Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Lengkap Tempat Wisata Di Brebes yang cocok untuk Kumpul Keluarga

Daftar Lengkap Tempat Wisata Di Brebes Yang Harus Kamu Kunjungi

BREBES

Brebes merupakan sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang berbatasan secara langsung dengan wilayah Kabupaten Cirebon. Potensi alam dan potensi wisata yang ada di Kabupaten Brebes cukup banyak mulai dari wisata alam sampai dengan wisata budaya. Pada kali ini, tempatwisataindonesia.com akan membagikan berbagai macam tempat wisata di Brebes yang menarik untuk kamu kunjungi. Simak ulasannya berikut ini. 




1. KEBUN TEH KALIGUA BREBES JAWA TENGAH


Wisata alam daerah Brebes yang pertama ini berada di wilayah dataran tinggi. Pemandangan yang ditawarkan begitu indah disertai dengan udara yang sangat sejuk serta hawa yang dingin membuat pengunjungnya betah untuk berlama lama berada di tempat wisata ini. Selain itu, ada banyak sekali spot wisata selain kebun teh di kawasan dataran tinggi di daerah Desa Pandansari, Paguyangan, Brebes ini seperti Goa Jepang dan juga Mata Air Tuk Bening yang terkenal akan kejernihan airnya.

 



2. CURUG PUTRI BREBES


Wisata curug di Brebes yang pertama akan diekspos adalah Curug Putri yang dulunya berasal dari dua sumber pancuran atau dikenal dengan nama Curug Kembar. Namun, seiring berjalannya waktu pancuran atau curug tersebut tinggal satu dan dinamakan Curug Putri. Memiliki ketinggian sekitar 35 meter, Curug Putri menyuguhkan panorama alam yang sangat eksotis mulai dari rindangnya pepohonan disekitar sampai dengan tebing berbatu yang terbentuk alami oleh proses alam. Lokasi Curug Putri berada di Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Brebes.

 



3. CIBLON WATERBOOM


Obyek wisata di Brebes Jawa Tengah yang ketiga merupakan sebuah tempat yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Dengan luas sekitar 1,5 hektar, Ciblon Waterboom selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat hari libur tiba. Fasilitas yang tersedia di waterboom ini cukup lengkap meliputi kolam renang, wahana permainan anak, tempat aerobic, dan juga tempat fitnes, serta beberapa fasilitas pendukung lainnya. Ciblon Waterboom berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes.

 



4. PEMANDIAN AIR PANAS TIRTA HUSADA


Tempat wisata di Bumiayu Brebes bernama Pemandian Air Panas Tirta Husada layaknya sebuah pemandian air panas lainnya di daerah lain. Terdapat kandungan belerang yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit di lokasi wisata ini berikut fasilitas yang mendukung seperti kafe, kolam renang, bahkan juga tempat untuk karaoke. Untuk dapat merasakan berendam air panas di pemandian ini, kamu harus merogoh kocek sebesar 2000 rupiah saja di hari biasa dan 3000 rupiah saja di hari libur. Jangan kaget jika pemandian ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dengan berbagai macam tujuan, baik itu sekedar bermain maupun memang bertujuan untuk mengobati penyakit yang diderita.

 



5. WADUK PENJALIN BREBES


Wisata Kabupaten Brebes seluas kurang lebih 1,5 hektar ini sudah dibangun sejak jaman Belanda tepatnya di tahun 1930 silam. Waduk Penjalin berfungsi sebagai sumber irigasi bagi persawahan milik warga Brebes dan juga berfungsi sebagai pengendali banjir yang terkadang melanda wilayah Brebes. Meskipun sudah ada sejak lama, namun Waduk Penjalin belum begitu ramai dikunjungi wisatawan karena kurangnya pengelolaan. Waduk Penjalin berlokasi di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes.



6. WADUK MALAHAYU BREBES


Wisata Brebes Cawiri yang satu ini layaknya waduk di daerah lain. Sama halnya dengan Waduk Penjalin, waduk ini juga merupakan warisan Belanda pada jaman penjajahan dahulu kala. Fungsi utamanya juga masih sama, yaitu sebagai sumber irigasi persawahan milik warga masyarakat sekaligus pengendali banjir. Pemandangan di sekitar Waduk Malahayu lebih indah dibandingkan dengan Waduk Penjalin, sehingga di sekitarnya sering dijadikan bumi perkemahan dan selalu ramai didatangi oleh pengunjung. Seperti namanya, waduk ini terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo.

 



7. ­PANTAI RANDUSANGA


Obyek wisata Brebes Selatan ini cocok kamu datangi jika ingin melihat sunset yang indah. Banyak sekali wisatawan yang datang jauh jauh dari berbagai daerah di Kota Brebes maupun luar Brebes hanya untuk menyaksikan sunset yang katanya terindah di wilayah Brebes ini. Pemandangan yang disajikan juga sangat indah berupa perkebunan bawang, budidaya rumput laut, dan juga sentra budidaya ikan bandeng. Lokasi Pantai Randusanga berdekatan dengan Jalur Pantura dan mempunyai berbagai macam fasilitas menarik diantaranya camping ground, balap motor, dan juga arena bermain anak.

 



8. CANDI PANGKUAN


Candi Pangkuan merupakan salah satu tempat wisata di Brebes dan sekitarnya yang belum jelas sejarahnya. Candi ini sempat ditemukan pada tahun 1965 silam dan konon katanya dulu merupakan tempat pemujaan. Dari segi fisik, candi ini berbeda dengan candi candi lain yang ada di wilayah Indonesia seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Candi Pangkuan memiliki bentuk lonjong dengan tinggi sekitar 50 cm saja. Di sekitar candi dihuni oleh banyak sekali kera liar yang sudah jinak.

 



9. Kampung Budaya Dusun Jalaswatu


Tempat wisata Tegal Brebes yang terkenal akan budaya dan adatnya ini menjadi tempat diselenggarakannya Upacara Adat Ngasa setiap hari Selasa Kliwon tiba. Di daerah ini, ada satu kepercayaan unik yang bisa kamu temui yaitu adanya larangan menggunakan tembok dan atap genting dalam sebuah proses pembangunan rumah. Warga masyarakat di lokasi ini juga dilarang menanam bawang. Masih menjadi misteri mengapa hal hal itu dilarang di jaman yang sudah sangat modern sekarang ini. Ada baiknya kamu langsung menanyakan alasan dipeliharanya adat istiadat tersebut langsung kepada penduduk Desa Wisata Ciseureuh ketika berkunjung kesini. 




10. RANTO CANYON


Wisata Brebes Ranto Canyon cocok bagi kamu yang suka berwisata adventure. Di Ranto Canyon terdapat tebing tebing yang menjulang tinggi dan juga curam yang bisa kamu jadikan tempat untuk menguji adrenaline. Dulu, tempat ini bernama Leuwih Ranto, namun karena mirip dengan obyek wisata Green Canyon yang ada di Pangandaran, kemudian diubah menjadi Ranto Canyon dan kini semakin terkenal. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan disini diantaranya adalah bermain bodyrafting, cliff diving, dan juga berenang.

 



11. Agrowisata Besaran Hijau Pabrik Gula Jatibarang - Brebes


Wisata alam Brebes yang satu ini dikelola oleh Pabrik Gula Jatibarang dan masuk dalam kompleks wilayah PG Jatibarang. Fasilitas yang disediakan di agrowisata ini juga cukup lengkap dan berfungsi dengan baik mulai dari permainan perahu onthel, kolam renang terap ikan, kereta wisata, dan juga kolam renang layaknya sebuah waterboom di kota kota besar.

 



12. Pemandian Air panas Cipanas Buaran


Pemandangan yang ada di sekitar pemandian air panas ini cukup cantik dan juga asri karena dikelilingi oleh pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Sembari menikmati kesegaran air panas di tempat ini, kamu juga akan menghirup udara yang sangat sejuk khas pegunungan. Tempat ini bisa kamu jadikan alternatif untuk melepas penat setelah seminggu bekerja di padatnya perkotaan.

 



13. TELAGA RENJENG


Objek wisata Brebes Jawa Tengah yang berikutnya ini berlokasi di kaki Gunung Slamet tepatnya di Desa Pandansari, Paguyangan, Brebes. Selain menawarkan berbagai macam keindahan dan panorama alam yang memanjakan mata, Telaga Renjeng juga dikenal sebagai habitat dari lele dan ikan nila raksasa. Tempat wisata ini sering dijadikan tempat untuk kawula muda yang hobi fotografi untuk hunting foto baik itu digunakan sebagai koleksi pribadi maupun keperluan perlombaan.

 



14. BULAKAMBA BREBES


Merupakan satu kecamatan di Brebes yang berada di pesisir utara. Tempat ini terkenal akan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) nya yang berada di Desa Kluwut dan Desa Pulogading. Bagi kamu yang doyan makan ikan, maka kamu harus berbelanja ikan di Bulakamba ini. Ikan ikan diperoleh langsung dari laut sehingga masih banyak yang fresh.

15. KALIBAYA PARK


Wisata Brebes Kalibaya ini terletak di atas Puncak Malio atau Gunung Lio. Pesona alam yang disajikan oleh Kalibaya Park sangatlah menawan dengan view Waduk Malahayu. Kalibaya Park dilengkapi juga dengan fasilitas outbound, gardu pandang, menara pantau, komodo track dan juga ATV, serta padang Savana yang begitu luas.

 



16. CURUG AWU BREBES


Selain wisata Brebes Kalibaya, ada juga Curug Awu yang cukup menarik dikunjungi. Keberadaan Curug ini mampu mensejahterakan masyarakat karena bisa menghasilkan pendapatan bagi warga sekitar. Keindahan dan kesejukan udaranya masih sangat alami. Curug Awu memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan air yang jernih.

 



17. CURUG BENTAR BREBES


Tempat wisata alam di Brebes berikutnya berada di Desa Bentar, maka dari itu dinamakan curug Bentar. Tempat ini selalu ramai saat liburan tiba karena pengunjungnya akan diajak merasakan sensasi melompat dari atas tebing.

 



18. CURUG BASA BREBES


Tempat wisata di Brebes Jawa Tengah yang satu ini hampir sama dengan Curug Bentar, menyajikan keindahan fenomena alam yang menarik dan masih berhawa segar dan sejuk. Airnya yang begitu jernih membuat para pengunjung betah berlama lama bermain di Curug Basa ini.


19. HUTAN MANGROVE PANDANSARI


Wisata Brebes mangrove memang dibuat guna menanggulangi abrasi pantai yang makin meluas di pesisir Pantai di wilayah Brebes. Selain itu, hutan mangrove ini juga menjadi tempat beberapa biota laut selain sebagai tempat wisata trackking. Jangan lupa membawa lotion karena saat menyusuri jalur trackking di hutan mangrove ini akan kamu temui banyak nyamuk.




20. BUKIT PANENJOAN SALEM


Tempat wisata di Salem Brebes berikutnya berlokasi di pinggir jalan raya Desa Windusakti-Capar. Tempat ini merupakan lokasi yang pas untuk melihat sunrise di Kabupaten Brebes. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola cukup banyak, seperti kursi duduk, warung makan, dan juga gardu pandang. Gardu pandang inilah yang selalu laris menjadi spot foto para wisatawan secara bergantian.

 



21. Taman Wisata Gunung Lio


Selain wisata Brebes hutan mangrove, di wilayah utara ada Gunung Lio yang berada di tengah tengah Salem dan Banjarharjo. Gunung Lio dikenal sebagai bumi perkemahan yang juga berfungsi sebagai daerah penyangga air bagi wilayah Kabupaten Brebes. Puncak Gunung Lio selalu menjadi destinasi wisata para warga masyarakat Brebes baik tua maupun muda tidak peduli hari biasa maupun akhir pekan.



22. CURUG PANYUSUHAN


Tempat wisata di daerah Brebes Jawa Tengah yang satu ini berlokasi di hulu sungai Ci Gunung tidak jauh dari Desa Windusakti dan Tembong Raja. Di dekat Curug Panyusuhan juga terdapat 7 curug lainnya yang indah dan dapat ditempuh hanya dengan jalan kaki saja. Wah, bisa melakukan curug hopping nih di tempat ini. Seru!

 



23. DANAU BEKO


Selain wisata Brebes Salem, ada juga Danau Beko di Brebes yang juga terkenal. Danau yang terletak di Desa Margasari ini cukup unik karena berasal dari kerukan mesin Beko yang sudah terbengkalai. Galian yang berada di sembarang tempat lalu membentuk sebuah danau kecil yang eksotis.

 



24. Curug Rambukasang


Objek wisata di Brebes berupa curug memang cukup banyak, salah satunya Curug Rambukasang Ciseureuh Ketanggungan ini. memiliki ketinggian sekitar 10 meter membuat curug yang satu ini wajib untuk dikunjungi. Letaknya tepat berada di Lereng Gunung Kumbang sehingga hawanya sangat sejuk dan udaranya masih segar alami. Di bawah air terjun terdapat kolam sedalam 4 meter layaknya sebuah telaga.



25. GOA JEPANG


Goa Jepang di Brebes berada dalam satu lokasi yang berdekatan dengan Telaga Renjeng dan juga Kebun Teh Kaligua yang cukup terkenal. Kamu bisa merasakan sensasi magis saat masuk ke dalam Goa Jepang yang bersejarah ini.

26. BUKIT BAPER


Wisata Brebes bukit baper berada di Desa Batursari, Sirampog dan tergolong masih baru. Mengusung sebuah konsep yang sedang hits di masyarakat dengan menyajikan sebuah spot berswafoto dari ketinggian yang terbuat dari bambu.


27. JEMBATAN SAKALIBEL


Tempat wisata di Brebes ini sebenarnya hanya sebuah jembatan kereta yang masih digunakan sampai sekarang. Biasanya orang orang akan berfoto dengan background jembatan Sakalibel ini atau memfoto jembatan lengkap dengan kereta api yang sedang melintas. Sungguh suatu tempat yang bagus dikunjungi oleh kamu kamu yang hobi fotografi. Jembatan ini sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1917 dan membentang panjang di atas sungai Kawuh yang ada di kawasan Bumiayu, Brebes.


28. SENTRA PENGHASIL BAWANG MERAH BREBES DI LARANGAN


Tempat wisata di Kab Brebes selanjutnya membuat Brebes dijuluki sebagai kota bawang. Daerah ini merupakan sentra penghasil bawang merah yang sangat terkenal. Sebut saja Desa Larangan, pasti orang orang sudah tahu. Desa ini berada di jalur alternatif Jogja-Jakarta sehingga banyak wisatawan yang mampir ke Desa ini untuk membeli bawang merah maupun sekedar melihat pemandangan sawah tanaman bawang yang begitu luas dan cantik.


29. CURUG SINDANG HEULA


Wisata Brebes 2017 ini masih perawan dan sangat alami belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Curug cantik yang ada di Desa Sindangheula ini menyuguhkan derasnya mata air yang jatuh dari ketinggian dengan suasana yang masih sangat alami. Airnya sangat jernih dan dingin. Curug Sindang Heula memang tidak terlalu tinggi namun cukup cantik untuk dinikmati keindahannya.

