Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Ngaku Cinta Bali Jika Belum Mencoba Makanan Khasnya

 

Jangan Ngaku Cinta Bali Jika Belum Mencoba Makanan Khasnya


 

Mendengar nama Bali tentu hampir seluruh warga Indonesia mengetahui tempat yang satu ini. Apalagi Bali juga dikenal sebagai tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para turis karena keindahan alamnya. Akan tetapi sebenarnya tidak hanya itu saja yang dimiliki Bali sebagai ikon wisata. Ada beberapa diantaranya seperti adat istiadat, tempat wisata, dan makanan khas Bali yang legendaris dan terus dilestarikan hingga sekarang. Perlu Anda ketahui memang Bali banyak dikenal sebagai objek wisata paling strategis dan populer dikalangan dunia.  Bagi Anda yang penasaran, ada baiknya kalau menyimak informasi ini lebih mendalam.

Sebagai tempat wisata yang populer, pada dasarnya tidak lengkap jika belum mengetahui makanan khas apa saja yang disajikan di Bali. Bagi Anda yang penasaran, berikut beberapa contoh makanan khas legendaris yang terjaga kelestariannya sampai sekarang.

Ayam Betutu




Jika Anda pernah ke Bali, tentu mendengar nama makanan khas yang satu ini tidak akan asing bagi Anda. Hal ini karena pada dasarnya paling banyak dicari dan dijadikan sebagai makanan yang harus dicoba jika pergi ke Bali. Betutu umumnya adalah sebuah makanan khas Bali berupa ayam atau bebek yang bentuk pengolahannya dikukus atau dipanggang dengan campuran bumbu rempah sehingga nantinya melahirkan cita rasa khas Betutu asli Bali.  Memang hidangan yang satu ini sangat populer di kawasan Bali yang dijadikan objek wisata.

Menjadikan makanan yang enak sebenarnya karena bahan campuran rempah yang dapat dibilang sebagai kunci suksesnya. Pada umumnya bahan rempah yang sering digunakan untuk memberikan cita rasa Betutu adalah bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, cabai, kemiri, lengkuas, terasi, dan kacang yang nantinya semua akan ditumbuk jadi satu menggunakan ulekan. Ketika bumbu yang di ulek sudah halus, maka selanjutnya melalui proses menumis dan di oleskan kepada bebek atau ayam tersebut sebelum dimasak.

Harga ayam betutu setengah ekor berkisar 50-70 ribu rupiah lengkap dengan minumnya. Sudah kenyang banget guys!!

Lawar



Mungkin sebagian orang kurang mengenal masakan yang satu ini walaupun sebenarnya dapat dibilang cukup populer sebagai makanan khas Bali hingga sekarang. Lawar adalah makanan yang umumnya terbuat dari campuran sayuran, kelapa, daging yang dicincang dengan campuran bumbu rempah sebagai penambah cita rasa. Lawar sering ditemukan di tempat makan restoran atau warung-warung di Bali. Akan tetapi perlu Anda ketahui kalau lawae bukan makanan vegetarian karena biasanya lawar lebih dicampur dengan daging cincang atau darah.

Rujak Bulung



Rujak Bulung sendiri dapat dibilang sebagai salah satu makanan favorit yang banyak dicari oleh masyarakat Bali atau turis. Hal ini menjadikan makanan ini mudah ditemukan di warung atau tempat makan lokal. Selain memberikan cita rasa yang bikin nagih, biasanya orang memakan rujak bulung saat kondisi mual karena mampu dipercaya kalau rujak bulung adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah serupa. Jika Anda berkunjung ke Bali, ada baiknya kalau sering mencoba berkunjung ke tempat makan, karena biasanya setiap makanan yang disajikan selalu memiliki cita rasa tersendiri sebagai penambah pengalaman yang tidak terlupakan.

Nasi Tepeng



Hidangan yang satu ini umumnya adalah kuliner tradisional berasal dari Gianyar, Bali. Cara pengolahannya yaitu dimasak dengan campuran bumbu kaya akan rasa dan lada sebagai penambah pedas. Bagi orang yang suka tantangan memakan makanan pedas dan panas, maka Nasi Tepeng adalah rekomendasi yang tepat sebagai makanan khas Bali yang patutnya dicoba. Pada umumnya nasi tepeng sering dijadikan dengan lauk seperti kacang panjang, kacang merah, kelapa parut, daun kelor, dan terong.

Banyak sekali sebenarnya makanan khas yang ada di Bali. Maka dari itu jika berkunjung ke Bali ada baiknya kalau mencoba makanan khas yang ada disana.

Posting Komentar untuk "Jangan Ngaku Cinta Bali Jika Belum Mencoba Makanan Khasnya"