Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penasaran dengan Makanan Khas Maluku? Ini yang Populer

 Penasaran dengan Makanan Khas Maluku? Ini yang Populer



Ketika melakukan wisata ke berbagai macam tempat untuk melepaskan penat, makanan menjadi hal yang harus dicari dengan baik. Anda perlu mencoba berbagai macam makanan khas yang ada. Karena itu, harus tahu makanan khas Maluku yang sesuai juga.

Pilihan Makanan Khas Maluku

Tentunya, ketika wisata ke Maluku, Anda juga dapat melakukan wisata kuliner. Ada berbagai pilihan makanan yang tersedia dengan harga terjangkau juga. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan dalam pembelian. Berikut ini berbagai pilihan makanan khas yang tepat:

Nasi Lapola



Makanan khas Maluku yang satu ini mempunyai nama yang unik dengan makanan yang tidak kalah unik juga. Nasi Lapola sebenarnya merupakan makanan pokok khas Maluku yang akan ditambahkan dengan berbagai macam lauk ketika mulai makan. 

Nasi Lapola terbuat dari parutan kelapa kemudian dicampur dengan beras. Nasi juga akan dibuat dengan menggunakan campuran dari kacang tolo.  Hal ini membuat nasi mempunyai rasa yang gurih dan menjadi lezat karena berbagai macam lauk yang tersedia juga.

Papeda



Berbeda halnya dengan papeda yang ada di Papua, makanan khas Maluku ini tidak dinikmati begitu saja. Jadi, papeda akan dicampurkan dengan kuah ikan kuning yang rasanya menyegarkan juga. Banyak orang yang menyukai makanan ini karena rasa uniknya.

Jadi, papeda akan dijadikan sebagai pengganti nasi dengan teksturnya yang kenyal. Kemudian, akan dituangkan ikan kuah kuning dengan porsi yang besar juga. Karena rasa yang menyegarkan dan gurih, makanan ini mempunyai banyak peminat juga.

Sagu gula



Makanan yang satu ini dapat dikatakan sebagai makanan khas Maluku yang digunakan sebagai cemilan.  Sesuai dengan namanya, sagu gula menandakan kalau makanan ini terbuat dari sagu dan juga gula.  Kemudian, akan dibentuk menyerupai balok juga.

Ciri khas dari kue ini adalah adanya gula aren yang diletakkan pada bagian tengah kue. Sagu juga akan dicampurkan dengan kelapa sebelum dimasukkan ke dalam cetakan. Jika sudah, nantinya akan dimasukkan gula aren untuk menghasilkan rasa manis dan juga gurih.

Gohu ikan



Tidak banyak orang yang berani mencoba makanan khas Maluku yang satu ini juga. Hal ini dikarenakan Gohu ikan merupakan makanan yang dibuat menggunakan ikan mentah.  Jadi, akan dibuat dengan ikan tuna atau juga cakalang yang dipotong dadu.

Ikan kemudian akan dilumuri dengan jeruk dan garam agar tidak mengeluarkan bau amis.  Bahkan, akan ditambahkan dengan tumisan bawang dan juga cabai rawit untuk memberikan rasa yang nikmat. Makanan ini biasanya dimakan oleh para nelayan di tengah laut juga.

Ampas Tarigu



Makanan khas Maluku lainnya adalah ampas tarigu. Makanan yang satu ini merupakan roti bersejarah yang mempunyai banyak peminat juga. Roti ini sudah ada dari zaman penjajahan oleh Belanda juga. Walaupun mempunyai nama ampas terigu, roti tidak dibuat dengan ampas.

Makanan ini dibuat menggunakan gula merah dan campuran kelapa. Karena itu, riti mempunyai warna khas kecokelatan. Selain menggunakan bahan tersebut, ada campuran dari bubuk kayu manis juga. Karena itu, roti mempunyai rasa yang kaya rempah juga. Akan sangat cocok jika Anda menggabungkan dengan teh.

Demikian beberapa pilihan makanan khas Maluku yang dapat Anda coba untuk mendapatkan rasa yang unik. Banyak makanan yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain untuk berbagai macam pilihan tersebut. Jika sudah berkunjung, mencoba makanan adalah hal penting.

Posting Komentar untuk " Penasaran dengan Makanan Khas Maluku? Ini yang Populer"