Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Makanan Khas Gorontalo Yang Wajib Anda Coba! Justin Beiber Sampe Jatuh Cinta!

11 Makanan Khas Gorontalo Yang Wajib Anda Coba



Gorontalo yang merupakan salah satu propinsi paling muda di Indonesia ini memiliki beragam makanan khas Gorontalo yang dapat anda jadikan destinasi untuk wisata kuliner. Kota ini menyimpan aneka makanan khas yang unik dan juga lezat. Berikut ulasan mengenai makanan khas Gorontalo dan resepnya yang wajib anda simak.



1. Ayam Iloni


Bagi anda penggemar kuliner pedas, anda harus mencoba makanan khas daerah Gorontaloyang satu ini. Sepintas sajian Ayam Iloni ini hampir mirip dengan sajian Ayam bakar di daerah lain pada umumnya. Yang membedakan makanan khas Gorontalo ayam iloni dengan Ayam bakar pada umumnya adalah pada racikan bumbunya. Ayam Iloni ini sangat didominasi racikan bumbu rempah rempah antara lain bawang merah, bawang putih,kunyit, jahe, kemiri, dan bahan lainnya. Yang menjadikan hidangan ini khas adalah sebelum dimasak, daging Ayam direndam dalam santan terlebih dahulu. Cara memasaknya pun dengan dipanggang bukan dibakar. Inilah yang memberikan cita rasa khas yang dirindukan wisatawan. 




2. Binte Biluhuta


Makanan khas Gorontalo binte biluhuta ini dibuat dari bahan asar jagung. kata ” Binte “ memiliki arti Jagung, sementara kata ” Biluhuta “ bermakna disiram, sehingga Binte Biluhuta berarti Jagung yang disiram. Di pulau Sulawesi, hidangan ini juga dikenal sebagai makanan khas Gorontalo milu siram. Sepintas Binte Biluhuta ini hampir sama dengan bubur manado, yang sama sama berkuah dengan isian suwiran ikan juga aneka sayur. Yang membedakan adalah bahan bakunya , jika bubur manado dibuat dari singkong atau beras, Binte Biluhuta merupakan makanan khas Gorontalo dari jagung putih ketan, dicampurkan kelapa parut, udang juga suwiran ikan cakalang, lalu diguyur kuah dengan bumbu rempah khas Gorontolo. Binte Biluhuta sangat nikmat disantap ketika masih hangat. 





3. Ilabulo


Bila anda ingin menyantap hidangan yang tak terlalu berat namun dapat mengganjal perut, maka makanan khas Gorontalo ilabulo ini patut anda coba. Ilabulo dibuat dari bahan dasar sagu dan hati ayam yang dimasak dengan santan. Sepintas hidangan ini mirip dengan pepes, namun jika anda mencobanya, pasti anda akan tau perbedaannya.




4. Kue Sabongi


Makanan khas provinsi Gorontaloberikutnya adalah Kue Sabongi. Kue Sabongi merupakan salah satu kudapan ringan khas Gorontalo yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang masyarakat Gorontalo, bahkan konon katanya kue ini telah ada sejak jaman kerajaan Gorontalo. Kue ini berbahan dasar pisang dan singkong. Meskipun hanya berbahan dasar pisang dan singkong, namun kue ini memiliki rasa dan daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Resep makanan khas Gorontalo ini pun cukup sederhana sehinggatak mengherankan bila banyak orang menggemari kue yang satu ini.




5. Tili Aya


Tili Aya merupakan kuliner khas Gorontalo yang hanya dapat anda temukan di acara acara adat saja. Biasanya, sajian ini dihidangkan dengan nasi maupun makanan pokok lainnya. Sebenarnya makanan khas Gorontalo dan cara pembuatannya inicukup gampang. Tili Aya menggunakan bahan baku gula merah, yang mana gula merah tersebut diadoni dengan santan dan beberapa butir telur. Lalu dikukus hingga matang.






6. Bilenthango


Bilenthango merupakan satu dari macam macam makanan khas Gorontalo yang cukup digemari masyarakat. Berbahan baku Ikan Mujair, hidangan ini disajikan dengan proses pembuatan yang terbilang unik yaitu setengah di panggang atau di goreng. Mula mula ikan mujair dibelah dua bagian, lalu dipanggang atau digoreng dengan api kecil di atas lembaran daun pisang yang telah diolesi dengan minyak goreng. Setelah itu ikan dibumbui beragam rempah dengan cara disiramkan sedikit demi sedikit sehingga bumbunya meresap sampai ke dalam.





7. Perkedel Nike


Makanan khas Gorontalo dan penjelasannya yang satu ini wajib anda simak. Ini bukan satu merk dengan sepatu lho ya. Jika biasanya perkedel dibuat dengan bahan dasar kentang yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan telur atau daging cincang ditambah irisan daun bawang, juga daun seledri. Di Gorontalo ada perkedel unik yang dibuat dari bahan dasar ikan nike. Ikan nike adalah ikan yang berukuran mungil mirip seperti ikan teri. Ikan ini merupakan salah satu ikan endemik yang berhabitat di danau Tondano. Perkedel ikan nike ini sebenarnya dapat anda buat sendiri dengan mudah. Bahan yang digunakan perkedel nike diantaranya adalah ikan nike,telur, tepung terigu, bawang merah, daun bawang, garam, bawang putih, dan juga merica. 





8. Kue Pia Saronde


Kue pia Saronde masuk ke dalam daftar makanan khas Gorontaloyang wajib anda bawa pulang sebagai buah tangan utuk kerabat di rumah. Kue pia saronde merupakan camilan khas Gorontalo yang memiliki rasa yang gurih nan lezat dan bertekstur renyah. Nama saronde sendiri diambil dari nama sebuah pulau yang ada di propinsi Gorontalo yang dijuluki the hidden paradise yang tersohor akan keindahannya. Anda bisa mendapatkan kue pia saronde ini di Jalan Sultan Botutihe 29, Gorontalo tepatnya di Depan Gorontalo Mall.







9. Kue Kerawang


Jika makanan khas betawipunya kue tete dan kue lumpur, di Gorontalo ada kue unik yang bernama kue kerawang. Kudapan yang berupa kue kering ini memiliki penampilan yang cukup unik dan menarik. Kue ini terdiri dari dua bagian atau dua keping yang bagian atasnya digambar atau dilukis menggunakan tangan dengan gambar aneka dedaunan dan bunga. Kemudian di bagian tengahnya diberi isian selai, karamel, kacang, bisa juga cokelat lumer. Kue hanya dapat anda jumpai di Gorontalo ini biasanya menjadi kudapan wajib ketika hari raya Idul Fitri tiba, dimana kue ini selalu diburu oleh tamu yang bersilaturrahim di hari lebaran.



10. Sate tuna


jika di tana toraja ada makanan khas torajaSate Pangarang, di Gorontalo juga ada sate unik yaitu sate tuna. Kedai yang menjajakkan sate tuna dapat anda jumpai di kawasan pantai Gorontalo seperti di Pantai lahilote. Sekilas dari penampilannya sate tuna ini terlihat seperti sate ayam atau sate kambing. Akan tetapi setelah dimakan anda akan merasakan kelembutan daging tuna yang tak anda dapatkan di hidangan sate yang lain. Hidangan ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambalnya. Penggemar sate tentu tak boleh melewatkan hidangan yang satu ini.



11. Es brenebon


Di Sulawesi Utara, brenebon merupakan istilah untuk menyebut kacang merah. Brenebon ini oleh warga Gorontalo sering diolah jadi beraneka sajian lezat, seperti es dan sup. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat sajian ini sering dijadikan menu berbuka puasa di Bulan ramadhan. Es brenebon bukan hanya berisi kacang merah, namun terdiri dari beragam bahan diantaranyasusu cokelat, puding, sirup, juga es serut. Selain untuk berbuka puasa, es ini juga nikmat disantap di siang hari di kala cuaca terik begitu menyengat.


Itu dia makanan khas Gorontalo yang tak boleh anda lewatkan ketikaanda berkesempatan mengunjungi daerah ini. Menyeberang ke pulau sebelah ada kuliner khas nusantara lain yang juga tak kalah enak dan unik. Makanan khas Banjarmasin memiliki beragam kuliner khas yang unik seperti nasi kuning, soto banjar, apam barabai, mandai, dan lain sebagainya. 

bonus foto JB makan ayam hoyeng...



Posting Komentar untuk "11 Makanan Khas Gorontalo Yang Wajib Anda Coba! Justin Beiber Sampe Jatuh Cinta!"