Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Foto Milky Way atau Galaxy dan Star Trail hanya dengan HP Update 2021

CARA FOTO MILKYWAY

Pernah gak sih kalian nonton langit waktu dini hari tiba-tiba melihat langit berwarna merah atau coklat kayak galaxy? Hal ini bisa dilihat saat naik gunung atau saat kondisi malam sangat gelap tidak ada lampu apapun dan tidak ada awan atau sinar bulan.
Saya sendiri hanya waktu kecil bisa melihat fenomena ini dan seiring berjalannya waktu karena tinggal di perkotaan jadi mustahil melihat langsung hal seperti ini.

Nama langit yang sangat indah tersebut adalah milkyway. Atau Galaxy Bima Sakti.

Awalnya saya berfikir untuk memfoto langit seperti ini dibutuhkan kamera yang sangat canggih dengan harga jutaan rupiah. Eh ternyata bisa menggunakan HP bahkan sekelas Xiaomi 2 jutaan loh!

Apa itu foto Milky Way?

biar gambar langsung yang menjelaskan..




Edyan masak sih bisa foto galaxy kayak gini?

Bisa banget! Kita bisa memfoto mily way lengkap kayak gini hanya dengan HP atau smartphone kalian! Tapi ada syaratnya.. Silahkan baca dengan lengkap ya guys!!

Kalian tetap butuh yang namanya HP guys. Dan gak semua HP support long exposure. Eits tapi tenang aja, aku udah rangkum semua HP apa aja yang bisa digunakan untuk foto seperti ini.. langsung aja nih cek di bawah.

HP APA SAJA YANG SUPPORT LONG EXPOSURE? Silahkan klik link berikut

Oke berikut cara foto milky way secara singkat nih :

Oke setelah kalian udah punya salah satu HPnya, kalian langsung aja liat aja tutorialnya di bawah ini...

1. Pastikan HPmu sudah support (ada mode PROnya) silahkan lihat list diatas
2. Pastikan langit gelap TIDAK ADA BULAN. 
Kalian tidak akan bisa memfoto milky way atau galaxy saat ada bulan apalagi bulan purnama. Syarat foto milky way adalah kita di tempat yang sangat minim cahaya. Di tempat segelap mungkin yang jarang sekali ada polusi cahaya. Jika ada bulan maka langit akan terang dan milky way tidak akan bisa di foto dengan cara apapun.. kecuali teropong bintang 
3. Pastikan kamu mempunyai TRIPOD 
Tripod tidak wajib, saat foto membutuhkan waktu sekitar 15-30 detik dan HP tidak boleh bergerak. Selain tripod, HP bisa disandarkan ke tanah atau tempat datar lainnya. Intinya HP diletakkan saat proses foto, jangan dipegang menggunakan tangan karena hasil akan berantakan karena kita menggunakan long exposure, jadi kita foto langit selama 30 detik.
4. Settingan Foto begini:

Keterangan mode pro kamera HP

WB adalah white balance (abaikan)
F adalah FOCUS (pilih gambar gunung atau infinity)
S adalah Shutter (Lama kamera jepret, kalau bisa diatas 20 detik)
ISO adalah bukaan kamera, semakin kecil semakin kecil kamera menyerap cahaya

Jika kalian sudah di tempat gelap, bintang terlihat, tidak ada awan, tidak ada bulan. Hal ini sudah mendukung sekali untuk foto langit.

Settingan HP untuk foto long exposure milky way adalah

- SET TIMER 5 detik 
- ISO sekecil mungkin (bisa diulang-ulang fotonya dari iso 50 sampai 500 atau bahkan 1500) intinya coba-coba terus sampai dapat dengan settingan berbeda.
- Time Exposure LAMBANG S (SHUTTER)
Shutter wajib klik terpanjang mulai dari 30 detik atau 15 detik atau lebih panjang.
Kalian harus menggabungkan semua itu dan cari kondisi yang paling pas. Di bolak balik gitu maksudnya. iso, shutter diubah sesuai kondisi yang pas. Kalo pas foto gak keliatan ya diubah lagi settingannya sampai mantap. dan ingat, kalian wajibn menggunakan timer dan tripod atau HP diletakkan, jangan dipegang.

Apa itu Star Trail?

Dalam astrofotografi foto startrail merupakan salah satu teknik long exposure yang memanfaatkan jejak pergerakan bintang. Sebenarnya ini merupakan pergerakan semu karena sejatinya bumi yg berputar sehingga bintang-bintang tampak bergerak.
Untuk mendapatkan foto star trail menggunakan Smartphone, syarat yang pertama adalah ponsel atau smartphone harus support long exposure.
Dan ini dia cara lain lebih lengkap gimana cara kita bisa foto startrail atau bintang berjalan...

1. Menggunakan APLIKASI DI PLAYSTORE

Mode Interval.

Tekhnik ini sepertihalnya Intervalometer yg digunakan pada DSLR, fungsinya untuk mengatur jarak waktu antar foto yg di ambil (interval/jeda). Aplikasi yang menyediakan interval diantaranya Bacon camera & freedcam, bisa juga menggunakan aplilasi intervalometer.

2. Manual Shutter

Jika tidak bisa menggunakan interval, kita juga bisa secara manual, teknik ini mengharuskan kita menekan shutter secara manual, yang berarti kita harus menekan shutter terus menerus hingga berapa lama waktu yang kita inginkan. Karena menekan langsung shutter pada Hp sangat rentan getaran, sangat penting untuk menggunakan shutter eksternal semisal: Headset / Tomsis (tombol narsis yang biasa di jual di pasaran).

3. Fitur Bawaan Kamera Smartphone.

Beberapa merek smartphone sudah menyematkan fitur menarik dalam kamera bawaanya. Diantaranya adalah fitur untuk membuat foto startrail, dalam fitur ini kita hanya cukup memencet shutter sekali saja dan kamera smartphone akan mengambil gambar dan memprosesnya secara langsung menjadi startrail. Biasanya sudah ada pilihannya di HP Huawei, Xiaomi yang tipe mi10/ mi10t atau yang udah tinggi gitulah. tinggal klik, hp taruh di tripod dan tada... bintang akan kelihatan.

Lebih enak mana?

Semuanya enak.. yang penting HP support hahaa

Settingan?

Kita bisa menggunakan Iso mulai 400 - 1600. Untuk Shutter speed kita bisa menggunakan Shutter maksimal Smartphone kita, misal 2s, 4s, 30, 64 atau bahkan infinity. Nilai Shutter speed dan Iso saling mempengaruhi hasil foto. Sedangkan fokus kita buat infinity.
Setelah ISO, Ss, fokus, kemudian setting interval (opsional) Interval kita bisa menggunakan kisaran 3-7 detik, interval lama akan membuat trail bintang akan tampak putus-putus.
Waktu pengambilan terserah kita, mau berapa lama kita mengambilnya. 1 jam, 2 jam, 3 jam terserah. Semakin lama semakin panjang startrail yang didapatkan. Jangan lupa gunakan tripod, usahakan yangg kokoh + pastikan batre smartphone mencukupi + Memori juga mencukupi.
Arah terbaik untuk foto Star trail adalah Arah selatan / Utara. Selatan bisa menggunakan acuan Rasi crux, Utara bisa menggunakan acuan Polaris.Berhubung Indonesia berada di sekitar Khatulistiwa maka kita akan mendapatkan poros putaran bintang sangat rendah, berbeda dengan negara dengan lintang tinggi.

Penggabungan foto.

Setelah proses pengambilan selesai, kemudian kita gabungkan foto-fotonya menggunakan aplikasi StarTrail photos generator / stacking photo. Bisa di download di google play.
Ditulis oleh Nur Sidqon, Terima kasih sudah sharing ilmu yang luar biasa bermanfaat.
Sampai jumpa di ilmu selanjutnya. Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah.

Posting Komentar untuk "Cara Foto Milky Way atau Galaxy dan Star Trail hanya dengan HP Update 2021"