Tempat Wisata Pantai Baros Bantul Ternyata Mantap Dikunjungi Gan!!

Eksotisme Dan Keindahan Pantai Baros Bantul

Pantai Baros merupakan satu dari sekian banyak pantai yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Di kawasan pantai ini terdapat ekowisata hutan mangrove yang cukup luas. Keberadaan wisata Pantai Baros dan Ekowisata Hutan Mangrove berawal dari kepedualian dan inisiatif dari warga sekitar yang melihat adanya potensi wilayah berupa ekosistem hutan mangrove terletak di tepi muara Sungai Opak dan Pantai Baros.

Letak Pantai Baros ada di wilayah Dusun Baros Desa Tirtohargo Kecamatan Kertek Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dusun Baros awalnya disebut sebagai desa perintis hutan bakau yang ada di aliran Sungai Opak. Kawasan ini lalu dikenal dengan sebutan Hutan Mangrove Baros. Luas Pantai Baros berikut ekowista hutan mangrovenya mencapai kurang lebih 4 hektar dengan pemandangan yang sangat indah dan eksotis.

Kawasan Baros berada di aliran Sungai Opak yang merupakan salah satu sungai yang berhulu di Gunung Merapi dan melintasi wilayah Pegunungan Karst Gunung Sewu atau dikenal juga sebagai aliran Sungai Oyo. Material yang banyak terbawa di aliran sungai ini kebanyakan adalah campuran antara pasir vulkanik dengan tanah liat. Hal ini dibuktikan dengan tekstur tanah yang ada di sekitar ekowisata Hutan Mangrove dan Pantai Baros tersebut.

Bentang alam ini sudah ada sejak dulu dan baru ditata ulang serta dibangun kembali dengan dilengkapi berbagai fasilitas pada tahun 2003 yang diprakarsai oleh Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B) dan mendapat dukungan penuh dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) RELUNG Yogyakarta yang concern dengan gerakan yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan alam sekitar.

LOKASI PANTAI BAROS

Alamat Pantai Baros Bantul sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, yaitu berada dalam wilayah administrasi Dusun Baros Desa Tirtohargo yang masuk dalam wilayah Pemerintahan Kecamatan Kertek yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sejatinya, laut yang ada di Pantai Baros merupakan laut yang sama dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok yang lebih dulu terkenal di Yogyakarta.

Google Map Pantai Baros Malang silahkan klik https://goo.gl/maps/34k8NdxT1dR2

Lokasi Pantai Baros Bantul Yogyakarta tepatnya berada di Barat muara Sungai Opak dan di Timur Pantai Samas yang terkenal. Apabila anda susah menemukan wilayah ini, maka anda tinggal mencarinya menggunakan google maps atau aplikasi pelacak arah lainnya. Patokan utamanya adalah nama Dusun Baros yang menjadi pemilik lahan sekaligus pengelola tempat wisata tersebut.

Rute Pantai Baros sangat mudah dilalui. Dari pusat Kota Yogyakarta, anda tinggal mengikuti plang dan mengarahkan kendaraan anda menuju Jalan Parangtritis km 27. Begitu menemui sebuah persimpangan yang terdapat pos polisi wilayah Kretek, maka anda belok kanan ke arah Pantai Samas dan Pantai Baros. Perjalanan akan dilanjutkan melalui jalan aspal yang cukup sempit. Beberapa menit kemudian anda akan menemukan sebuah plang penunjuk arah menuju kawasan ekowisata Hutan Mangrove dan Pantai Baros. Anda tinggal masuk ke area Dusun Baros dan memacu kendaraan anda hingga ujung untuk memarkir kendaraan. Sampailah anda di tempat wisata Pantai Baros tersebut.

Ada jalur lain yang bisa anda tempuh apabila akan berkunjung ke Pantai Baros dari pusat Kota Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta ikutilan plang penunjuk arah menuju Bantul dan ikuti jalannya hingga sampai di pertigaan Pasar Celep. Kemudian belok kanan dan lurus terus menuju ke pertigaan yang ada di samping SMA Kretek. Setelah itu anda harus belok kanan lagi dan sudah menemukan plang penunjuk arah menuju tempat wisata Pantai Baros dan Hutan Mangrove ini.

