yogyakarta, sehingga masih sangat perlu mendapat perhatian dari pemerintah setempat agar dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Perlu beberapa perbaikan seperti akses jalan menuju pantai, tempat parkir yang belum begitu luas dan warung warung yang masih seadanya.

DAYA TARIK PANTAI NGETUN GUNUNG KIDUL

Camping Pantai Ngetun Gunung Kidul Yogyakarta sangatlah menyenangkan dan dapat menikmati suasana pantai yang masih sangat alami. Letaknya yang berada diantara dua bukit menjadikan pantai ini sering disebut teluk mungil. Bila anda ingin melihat dan menikmati pantai dari ketinggian, anda bisa menaiki bukit yang berada di sebelah pantai. Anda akan melihat birunya air laut dan putihnya pasir pantai yang sangat bersih yang membuat anda terkagum kagum.

Ngecamp di Pantai Ngetun sangatlah mengasyikkan. Wisatawan yang masih sedikit dan alam yang masih menjadikan daya tarik tersendiri untuk ngecamp di pantai ini. Yang perlu diperhatikan apabila ingin ngecamp di pantai Ngetun anda harus menyiapkan berbagai perlengkapan dan keperluan pribadi karena tidak adanya warung yang buka yang berada di pantai pada malam hari. Selain itu, anda harus menjaga kebersihan dan kealamiannya agar tetap menjadi pantai yang indah dan asri.

Wisata Pantai Ngetun Tepus Gunung Kidul tidak memiliki retribusi untuk masuk. Semua fasilitas yang tersedia seperti jalan dan lahan parkir dibangun gotong royong oleh warga sekitar. Anda hanya dimintai uang seikhlasnya untuk kas warga.

Pantai Ngetun sangat cocok dijadikan tempat wisata bagi orang orang perkotaan yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk keramaian kota. Laut yang terlihat biru, pasir pantai yang terlihat putih dan bersih, alam yang begitu indah dan suasana yang begitu tenang membuat setiap wisatawan yang berkunjung akan merasa nyaman dan pikiran yang ada akan terasa lebih fresh. Perjalanan yang cukup jauh terbayar dengan keindahan alam pantai yang begitu indah.

Bagi anda yang suka explore pantai Indonesia, anda harus mengunjungi pantai Ngetun karena selain tempatnya yang belum banyak dikunjungi, alam yang masih asri juga menjadi daya tarik tersendiri. Yang perlu diperhatikan bila mengunjungi tempat wisata alam adalah jangan mengotori dan merusak tempat yang ada dan bertingkah laku yang sopan. Sekian ulasan dari kami, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *