Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 16 Taman Di Bandar Lampung. Anak-anak pasti Suka!

 Rekomendasi 16 Taman Di Bandar Lampung

Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera dengan banyak sekali tujuan wisata berbagai pilihan. Ibu kota dari Provinsi Lampung terletak di Kota Bandar Lampung dan menjadi ibu kota terbesar dan terpadat dalam urutan ketiga di Pulau Sumatera setelah Kota Medan dan Kota Palembang. Kota Bandar Lampung terletak menghadap ke Teluk Lampung yang merupakan jalur transportasi penting yang digunakan untuk mendistribusikan berbagai macam logistik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera begitu juga sebaliknya.




Wisata Bandar Lampung memang nggak ada matinya. Bahkan ada banyak sekali orang yang mengatakan bahwa Bandar Lampung merupakan kota tujuan bagi warga masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu berlibur mereka terutama pada sesi long weekend tiba. Bagaimana bisa warga Jakarta sebuah Kota Metropolitan malah beramai ramai datang ke Bandar Lampung? Memangnya ada wisata Bandar Lampung apa saja sih? Jika sampai ada yang mengeluarkan pertanyaan tersebut, pasti doi belum tahu potensi wisata yang ada di Bandar Lampung.

Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa Bandar Lampung sangat layak diberi julukan surganya wisata di Indonesia. Karena ada banyak sekali pilihan wisata yang bisa kamu coba kunjungi satu per satu mulai dari wisata alam berupa pantai dan pegunungan hingga wisata modern dan juga wisata klasik. Selain wisata Bandar Lampung yang cukup banyak, kamu juga akan menemukan banyak tempat berupa taman di Bandar Lampung dengan tema yang menarik dan tempat yang masih asri.

Nah apa saja sih taman di Bandar Lampung yang menarik dan bisa kamu kunjungi untuk sekedar bersantai atau berolahraga bersama keluarga dan teman teman? Berikut ini kami mempunyai daftar lengkap yang sudah dihimpun dari berbagai sumber. Yuk disimak!

1.    TAMAN KUPU KUPU GITA PERSADA



Taman kupu di Bandar Lampung bernama Gita Persada mempunyai koleksi berbagai macam spesies kupu kupu sebanyak sekitar 180 spesies. Dalam kawasan taman kupu kupu ini terdapat fasilitas berupa museum kupu kupu, rumah pohon, dan tentunya penangkaran kupu kupu yang bisa menjadi alternatif tempat berwisata bagi kamu warga sekitar Bandar Lampung maupun luar kota Bandar Lampung. Taman Kupu Kupu Gita Persada berlokasi di wilayah Kecamatan Kemiling yang berada di Kaki Gunung Betung tepatnya di Jalan Way Rahman, Desa Tanjung Manis, Kemiling, Bandar Lampung. Jangan khawatir tidak menemukan tempat ini karena lokasinya tepat berada di pinggir jalan sehingga mudah dijangkau darimanapun.

2.    TAMAN SATWA DAN WISATA BUMI KEDATON BANDAR LAMPUNG




Taman hiburan di Bandar Lampung Bumi Kedaton menyuguhkan keindahan taman bernuansa hijau dengan perkampungan yang terletak di wilayah perbukitan. Taman Satwa dan Wisata Bumi Kedaton juga dikenal sebagai penghasil buah buahan seperti durian, manggis, duku, pisang, dan juga palawija. Taman ini terletak di Kampung Batu Putuk daerah Teluk Betung Bandar Lampung yang bisa kamu tempuh sekitar 20 menit dari pusat Kota Bandar Lampung. Di lokasi ini tersedia beragam fasilitas rekreasi keluarga seperti rumah adat Lampung yang dilengkapi dengan beberapa hiburan keluarga lainnya seperti adanya atraksi gajah. Disini pun kamu bisa mencoba menaiki gajah yang dipergunakan untuk atraksi sembari berkeliling lokasi wisata. Selain itu, kamu juga bisa melihat kekayaan fauna Pulau Sumatera di taman ini karena ada banyak sekali fauna yang dipelihara di Taman Satwa dan Wisata Bumi Kedaton Bandar Lampung ini. Tempat ini sangat cocok kamu jadikan alternatif berlibur saat akhir pekan tiba daripada harus jauh jauh ke tempat lain yang tentunya akan banyak menyita waktu dan tenagamu.

3.    WIRA GARDEN



Beralamat di Jalan Wan Abdul Rahman, Batu Putu, Teluk Betung, Bandar Lampung. Wira garden menyediakan fasilitas berupa sumber mata air berasal dari batu besar yang terus menerus mengalir seperti air mancur. konon katanya aliran air ini tidak pernah kering meskipun musim kemarau datang. Ada juga beberapa fenomena alam menarik seperti berbagai macam batu fosil binatang yang terletak di depan Hall. Wira garden merupakan destinasi wisata yang sat menarik di Bandar Lampung yang harus kamu kunjungi.

4.    TAMAN HUTAN RAYA WAN ABDUL RACHMAN



Lokasi Taman Hutan Raya atau disingkat TAHURA Wan Abdul Rachman tepatnya berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Keliling berdekatan dengan Taman Kupu Kupu Gita Persada yang cukup populer di Bandar Lampung. TAHURA Wan Abdul Rachman selain digunakan sebagai tempat rekreasi, juga sering dijadikan tempat untuk menyelenggarakan acara acara tertentu seperti gathering maupun perkumpulan lainnya. TAHURA ini mempunyai 4 konsep besar yaitu berupa penangkaran rusa, penangkaran kupu kupu, agroforestry, dan juga kampung durian. Luas TAHURA ini mencapai 11.000 hektar yang dilengkapi juga dengan viewing platform berupa balkon dari susunan kayu di atas sebuah pohon besar yang menyajikan keindahan panorama di bawah TAHURA tersebut. meskipun view yang ditawarkan masih berupa pepohonan yang lebat dan belum sebersih viewing platform di Kali Biru Yogyakarta, namun tempat ini recommended untuk didatangi bagi kamu yang sedang berjalan jalan di sekitar Bandar Lampung.

5.    TAMAN DIPANGGA

Taman Dipangga Kota Bandar Lampung berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi, Teluk Betung, Bandar Lampung tepat dibawah Kantor Polda Lampung. Taman ini didirikan pada tahun 1981 dengan luas sekitar 800 meter persegi. Di taman ini terdapat bukti sejarah atau monumen letusan Gunung Krakatu tahun 1883 yang mirip dengan lampu kapal. Sejatinya itu memang merupakan lampu kapal yang terdampar dan terbawa arus tsunami setelah letusan Gunung Krakatau di tahun 1883 silam. Fasilitas yang disediakan Taman Dipangga cukup sederhana, hanya monumen tersebut yang menjadi daya tarik pengunjung.

6.    TAMAN HUTAN KOTA WAY HALIM BANDAR LAMPUNG



Taman Hutan Kota Bandar Lampung ini sekarang bukanlah tempat wisata yang ramai dikunjungi sebagaimana tahun 2011 silam karena adanya peralihan hak dari Pemerintah Kota Bandar Lampung kepada pihak ketiga. Pasalnya di kawasan ini dalam Perda Lampung diperuntukkan untuk kawasan Ruang Terbuka Hijau, namun sejak pihak ketiga mengambil alihnya, wilayah ini menjadi terbengkalai dan tidak jelas peruntukkannya. Ada isu yang berhembus bahwa tanah ini akan dijadikan pusat bisnis sehingga rencana menjadikan Taman Hutan Kota Way Halim menjadi paru paru kota Bandar Lampung masih belum bisa direalisasikan.

7.    TAMAN AMALILAH

Taman di Bandar Lampung yang satu ini bisa kamu jadikan salah satu alternatif berlibur di akhir pekan karena suasanya cukup menarik. Berikut foto Taman Amalilah yang diambil dari akun instagram salah satu netizen.


Source : instagram @jhony_andi98

8.    TAMAN PURBAKALA PUGUNG RAHARJO

Wisata edukasi di Bandar Lampung ini berlokasi di Desa Pugung Raharjo, maka dari itu tempat ini lebih terkenal dengan nama Taman Purbakala Pugung Raharjo. Untuk mencapai tempat ini, kamu harus berkendara sejauh 52 km dari pusat Kota Bandar Lampung. Begitu sampai di Taman Purbakala Pogung Raharjo, kamu akan disajikan berupa berbagai macam benda bersejarah yang berasal dari zaman purbakala seperti kuburan batu, altar batu, meja batu, dan bahkan juga batu mayat. Mungkin bagi sebagian anak muda, tempat wisata ini kurang begitu dapat dinimati. Namun, Taman Purbakala Pogung raharjo merupakan edukasi sejarah yang paling baik di Bandar Lampung bagi generasi muda dan anak-anak.

9.    TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS




Taman bagus di Bandar Lampung ini sangat identik dengan binatang gajah. Taman Nasional Way Kambas yang biasa disingkat dengan nama TNWK ini tepatnya berada di wilayah Lampung Timur yang menjadi taman perlindungan satwa berupa Gajah Sumatera bernama latin Elephas Maximus Sumatranus. Satwa ini perlu memperoleh perlindungan karena saat sekarang jumlahnya sudah mulai berkurang. TNWK berdiri sejak tahun 1985 merupakan sekolah untuk gajah yang pertama di Indonesia dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG), namun sejak beberapa waktu terakhir namanya diubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang mempunyai tujuan agar mampu menjadi suatu pusat konservasi gajah baik itu dalam hal penjinakan, pelatihan, pengembangbiakkan, dan juga konservasi tentunya. Saat ini TNWK sudah melatih sekitar 300 ekor gajah yang tersebar di seluruh Tanah Air. Eksistensi Way Kambas di Bandar Lampung ini sejatinya mirip dengan keberadaan Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan tempat konservasi dan perlindungan satwa badak bercula satu.

10. TAMAN WISATA ALAM WAWAI



Tempat wisata yang satu ini berkonsep wisata alam yang saat ini sedang populer di Bandar Lampung. Berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 5 hektar, taman wisata alam Wawai setiap hari selalu ramai kedatangan pengunjung yang terdiri dari berbagai macam usia. Taman Wisata Alam Wawai berlokasi di Jalan Raden Imba Kusuma Ratu Sukadanaham, Tanjungkarang Barat, Kota Bandar Lampung. Terletak di daerah dataran tinggi membuat tempat ini mampu menyuguhkan panorama kota Bandar Lampung dari ketinggian beserta Teluk Lampung yang canti. Ada beberapa zona di taman ini seperti Amphitheatre, Teepee Dinner, Camping Ground, dan juga Secret Garden.

11. TAMAN REKREASI PANTAI DUTA WISATA



Terletak di Jalan Laksamana R.E. Martadinata tempat ini termasuk pantai dengan tepian berkarang sehingga cocok dijadikan spot melakukan aktivitas olahraga air. Berbagai fasilitas disediakan di Taman Rekreasi Pantai Duta Wisata ini, seperti jetski, banana boat, kano, dan juga sepeda air. Terdapat pondok pondok di sepanjang garis pantai yang bisa kamu jadikan tempat bersantai setelah lelah melakukan olahraga air yang menguras tenang. Taman rekreasi ini juga cocok dijadikan spot memancing bagi kamu yang hobi memancing.

12. TAMAN TABEK INDAH



Taman Tabek Indah berlokasi di Kabupaten Lampung Selatan yang mempunyai jarak sekitar 15 km dari ibukota propinsi Bandar Lampung. Taman bermain di Bandar Lampung Tabek Indah ini mempunyai beragam sarana permainan dan fasilitas yang mumpuni seperti kolam renang lengkap dengan fasilitas outbound dan juga berdekatan dengan beberapa penginapan di wilayah Bandar Lampung. Bisanya kolam renang di Taman Tabek Indah ini selalu ramai dikunjungi oleh para warga sekitar di akhir pekan maupun beberapa turis yang mengisi waktu luangnya dengan berlibur panjang bersama keluarga dan menginap di sekitaran lokasi Taman Tabek Indah berada.

13. TAMAN BUNGA FANVA



Taman bunga di Bandar Lampung berlokasi di Jalan Pagar Alam atau dikenal dengan PU ini merupakan sentra tanaman hias. Taman Bunga Fanva sebenarnya merupakan nursery yang menjual berbagai macam bunga hias dan bibit buah buahan serta pupuk yang digunakan dalam berkebun. Di tempat ini, kamu bisa mencari berbagai jenis tanaman hias seperti anggrek dendrum dengan harga 25.000 rupiah saja. Sedangkan untuk anggrek bulan dibanderol dengan harga sekitar 75 sampai 150 ribu rupiah. Bahkan disini juga tersedia berbagai macam pohon bonsai dengan berbagai macam ukuran dan tentunya harga yang berbeda beda mulai dari 150 ribu sampai dengan 3,5 juta rupiah.

14. TAMAN WISATA LEMBAH HIJAU



Taman wisata di Bandar Lampung yang tergolong baru ini mulai beroperasi pada tahun 2006 silam. Dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 30 hektar, taman wisata ini menyajikan konsep berupa cagar alam yang dipadu dengan wisata bduaya dan juga adat. Kamu bisa menikmati berbagai macam tempat rekreasi berikut permainan air yang lengkap di tempat ini. Dilengkapi dengan waterboom dan juga kebun binatang mini, taman yang satu ini tentunya tepat dijadikan tujuan wisata bagi keluarga yang berasal dari Bandar Lampung. Untuk dapat masuk dan menikmati keindahan Taman Wisata Lembah Hijau kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup membayar 10.000 rupiah per orang saja dan jika ingin mencoba berbagai macam wahan airnya kamu dikenai biaya sebesar 35.000 per orang. Cukup murah dan menarik bukan? Tunggu apalagi segera masukkan agenda berkunjung ke Taman Wisata Lembah Hijau Bandar Lampung ini dalam list kegiatan kamu di akhir pekan siapa tahu bisa mengusir rasa penat dan lelahmu setelah seminggu bekerja.

15. TAMAN SAKAY SAMBAYAN



Taman kota di Bandar Lampung ini terletak di kawasan Stadion Pahoman Bandar Lampung. Taman ini diharapkan dapat melengkapi sarana stadion yang biasanya dipakai untuk menyelenggarakan pertandingan olahraga maupun kegiatan lainnya dalam berbagai level baik itu daerah maupun nasional. Dibuatkannya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan Stadion dan akan diberi nama Taman Sakay diharapkan dapat menambah daya tarik kawasan Stadion Pahoman Bandar Lampung sehingga bisa kembali berfungsi layaknya stadion stadion lainnya di kota kota besar.

16. TAMAN AGRO WISATA TULANG BAWANG BARU

Tempat wisata Bandar Lampung lainnya yang berbeda dengan taman taman sebelumnya adalah Taman Agro Wisata Tulang Bawang Baru. Di tempat ini, kamu bisa menikmati berbagai macam keindahan yang disuguhkan oleh alam sembari melihat cara menanam bermacam macam tanaman seperti tanaman buah terdiri dari kelengkeng, durian, mangga, jeruk, dan banyak tumbuhan tumbuhan lainnya. Taman Agro Wisata Tulang Bawang Baru terletak di atas tanah dengan luas sekitar 64 hektar dan menjadi lokasi wisata baru di Bandar Lampung yang wajib kamu kunjungi  karena disini kamu bisa bersantai sekaligus belajar berkebun.

Sekian informasi mengenai daftar taman di Bandar Lampung yang bisa kamu jadikan destinasi berlibur di akhir pekan maupun tempat bersantai di sore hari. Jangan lupa untuk selalu menjaga keindahan dan keasrian tempat wisata dan juga beberapa taman yang ada di daerahmu ya agar kelak generasi mendatang juga dapat menikmati keindahannya.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi 16 Taman Di Bandar Lampung. Anak-anak pasti Suka!"