KARAKTERISTIK PANTAI BAROS

Karakteristik Pantai Baros sangat khas dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di wilayah wisata seluas kurang lebih 4 hektar ini terdapat pemandangan yang sangat indah dan eksotis dari pepohonan bakau yang tumbuh di tepi Sungai Opak. Ditambah lagi dengan kesejukan dan semilir angin laut yang berhembus di sekitar kawasan ini tentunya membuat pengunjung betah berlama lama di tempat ini.

Seakan tidak puas dengan keindahan alamnya, pengunjung dapat menikmati suguhan bentang alam lain dengan menaiki perahu menyusuri kawasan hutan Mmangrove Pantai Baros Bantul yang membelah aliran air di Sungai Opak. Sesekali tentunya akan didapati sebuah pemandangan alam berupa burung burung yang bertengger cantik pada ranting pohon. Sesekali mereka juga beterbangan dan bisa menjadi obyek fotografi yang menarik.

Selain digunakan sebagai lokasi wisata, hutan mangrove Pantai Baros juga digunakan sebagai wilayah konservasi alam. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari keberadaan hutan mangrove tersebut, salah satunya adalah menahan laju tsunami apabila kejadian alam ini tiba tiba terjadi. Lebih lanjut lagi, kawasan hutan mangrove juga dijadikan sebagai nursery ground bagi hewan hewan laut seperti udang, kepiting, ikan, dan juga kerang. Bahkan tidak jarang tempat ini juga dijadikan sebagai wahana pengamatan burung.

Kawasan Pantai Baros dan hutan mangrovenya juga mendapat sebutan “sekolah alam” karena di tempat ini anda bisa belajar tentang seluk beluk ekosistem mangrove berikut hewan hewan yang berhabitat di sekitarnya. Eksistensi hutan mangrove juga berguna bagi areal pertanian di sekitar Pantai Baros yang rawan terancam abrasi maupun banjir di musim musim tertentu.

FASILITAS PANTAI BAROS

Meskipun berada di daerah yang kaya akan tempat wisata berupa pantai, namun ekowisata hutan mangrove dan Pantai Baros masih butuh pengembangan dan perhatian lebih lanjut lagi. Jalan beraspal menuju Pantai Baros memang sedang diperbaiki dan dibeberapa ruas jalan sudah terlihat mulus. Saat anda sudah memarkirkan kendaraan, jangan kaget dengan jalan menuju Pantai Baros Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang becek dan berair. Hal itu merupakan karakteristik khas dari ekowisata hutan mangrove.

Pihak Pengelola kawasan wisata Pantai Baros juga menyediakan sandal yang bisa dipakai secara gratis oleh pengunjung yang ingin melakukan trackking ke ekowisata hutan mangrove. Pemandangan alam yang disuguhkan setelah anda lelah trackking akan terbayar lunas begitu anda mencapai ujung jalan setapak tersebut. Di tempat ini anda juga bisa menaiki rakit beramai ramai bersama rombongan menggunakan rakit yang memang sudah disediakan.

Sebagai ekowisata, pada hari hari tertentu tempat ini ramai dikunjungi oleh mahasiswa maupun instansi yang memang melakukan acara penanaman pohon mangrove atau kegiatan outbound lainnya. Keberadaan Pantai Baros berikut hutan mangrovenya mampu menambah destinasi wisata dan edukasi di kawasan Yogyakarta yang mempunyai banyak manfaat.

Kawasan Pantai Baros cukup menarik dikunjungi bagi anda pecinta petualangan dan keindahan alam khususnya kawasan pantai dan hutan bakau (mangrove). Masih sangat banyak eksotisme pantai di Yogyakarta lainnya yang bisa anda temukan, untuk itu teruskan kegiatan explore Pantai Indonesia anda agar keberadaan wisata pantai yang ada di Indonesia khususnya di wilayah Yogyakarta semakin terkenal dan mendapatkan tempat di hati masyarakat demi kemajuan wilayahnya.

Sekian review singkat dari tempatwisataindonesia.com. Jangan lupa loh kamu bisa juga mengirim artikel kepada kami dengan klik Hubungi Kami.

Atau kamu juga bisa DM melalui instagram kami @beautiful.indonesias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *