Apa wisata yang ada di Sidoarjo?

Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang bersebelahan dengan Kota Surabaya. Sebagai wilayah satelit, Kabupaten Sidoarjo memainkan posisi penting sebagai penyangga kebutuhan hidup wilayah perkotaan Surabaya.

Selain itu, Kabupaten Sidoarjo juga bersebelahan dengan Kabupaten Gresik di sebelah utara, Selat Madura di sebelah timur, kemudian Kabupaten Pasuruan di sebelah selatan, serta Kabupaten Mojokerto di sebelah barat.  Saat ini, Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu wilayah yang mengalami perkembangan pesat, salah satu faktor pendorongnya adalah sektor pariwisata.

Sebagai wilayah yang memiliki kekayaan alam pegunungan dan lautan, sektor pariwisata semakin di perhatikan oleh pemerintah. Perbaikan-perbaikan dan promosi pariwisata menjadi salah satu program andalan untuk menarik banyak wisatawan ke Sidoarjo. Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai potensi pariwisata di Sidoarjo. Apa saja tempat wisata di Sidoarjo yang kami rekomendasikan untuk kalian kunjungi?

Pantai Kepetingan Sidoarjo

Salah satu objek wisata pantai Sidoarjo adalah Pantai Kepetingan. Pantai ini berlokasi di Desa , Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Pantai Kepetingan menawarkan pemandangan alam yang memesona. Wisatawan dapat menyewa perahu untuk menjelajahi lautan. Di sepanjang sisi pantai, wisatawan dapat melihat hutan bakau yang rimbun, hijau, dan menyegarkan mata. Apabila kalian tidak menyewa perahu, kalian juga dapat bermain air di bibir Pantai Kepetingan. Wisata Sidoarjo Pantai Ketinganini juga cukup terkenal sebagai lokasi diadakannya upacara adat, yaituNyadran. Wisata Sidoarjo Pantai Kepetingan cocok kalian kunjungi bersama orang-orang terdekat.

Pulau Sarinah: Pantai Tlocor

Pulau Sarinah berlokasi di Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo. Pulau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, karena menawarkan wisata alam Sidoarjo yang memesona. Tumbuhan hijau tumbuh lebat di pulau ini, alam nya masih asri, bahkan masih banyak dijumpai burung-burung kicauan. Ombak yang menerjang bibir pantai Pulau Sarinah tidaklah besar, sehingga kalian tidak perlu khawatir ketika menyusuri sekitar pulau ini menggunakan perahu kecil yang disewakan masyarakat. Wisata keluarga ini cocok sekali dikunjungi di akhir pekan kalian.

Sun City Waterpark

Sun City Waterpark merupakan wahana permainan air yang berlokasi di Jl. Pahlawan, Kabupaten Sidoarjo. Tempat wisata di Sidoarjo ini menyediakan berbagai macam permainan air, di antaranya waterboom,dragon sliding dan kolam arus. Di sekeliling kolam juga dibangun beberapa gazebo yang untuk bersantai. Selain itu, Sun City Waterpark dikenal juga sebagai salah satu tempat wisata outbond di Sidoarjo, dengan wahana unggulannya yaitu flyingfox. Untuk semakin menarik minat wisatawan, Sun City Waterpark telah menyediakan berbagai fasilitas tambahan, di antaranya lifeguard, panggung hiburan, serta medicalcenter. Objek wisata di Sidoarjo ini menjadi wisata keluarga yang sayang untuk kalian lewatkan begitu saja.

Citra Garden Waterpark

Citra Garden Waterpark merupakan wahana permainan air yang berlokasi di Perumahan Citra Garden, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Wisata Sidoarjo 2017 ini memiliki fasilitas kolam renang, gazebo, toilet, foodcourt, parkir, dan mushola. Sedangkan wahana permainan airnya meliputi lacerslide, familyslide, multistructureslide, dan tube slidedrypool. Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar 25.000 rupiah untuk hari biasa dan 30.000 rupiah untuk weekend. Tempat wisata ini buka sejak pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Museum Mpu Tantular

Salah satu wisata edukasi sejarah adalah Museum MpuTantular. Objek wisata ini berlokasi di Jl. Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Perlu kita ketahui, MpuTantular merupakan salah satu pujangga Jawa yang cukup terkenal pada masa Kerajaan Majapahit, dan salah satu karyanya dikutip sebagai semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”. Lain dari pada hal tersebut, Museum MpuTantular menyimpan berbagai koleksi, mulai dari peninggalan kebudayaan Hindu Budha hingga peninggalan negara kolonial Hindia Belanda, di antaranya serat Jawa, arca, koleksi emas, seni rupa, dll. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Sidoarjo Jawa Timur ini?

Candi Pari

Candi Pari berlokasi di Desa Pari, Kecamatan Porong, Sidoarjo, dan terletak tidak jauh dari lokasi semburan Lumpur Lapindo. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit, dan memiliki arsitektur khas kebudayaan Hindu Budha. Di sekeliling candi, kalian dapat bersantai di beberapa tempat duduk yang disediakan pengelola. Tempat wisata di Sidoarjo Jawa Timur ini cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki ketertarikan dalam bidang Sejarah.

Candi Sumur

Candi Sumur berlokasi di Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, atau di barat daya Candi Pari. Saat ini candi ini hanya menyisakan dinding sebelah timur dan selatan saja. FYI, candi ini disusun menggunkan batu bata merah, dan memiliki relief di sekeliling dindingnya. Candi Sumur memiliki ukuran bangunan yang lebih kecil dari pada Candi Pari.

Candi Tawang Alun

Candi Tawang Alun merupakan candi yang dibangun pada masa Kerajaan Majapahit, atau sekitar abad ke 12 – 15. Wisata Sidoarjo Jawa Timur ini terletak di Desa Buncitan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, atau berjarak 3 km dari kompleks Akademi Perikanan Sidoarjo (APS). Saat ini, candi ini masih sering dikunjungi wisatawan, meskipun candi ini hanya menyisakan sedikit bangunan saja.

Candi Pamotan

Candi Pamotan berlokasi di Desa Bringin, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan penelitian arkeologis, candi ini memiliki gaya arsitektur khas periode Kerajaan Majapahit. Di bangunan ini, wisatawan dapat melihat sebuah arca yang telah hilang kepalanya.

Candi Medalem

Candi Medalem berlokasi di Desa Medalem, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan informasi, kemungkinan candi ini merupakan peninggalan kebudayaan Hindu Budha.  Saat ini, kondisi Candi Medalem hanya menyisakan bagian bawahnya saja, dan masuk sebagai bangunan cagar budaya Provisi Jawa Timur.

Delta Fishing Sidoarjo

Wisata Sidoarjo Delta Fishing merupakan wahana rekreasi keluarga sekaligus tempat wisata mancing di Sidoarjo.Lokasi ini terletak di Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Wisata ini menyediakan berbagasi wahana permainan, di antaranya flyingfox, outbond, kolam renang, sepeda air, dll. Selain itu, kalian juga dapat merasakan sensasi “strike” ketika memancing di lokasi ini.  Ikan-ikan di kolam pemancingan sangat beraneka ragam, mulai dari ikan mujahir, nila, gurame, bawal, dll. Apabila kalian lapar, kalian juga bisa memesan makanan di lokasi ini, sekaligus mencicipi wisata kuliner Sidoarjo.

Kolam Pemancingan Sedati

Kolam Pemancingan Sedati berlokasi di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Kolam  ini merupakan lokasi favorit bagi para pemancing untuk mengasah skill memancing mereka. Ikan yang disediakan di lokasi ini antara lain ikan tombro, ikan gurame, hingga ikan patin. Selain itu, di tempat wisata daerah Sidoarjo ini kalian juga dapat langsung mengolah ikan yang kalian dapatkan menjadi makanan siap saji. Tertarik mencobanya?

Tanggul Lumpur Lapindo

Sebenarnya agak ragu juga untuk menempatkan Tanggul Lumpur Lapindo sebagai salah satu daftar tempat wisata di Sidoarjo. Bencana Lumur Lapindo sudah terjadi sejak 2006, dan hingga sekarang semburan lumpur tersebut masih juga belum berhenti. Sebagai bentuk empati terhadap bencana tersebut, para aktivis dan seniman membuat beberapa patung yang diletakkan di lokasi semburan.

Adapun patung-patung tersebut mengisyaratkan pesan mengenai tragedi kemanusiaan yang sedang terjadi di Sidoarjo, akibat kelalaian manusia (korporasi). Lain dari pada hal tersebut, ternyata aksi tersebut justru menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk tanggul Lumpur Lapindo. Mereka berpendapat bahwa semburan lumpur tersebut dapat menjadi sarana pembelajaran bagi kita semua.

Sungai Porong

Sungai Porong berlokasi di Desa Tlocor, Kecamatan Jambon, Sidoarjo. Sungai Porong ini menawarkan sensasi menyusuri sungai menggunakan perahu hingga ke muara. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati sunrise maupun sunset yang sangat romantis. Bagi kalian para pecinta fotografi, tempat wisata alam di Sidoarjo ini sangat cocok untuk kalian kunjungi. Tetapi hati-hati karena baru-baru ini banyak ditemukan buaya di sungai tersebut 😀

Makam Putri Ayu Sekardadu

Makam ini berlokasi di Dusun Kepentingan, Desa Sewoan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Makam ini selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah. Putri AayuSekardadu merupakan putri Raja Blambangan. Selain itu, Putri Ayu juga dikenal sebagai ibunda Sunan Giri, salah satu wali Songo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Makam ini telah ditetapkan sebagai wisata religi / objek wisata Sidoarjo.

Kampung Batik Jetis Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo telah berkembang sebagai wilayah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang bagus. Hal itu dikarenakan beberapa faktor, di antaranya sektor swasta yang terus mengadapkan inovasi. Di Kabupaten Sidoarjo, terdapat sebuah kampung yang terkenal sebagai penghasil batik, yaitu Kampung Batik Jetis. Batik yang dihasilkan dari lokasi ini adalah batik khas Sidoarjo, dengan motif burung merak. Kampung ini berlokasi diJl, Diponegoro, Sidoarjo.

Sentra Tas Tanggulangin

Satu lagi produk unggulan manufaktur khas Sidoarjo, yaitu Sentra Tas Tanggulangin. Tas-tas yang dihasilkan dari lokasi ini memiliki kualitas yang baik. Apabila kalian ingin membeli tas di sini, jangan khawatir karena tas tersebut dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Apabila sedang di Kabupaten Sidoarjo, jangan lupa mampir di Sentra Tas Tanggulangin ini ya gaes, tapatnya berada di Desa Kludan.

Kampung Sepatu Krian

Kampung Sepatu Krian merupakan pusat industri sepatu dan sandal di Kabupaten Sidoarjo. Kampung ini berlokasi di Desa Masangan, Krian, Kabupeten Sidoarjo. Kampu Sepatu Krian menghasilkan produk dengan lokasi yang baik, dengan harga terjangkau. Kampung ini mirip industri sepatu di Cibaduyut Bandung.Tempat wisata di Krian Sidoarjococok dikunjungi oleh kalian yang sedang mengunjungi Sidoarjo, sekalian membawakan oleh-oleh sepatu untuk keluarga di rumah.

Taman Dwarakerta Porong

Ruang publik yang satu ini bernama Taman Dwarakerta. Taman ini berlokasi di Jalan Nasional 1, Porong, Ds. Jatirejo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Taman Dwarakerta. Taman ini memiliki sebuah garpura yang sangat kental dengan arsitektur kebudayaan Hindu Budha, dan disusun menggunakan batu bata merah, persis seperti bangunan yang jamak dijumpai di kompleks percandian. Selain itu, candi ini juga memiliki sebuah pendopo yang bisa kalian manfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan. Tempat wisata di Sidoarjo dan sekitarnya ini cocok untuk dikunjungi oleh kalian dan keluarga.

Taman Abhirama

Salah satu daftar tempat wisata di Sidoarjo adalah Taman Abhirama. Taman ini berlokasi di daerah Pagerwojo, Buduran, Kabupaten Sidoarjo, atau terletak di Jalan Raya Ponti. Objek wisata ini cukup mudah diakses karena hanya berjarak 10 menit dari Alun-alun Sidoarjo. Ketika mengunjungi taman ini, wisatawan tidak dikenakan biaya, dan hanya dikenakan tarif parkir sebesar 2000 rupiah saja. 

Wisata Gunung Anyar Mangrove

Wisata Mangrove Gunung Anyar berlokasi di Jalan Medokan Sawah Timur, Segoro Tambak, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Objek wisata yang sedang hits di media sosial ini menawarkan keindahan hutan bakau yang hijau. Kalian dapat berjalan kaki menyusuri hutan tersebut sembari menikmati sejuknya pepohonan. Selain itu, kalian juga dapat menyewa perahu untuk menyusuri Hutan Mangrove. Untuk mencoba hal tersebut, kalian harus membayar sewa perahu sebesar 50.000 rupiah.

Monumen Jayandaru

Monumen Jayandaru ini berlokasi di Jl. Jenggolo No. 21, Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Monumen Jayandaru ini merupakan simbol Kabupaten Sidoarjo. Monumen ini terdiri dari sembilan patung manusia (nelayan dan petani). Patung ini dibangun dengan dana dari pengolahan hasil laut (PT. Sekar Laut) Sidoarjo. Di malam hari, suasanya sangat cocok untuk dijadikan objek fotografi. Wisata Sidoarjo malam ini layak dikunjungi oleh kalian dan kawan-kawan terdekat.

Alun-alun Sidoarjo

Alun-alun merupakanwisata Sidoarjo Kota yang murah dan mudah diakses. Lokasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terlebih lagi di akhir pekan.Wisata ini juga menjadi destinasi tempat wisata malam di Sidoarjo. Lain dari pada hal tersebut, Alun – alun Sidoarjo juga menyediakan berbagai wahana permainan anak. Di sisi kanan dari kiri alun-alun, terdapat warung-warung makan yang menyediakan berbagai olahan makanan, mulai dari penyetan, nasi goreng, hingga makanan khas Sidoarjo. Tertarik kan untuk mengunjungi tempat wisata di Sidoarjo malam hari ini? Sekalian sebagai sarana rekreasi dan wisata kuliner di Sidoarjo.

Masjid Agung Sidoarjo

Masjid Agung Sidoarjo berada di Jl. Sultan Agung No. 40, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Sidoarjo, dan didirikan pada tanggal 19 Juli tahun 1895. Bangunan ini oleh Bupati Sidoarjo saat itu, Raden Adipati Pandji Tjondronegoro. Di belakang masjid, terdapat kompleks pemakaman Raden Adipati Pandji Tjondronegoro. Apabila kalian sedang berkeliling di kota Sidoarjo, sempatkan pula untuk mengunjungi Masjid Agung Sidoarjo ini.

Pura Jalu Siddhi Amerta

Pura Jalu Siddhi Amerta berlokasi di Jl. Juanda, Ds. Semambung, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pura ini merupakan bangunan suci umat Hindu, dan masih ramai dikunjungi oleh mereka yang akan bersembahyang. Pura ini seperti pura-pura yang lain, yaitu memiliki arsitektur khas India. Apabila kalian memasuki Pura Jalu Siddhi Amerta, kalian serasa sedang berada di Pulau Bali. Selain itu, Pura Ini juga dilengkapi oleh beberapa arca.

Bagaimana ulasan tempat wisata di Sidoarjo yang sudah kami sajikan? Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk menentukan destinasi wisata berikutnya ya. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian tempat wisata Indonesia yang kalian kunjungi, seperti  tempat wisata Gresik, tempat wisata Mojokerto, dan tempat wisata Surabaya. Apabila kalian lelah, sempatkan pula untuk mampir di lokasi wisata kuliner Sidoarjo. Lihat pula, wisata Sidoarjo dekat stasiun dan tempat wisata di Waru Sidoarjo.

Leave a Reply