Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Tempat Wisata Di Salatiga dan Ambarawa, Cocok Banget Sama Keluarga

Rekomendasi Tempat Wisata Di Salatiga



tempatwisataindonesia.com - Apa yang anda pikirkan ketika mendengar nama Salatiga? Kota Madya yang terletak di Jawa Tengah ini mempunyai sejarah yang sangat panjang jika diceritakan. Selain itu, wilayah yang berbatasan langsung dengan beberapa tempat wisata Semarang ini mempunyai banyak sekali potensi wisata baik alam maupun budaya yang keindahannya sudah bukan sebuah rahasia lagi.

Ragam budaya dan wisata Indonesia semakin lengkap berkat popularitas obyek wisata di Salatiga. Anda bisa mengagendakan untuk berkunjung ke Salatiga di akhir pekan karena jarak dari satu lokasi wisata ke lokasi wisata lainnya cukup berdekatan.

Pada artikel ini, tempatwisataindonesia.com akan mengulas sedikit rekomendasi tempat wisata di Salatiga yang menarik untuk anda kunjungi di akhir pekan atau hari libur. Langsung saja, berikut ulasannya :

1. ATLANTIC DREAMLAND



Objek wisata Salatiga Atlantic Dreamland menjadi tempat favorit bagi keluarga salatiga untuk menikmati waktu liburan. Terdapat banyak wahana bermain air di Atlantic Dreamland, mulai dari seluncuran beragam ketinggian, water ball, jet coaster, water boom, flying fox dan masih banyak lagi. Atlantic Dreamland berada di jalan Soekarno-Hatta Salatiga. Anda cukup membayar tiket masuk Rp 40.000 per orang untuk menikmati semua wahana yang ada.

2. KOPENG


Selain wisata Salatiga Dreamland terdapat pula wisata di kopeng. Kopeng merupakan wilayah Salatiga yang berada di dataran tinggi di kaki gunung Merbabu. Di Kopeng anda bisa menikmati indahnya gunung Merbabu, selain itu terdapat taman dan hutan pinus yang bisa kamu kunjungi. Bila anda ingin menginap di Kopeng, disini terdapat banyak sekali hotel yang bisa kamu sewa, mulai dari harga Rp 50.000 sampai ratusan ribu rupiah.




3. AIR TERJUN UMBUL SONGO


Wisata air terjun Umbul Songo terletak di desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Salatiga. Air terjun ini berada pada ketinggian 1450 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah akan anda rasakan. Air terjun Umbul Songo mempunyai ketinggian air terjun sekitar 15 m dengan debit air yang cukup deras.




4. SALOKA PARK


Wisata bukit cinta Salatiga adalah wisata baru yang spektakuler dan viral sekarang guys. Gimana tidak? Dia dibangun layaknya seperti dufan di Jawa Tengah dan mempromosikannya dengan sangat masive. Luar biasa, nggak nyangka Jawa Tengah bisa membangun kayak gini. Padahal lokasinya juga nggak kota-kota amat lho. Saloka Park terletak di Tuntang. Hotman Paris Pasti pernah lewat sini heheh. 




5. TAMAN TINGKIR SALATIGA


Selain wisata Salatiga saloka atau atlantic dreamland, salatiga juga punya Taman Tingkir guys, letaknya sesuai namanya, yaitu di Tingkir. Ada apa disini?Salatiga itu hebat, dia membangun seluruh spot di Kotanya menjadi family friendly banget. Bisa kumpul keluarga disini, jogging, menikmati sore hari cari cilok, anak-anak bisa naik mobil listrik juga. Buat foto instagramable banget dah

nih foto-fotonya...



6. PEMANDIAN ALAM MUNCUL


Pemandian Alam Muncul merupakan pemandingan dengan view pemandangan yang sangat indah. Airnya MURNI tanpa pemutih. Air gunung guys! Duingin menggigil renang kesini. Harus siap mental! Pemandian alam muncul berada di atas bukit, sehingga bisa menikmati pemandangan dari atas sembari berenang. Lokasinya ada di dekat Banyubiru. Orang taunya lokasi ini mungkin ada di banyubiru. Nah yang paling Spesial, Di Depan Pemandian Muncul ini ada warung makan legendaris yang banyak banget artis foodvlogger kesini, Contohnya alm. Bondan. Check it out..



Warung Makan Mbak Toen

Nama warungnya mbak toen. Persis di depan kolam renang Muncul. Yang paling terkenal pecel keong, belut dan ikan-ikan kali atau sungai lainnya check it out..


             



7. MUSEUM KERETA API AMBARAWA


Tempat wisata di Salatiga dan Ambarawa yang sudah sangat terkenal adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Sebenernya lokasi ini ada di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Saya bahas dikit aja ya kapan-kapan kita bedah lebih dalam. Museum ini adalah bangunan peninggalan penjajahan Belanda. Didalam museum anda bisa melihat beberapa lokomotif uap pada zaman penjajahan yang masih terawat. Bila anda berkunjung kesini, anda bisa menaiki kereta uap yang disediakan oleh pengelola. Kereta ini akan membawa anda melewati persawahan dan hutan disekitar ambarawa.



8. TLOGO PLANTATION


Tlogo Plantation adalah tempat wisata yang menyediakan resort dan juga wisata alam terpadu. Tlogo Plantation berada di antara jalur Tuntang – Beringin. Di tempat ini, anda bisa mengajak keluarga anda untuk bermain dan belajar agar lebih dekat dengan alam, seperti merawat dan memanen pohon kopi, anda juga bisa bersantai dan menikmati alam di resortnya.

9. GUNUNG MERBABU


Objek wisata di Salatiga Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal bagi para pecinta alam dan pendaki gunung adalah Gunung Merbabu. Gunung ini terletak di 4 kabupaten yaitu kabupaten Magelang, Kabupaten Sleman, Kabupaten Boyolali dan juga Kabupaten Salatiga. Anda bisa mendaki gunung Merbabu dari Salatiga yang terletak di desa Cunthel dan juga desa Tekelan yang berada di kawasan Kopeng.

10. RAWA PENING


Tempat wisata Rawa Pening selain berada di Ambarawa terdapat pula yang berada di Salatiga. Pemandangan Rawa Pening melalui Salatiga tidak jauh berbeda dengan Ambarawa, bahkan bisa lebih indah. Rawa Pening merupakan sebuah danau yang luasnya sekitar 2650 hektar. Anda bisa menggunakan perahu kecil yang disewakan disekitar Rawa Pening. Di Rawa ini terdapat berbagai jenis ikan yang bisa kamu pancing.

11. AGROWISATA SALIB PUTIH


Wisata Salib Putih Salatiga adalah sebuah hotel yang menyediakan berbagai aktivitas bagi wisatawan, mulai dari tempat berenang, taman bermain, out bound, dan juga area untuk camping. Agrowisata Salib Putih berada di jalan Hasanudin km 4 Salatiga – Kopeng. Tempatnya yang berada di dataran tinggi dan akses jalan yang mudah membuat banyak wisatawan yang datang kesini.


12. KOLAM RENANG KALITAMAN


Selain wisata Salatiga Salib Putih terdapat pula kolam renang Kalitaman yang tidak kalah menarik. Kolam renang Kalitaman ini sering juga di sebut kolam renang Kali Gedong adalah kolam renang yang paling tua di Salatiga. Kolam renang ini menyediakan kolam untuk berenang orang dewasa dan juga arena bermain anak berupa seluncuran.

13. MATA AIR SENJOYO


Objek wisata di Salatiga dan sekitarnya juga mempunyai kolam renang yang langsung dari mata air. Mata air ini dinamakan Senjoyo. Kolam yang disediakan di sini cukup luas dan mempunyai air yang sangat jernih karena langsung dari mata air pegunungan. Selain kolam untuk berenang, terdapat arena bermain anak dan out bound yang menarik anda coba.

14. ARROWHEAD PEAK


Wisata Salatiga terbaru 2017 adalah Arrowhead Peak. Tempat wisata ini menyediakan pelatihan berkuda. Bagi anda yang ingin mencoba menunggang kuda, tempat ini mengajarkan cara bagaimana berkuda yang baik, selain itu pemandangan di sekitarnya juga sangat indah. Tempat wisata ini berada di desa Tegal Waton Salatiga.

15. DESA WISATA TINGKIR LOR


Tempat wisata di Salatiga dan sekitarnya yang sangat baik adalah Desa wisata Tingkir Lor. Desa ini telah dinobatkan sebagai “Desa Wisata” oleh pemerintah karena penduduknya yang ramah dan juga sebagian besar penduduknya memiliki UMKM konveksi yang pemasarannya sudah sampai ke berbagai daerah di Indonesia.

16. CAGAR BUDAYA PRASASTI PLUMPUNGAN


Tempat wisata di Kopeng Salatiga yang bersejarah salah satunya adalah Cagar Budaya Prasasti Plumpungan. Prasasti ini berada di desa Plumpungan, Kecamatan Sidorejo Kabupaten Salatiga. Prasasti Plumpungan berupa batu andesit besar yang bertuliskan huruf jawa kuno yang umurnya sekitar 750 tahun masehi.

17. WISATA KULINER MAKANAN KHAS SALATIGA


Wisata kuliner Salatiga, tempat wisata kuliner di Salatiga salah satunya terletak di desa Tingkir. Minuman yang khas di tempat ini adalah wedang ronde. Alamnya yang dingin menambah kenikmatan meminum wedang ronde yang dapat menghangatkan badan.


18. WISATA BELANJA KUE SAGU KERING


Tempat wisata Kota Salatiga berupa makanan khas Salatiga yaitu Kue Sagu Kering terletak di jalan Fatmawati Salatiga. Tempat ini menjadi obyek wisata kuliner khas Saatiga yang mempunyai banyak pengunjung. Di tempat ini anda bisa menikmati enaknya kue sagu dan juga melihat langsung cara pembuatan kue sagu khas Salatiga.

19. WISATA BUDAYA SALATIGA


Salatiga mempunyai banyak acara kebudayaan yang cukup besar. Antara lain yaitu, acara suran Ki Hajar Sampuro, Tirakatan hari jadi Kabupaten Salatiga, Saparan, Kirab budaya dan masih banyak lagi agenda kebudayaan. Salatiga memang pantas sebagai kota wisata budaya.


20. GUNUNG TELOMOYO


Wisata Salatiga Telomoyo menjadi tempat wisata alternatif yang dapat anda kunjungi apabila datang ke Salatiga. Gunung telomoyo berada di ketinggian 1894 mdpl. Gunung ini dikelilingi oleh beberapa gunung seperti gunung merbabu, gunung merapi, gunung andong dan juga gunung ungaran. Anda tidak perlu mendaki untuk mencapai puncaknya, karena sudah terdapat akses jalan yang bisa dilalui kendaraan bermotor.

21. KOPENG CAMPING GROUND


Tempat wisata Kopeng Salatiga Jawa Tengah juga terdapat area Kopeng Camping Ground. Di tempat ini anda disuguhkan area untuk camping dengan pemandangan alam yang asri dan juga hawa yang dingin. Bila anda berkamping kesini, anda serasa sedang berkamping di atas gunung.

22. KOPENG PAINTBALL


Tempat wisata di Salatiga yang berada di Kopeng tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja. Di sekitar Kopeng juga terdapat arena bermain Paintball. Bila anda berwisata bersama teman teman, anda harus mencoba permainan paintball yang berada di kopeng. Keseruan bermain paintball akan menambah kesenangan saat berwisata di Kopeng.

23. KOPENG TREETOP ADVENTURE


Tempat wisata alam di Kopeng Salatiga memang sudah tidak diragukan lagi. Kopeng mempunyai banyak tempat wisata yang menarik salah satunya adalah Kopeng Treetop Adventure. Di tempat ini anda akan ditantang untuk berpetualang dengan ketangkasan di alam pegunungan, selain itu anda bisa menikmati keindahan alam berupa hutan pinus yang rimbun.

24. GOA RUNG TUNTANG


Wisata Salatiga Goa Rong Tuntang adalah wisata dengan pemandangan diatas gardu pandang, banyak orang yang belum tahu tempat ini mengira wisata ini adalah goa.

25. GOA MARIA PERENG


Goa maria Pereng berada di daerah Kopeng. Goa ini adalah goa buatan tempat umat katolik untuk berwisata sembari bersembahyang.

26. HUTAN PINUS KAYON


Wisata Salatiga hutan pinus berada di kaki gunung Merbabu. Disini anda bisa berfoto dengan background pepohonan hutan pinus yang sangat asri dan indah. Pengelola juga menambahkan beberapa properti yang bisa digunakan pengunjung untuk berfoto.

27. LAPANGAN PANCASILA


Lapangan Pancasila merupakan alun alunnya Kabupaten Salatiga. Lapangan Pancasila terletak di desa Kalicacing Salatiga. Banyak jajanan yang tersedia di sekitar alun alun Salatiga ini yang menambah kenikmatan bersantai di Salatiga.

28. CANDI KLERO


Tempat wisata di Salatiga yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Candi Klero. Candi Klero merupakan peninggalan agama Hindu. Candi ini terletak di desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Salatiga. Bangunan candi masih terlihat komplit dan kokoh.

29. BUKIT HARAPAN CUNTEL


Tempat wisata alam Salatiga yang tidak kalah indah adalah bukit harapan Cuntel. Bukit ini berada di jalur pendakian gunung Merbabu via Cuntel. Di tempat ini anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah di atas bukit. Anda cukup berjalan beberapa menit untuk mencapai Bukit Harapan Cuntel.

30. KEBUN BUNGA BANDUNGAN


Wisata Salatiga terdekat dengan Bandungan salah satunya adalah kebun bunga Bandungan. Anda bisa melihat berbagai macam bunga tumbuh di kebun bunga di daerah Bandungan. Berbagai bunga dengan warna yang sangat indah tersedia disini. Anda bisa berfoto bersama warna warni bunga yang ada.

31. POHON PENGANTIN


Pohon Pengantin adalah sebuah pohon yang terletak di tengah sawah yang berada di desa Bancaan Salatiga. Anda bisa mendapatkan foto yang sangat bagus dengan obyek foto pohon Pengantin pada saat matahari tenggelam.

32. WISATA KELUARGA TAMAN KELINCI


Obyek wisata Salatiga hits yang cukup terkenal adalah wisata keluarga Taman Kelinci. Taman ini berada di jalan raya Muncul desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang

33. KOLAM RENANG SIWARAK TIRTO AGRO


Tempat wisata bagus di Salatiga yang berupa tempat berenang salah satunya adalah kolam renang Siwarak Tirto Agro. Di tempat ini terdapat beberapa kolam dengan ketinggian yang berbeda beda. Selain itu, pemandangan dari kolam renang ini sangat indah. Kolam renang ini terletak di Ungaran Barat.

34. PODO PODO AQUARIUM


Wisata daerah Salatiga yang tidak kalah menarik adalah Podo Podo Aquarium. Tempat ini berada di dekat pusat kota Salatiga. Di tempat ini anda bisa melihat cara pembuatan aquarium. Selain itu anda bisa melihat berbagai macam model aquarium dan anda bisa membelinya. Mulai dari yang kecil sampai yang besar, mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah terdapat disini.

35. PUNCAK KENTENG SONGO


Tempat wisata alam di Salatiga yang sudah tidak asing bagi para pendaki adalah Puncak Kenteng Songo. Puncak tersebut merupakan titik tertinggi dari Gunung Merbabu. Pemandangan dari puncak Kenteng Songo sangatlah indah. Untuk mencapai puncak Kenteng Songo anda harus mendaki gunung Merbabu sekitar 7 jam berjalan kaki.