30. GUNUNG MARUYUNG


Sebelum mengunjungi tempat wisata Tegal, ada baiknya kamu mampir ke tempat wisata Gunung Maruyung yang menyajikan hamparan perkebunan pinus yang eksotis. Terletak di perbatasan Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes, Gunung Maruyung bisa ditempuh dari pusat kota Brebes dengan jarak sekitar 80 km. Cukup jauh, namun setelah sampai di tempat ini dijamin kamu tidak akan pernah menyesal melakukan perjalanan begitu jauhnya. Ada beberapa spot wisata yang terletak di sekitar Gunung Maruyung seperti Kramat Mungkal Banteng dan Mata Air Tuk Bening serta beberapa wahana outbound yang seru.

31. DREAMLAND PAKUJATI


Tempat wisata di Brebes dan Tegal yang cukup terkenal ini memang sering dijadikan tempat untuk berenang oleh para warga sekitarnya. Dreamland Pakujati merupakan nama sebuah kolam renang yang letaknya cukup strategis dan tidak pernah sepi pengunjung. Fasilitas yang disediakan di kolam renang ini cukup lengkap meskipun sederhana. Selain itu, tiket masuknya juga murah sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

32. KOMPLEKS MAKAM AMANGKURAT 2


Wisata Kota Brebes ini sebenarnya lebih dekat dengan Kota Tegal. Kompleks makam ini berlokasi di tengah perkampungan dan sering didatangi oleh orang orang yang ingin berziarah baik dari dalam Kota Brebes, Kota Tegal, maupun kota kota di sekitarnya. Mereka datang ke kompleks makam ini dengan berbagai tujuan. Kompleks makam ini menyimpan sejarah yang cukup panjang jika diceritakan. Jika kamu penasaran, kamu bisa mencari tahu sejarahnya dengan bertanya pada Juru Kunci Makam Amangkurat tersebut.

33. PULAU CEMARA SAWOJAJAR BREBES


Pulau Cemara terletak di kawasan pantai utara dengan panjang sekitar 5 km dan lebar 120 meter. Wisata Brebes Utara ini menawarkan pemandangan yang cukup indah berikut pantainya yang berombak tenang. Di lokasi ini kamu juga bisa berburu tiram secara gratis untuk diolah menjadi kuliner enak dan lezat. Kawasan wisata ini masih sangat berpotensi untuk dikembangkan karena fasilitasnya masih sangat minim. Meskipun begitu, tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung di akhir pekan maupun hari libur.

34. WISATA ALAM PULAU HANTU SIGEMPOL


Namanya memang fenomenal karena terletak di daerah Sungai Tanyep Sigempol, Randusanga Kulon yang terkenal banyak hantunya. Banyak sekali cerita horor yang berasal dari wilayah tersebut. Hal itu mengilhami warga sekitar untuk membuat sebuah wisata bertajuk Wisata Alam Pulau Hantu Sigempol di tempat yang terkenal angker. Paket wisata ini memadukan wisata alam dengan wisata kuliner menjelajahi kawasan muara sungai Tanyep yang terkenal akan cerita horornya. Tempat wisata ini terbagi menjadi 4 zona, yaitu Zona Kekuasaan Buaya Putih, Zona Semburan Hantu Banaspati, Zona Kekuasaan Kuntilanak, dan Zona Kekuasaan Blekecempong sesuai jenis hantu yang katanya pernah muncul di masing masing daerah. Penasaran? Langsung saja datang ke Pulau Hantu Sigempol dan rasakan sendiri berwisata sembari melihat hantu.

Cukup banyak tempat wisata di Brebes yang menarik untuk dikunjungi. Karena wilayahnya berdekatan dengan Pemalang dan Purbalingga, tidak ada salahnya kamu mampir juga ke beberapa tempat wisata Pemalang dan juga tempat wisata Purbalingga yang menarik untuk dikunjungi. Share juga keseruanmu berlibur di daerah daerah wisata tersebut ke sosial media agar tempat wisatanya semakin ramai dikunjungi para wisatawan dan semakin dikenal.

:D


Posting Komentar untuk "Daftar Lengkap Tempat Wisata Di Brebes yang cocok untuk Kumpul Keluarga"