36. BENTENG PENDEM AMBARAWA


Tempat wisata Salatiga dan sekitarnya yang menarik adalah Benteng Pendem Ambarawa. Benteng Pendem ini merupakan benteng bekas Jajahan Belanda yang dahulunya dipakai sebagai benteng pertahanan dan juga penjara oleh Belanda.


37. ALUN ALUN PANCASILA SALATIGA


Wisata malam Salatiga yang dapat anda kunjungi adalah alun alun Pancasila. Banyak pemuda Salatiga yang menghabiskan malam di Alun alun ini sembari menikmati wisata kuliner yang tersaji di sekitar alun alun.

38. MASJID RAYA DARUL AMAL SALATIGA


Wisata Salatiga sekitarnya berupa wisata religi adalah Masjid Raya Darul Amal Salatiga. Masjid ini adalah bangunan baru yang menjadi Masjid Agung di Salatiga. Masijd ini berada di alun alun kota Salatiga.

39. BALAI RESERVOIR WISATA PENGETAHUAN PENYAKIT DUVER


Tempat wisata menarik di Salatiga untuk menambah ilmu pengetahuan adalah Balai Reservoir. Balai ini adalah tempat edukasi penyakit Duver. Tempat ini sering membuat event edukasi seperti Duver Vair yang dihadiri walikota dan Bupati.

40. PEMANDIAN AIR ALAM NAMPAK


Destinasi wisata Salatiga Jawa Tengah berupa pemandian dari mata air pegunungan salah satunya adalam Pemandian Air Alam Nampak. Pemandian ini berada di desa Rawa Boni, Kecamatan Banyubiru. Jaraknya hanya sekitar 10 KM dari pusat kota Salatiga.

41. BUNDARAN JAM KALOKA SALATIGA


Wisata sekitar Salatiga yang selanjutnya adalah Bundaran Jam Kaloka Salatiga. Jam Kaloka ini berada di Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Salatiga.

42. CEMORO SEWU SEPAKUNG


Daftar tempat wisata di Salatiga berupa hutan cemara selanjutnya adalah Cemoro Sewu Sepakung. Tempat wisata ini berada di desa Sepakung Salatiga. Pemandangan di tempat ini sangat asri dan indah.

43. BUKIT BATU UTAMA


Bukit Batu Utama merupakan bukit yang berada di Salatiga. Dinamakan Bukit Batu Utama karena diatas bukit terdapat sebuah batu yang cukup besar. Diatas bukit anda bisa menikmati kota Salatiga dari atas ketinggian.

44. POHON PENGANTIN SALATIGA


Objek wisata Kota Salatiga berupa pemandangan alam yang indah salah satunya adalah Pohon Pengantin Salatiga. Pohon tersebut sangat besar dan hanya berdiri sendiri si tengah area persawahan.

45. CIMORY


Wisata Cimory Salatiga sebenarnya terletak di Kabupaten Semarang ini menawarkan wisata keluarga berupa tempat pemerasan susu langsung dari sapi, selain itu, terdapat taman bermain yang cocok untuk anak anak. Cimory juga menyediakan restauran yang bahan utamanya adalah sapi.

Berdasarkan ulasan mengenai tempat wisata di Salatiga tersebut, anda menjadi lebih paham dan mengenal tentang ragam wisata Salatiga yang bisa dijadikan destinasi untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman teman dekat. Bagi anda yang mempunyai waktu luang berlebih, bisa juga mengunjungi beberapa wilayah Kota atau Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Salatiga sekaligus mengeksplore potensi wisatanya seperti wisata Magelang maupun wisata Temanggung yang jaraknya tidak terlalu jauh dari wilayah Kota dan Kabupaten Salatiga. Cukup sekian ulasan tempat wisata di Salatiga dari kami, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Tempat Wisata Di Salatiga dan Ambarawa, Cocok Banget Sama Keluarga"