Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGALAMANKU MISUH-MISUH (MENGUMPAT) KE TUHAN PERIHAL KEGAGALAN


Terdengar aneh kan ya? Tapi gw yakin temen-temen skalian pasti juga pernah merasakan hal yang sama di luar kesadaran. Saat cinta ditolak, kita ngomong Tuhan nggak adil, saat kita mendapat nilai jelek saat ujian, padahal temen yang kita contekin nilainya lebih bagus, kita ngomong Tuhan nggak adil, saat kita ada suatu kompetisi, dan kita kalah, kita nyalahin Tuhan.
Tapi temen-temen, banyak sekali Tuhan memberikan kita bermacam-macam rejeki, tapi sama sekali kita lupa bahwa itu pemberian Tuhan, dan kita lupa bersyukur padanya :) 

Kisah ini adalah kisah dimana saya melakukankan kesalahan cukup fatal, dan Tuhan membuatku terpesona karena apa yang saya alami disini sungguh tak bisa di nalar :) . Semoga temen-temen terinspirasi …
Saya sekolah di SMA SEMESTA Semarang, disana terdapat budaya bahwasanya tiap tahun ada pelatihan lomba karya ilmiah dan siswa siswa ditempa harus mengikuti perlombaan di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Tahapan seleksi dari perlombaan sampai ke internasional sangat banyak dan tidak mudah bro! kalo kalian bisa tahu, hanya projek projek yang layak aja yang boleh di perlombakan oleh sekolah. Jadi alurnya kurang lebih seperti ini =>
1.       Ide kita tertuang dalam konsep matang
2.       Ngomong sama guru pembimbing apakah projek kita mungkin direalisasikan
3.       Mencari guru pembimbing dan asisten (biasanya asisten dari orang yang sangat berpengalaman, yaitu mahasiswa)
4.       Trus membuat makalah, untuk pendaftaran ISPO(Indonesian Science Project Olimpiad) / LIPI/ OPSI
5.       Sekolah membuat simulasi perlombaan, dan peserta akan dibatasi siapa saja yang layak ke nasional.
6.       Sesudah terdaftar ke nasional, barulah kita focus ke pembuatan alat kita.
Nah..ada beberapa cerita yang menarik dari kisah gw :D
Pada jaman gue saingan sama temen-temen gw, gw disisihin terus, ada info dari guru pembimbing gw nggak pernah dikasih tau, parah kan, jadi gw harus usaha sendiri sama partner gw (namanya ADITYA PUTRAWAN). Untung partner gw orangnya nggak gampang nyerah, asyik banget tuh :D . Saat itu ada 8 projek yang mendaftar termasuk projek kita. Gue harus fighting sendiri, Tanya sana Tanya sini sendiri, wuah, pokoknya serba tertekan…biaya pun juga mengucur sangat deras TT nggak enak gw sama babe nyokap TT
Gw bernazar saat itu, kalo gw bisa lolos ke ISPO, gw bakalan puasa 3 hari berturut2, kalo nggak lolos, puasa sekali aja.  Bener banget, ALHAMDULILLAH !! dari 8 projek yang mendaftar, cumin gue yang lolos ke ISPO mameeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnn :D alangkah bahagianya!! Gw langsung sujud syukur dan puasa 3 hari berturut2 
Alat belum jadi 100 persen, di hotel kita terus membenahi kesalahan2, hp sebagai mediator alat-komputer harus ganti hingga 4 kali!!! Bayangkan aja tuh…kasian si asisten kita, dia yang ngerti programmer tp juga bingung masalah hp, soalnya cari hp yang diinginkan susah bener L kalo mau beli yang mahal ada 1,2 juta L akhirnya seadanya dulu deh, modal bacod batinku.
Di perlombaan sangat seru temen-temen, kita ketemu orang2 baru yang sama-sama berkompeten, kita kenalan, dan jadi tau manfaat2 alat2 di sekeliling GRAND KARTINI HALLROOM JAKARTA.


SEPERTI INILAH GAMBARAN DI ISPO :D

 
Hari yang ditunggu-tunggu datang ! pengumuman lomba, seluruh peserta dikumpulkan di BALAI SARBINI Jakarta. Setelah beberapa jam menunggu para petinggi ngomong2 akhirnya sampai juga di puncak acara :D
Seneng banget ada beberapa temen-temen yang menang dan menjadi juara…tp kok L L L GW NGGAK JUARA L LLLL NYESEL BANGET!!  Kalo nggak juara, trus buat apa gw kesini L gw emosi sendiri, nggak mau makan, lepas control, akhirnya gw misuh2 ke Tuhan juga, nggak terima, gw yang lebih bagus dari mereka kenapa gw nggak menang L ALLAAAAAAAHHH ! ! ! !BULLSHIT DENGAN TUHAN!! GW NGGAK PERCAYA LAGI!! NGAPAIN GW PUASA!! NGAPAIN GW NGABISIN UANG CUMAN DAPET KAYAK GINI!!
Abis itu gw sempet nggak mau Sholat guys L udah nggak percaya TUHAN L PARAH!
Abis itu menjelang pulang ke semarang, acaranya mau ke dufan dulu, pikirku, mau naik tornado terus aja ah !! HOLYSHIT DENGAN SEMUANYA!!bunuh diri skalian !! (maklum ababil)
Di perjalanan, gw dieeeemmm aja, nggak mau makan, entahlah… L
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Di tengah-tengah perjalanan, gw di telpon pihak ISPO bahwasanya gw dipanggil ke kantor PASIAD.
“NGAPAIN!!!!” BATINKU…
Lalu gw sama partner, ditemenin guru pembimbingku, ke kantor PASIAD, disana juga ada beberapa temen2 ispo. Setelah di usut, gw dapet berita dari PASIAD KALO GW LOLOS KE TAHAP INTERNASIONAL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! !!!! WHAT A?? SUBHANALLAH :’)
Gw langsung lari ke mushola, wudhu, sujud, nangis entahlah gw merasa berdosa sama Allah L
Jadi, gw bisa lolos ke internasional karena ada pemenang yang mengundurkan diri dr tahap internasional dan gw bisa menggantikannya karena kelayakan dari projekku J
“endo, adit, siapkan alatmu dalam 1 bulan, bulan depan kita berangkat ke ROMANIA”
Woaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa SUBHANALLAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHH ! ! ! !
 AKHIRNYA AKU BISA MEWAKILI INDONESIA TERCINTA DI ROMANIA ! ! ! :D

AKHIRNYA !!! berangkat ke romania dengan sangat siap, tanpa halangan suatu masalah, (proposal dana cari di orang tua hehe) 

berangkaaaaaaaaaaaaaattttt






BERANGKAT KE ROMANIA




SAMPAI DI RUMANIA


PERLOMBAAN

setelah berperang dengan 52 bangsa di dunia, dan 300 peserta. gw punya beberapa kata yang selalu gue tanam dalam hati.

MENANG TETAP BERDOA SAMA ALLAH, KALAH TETAP BERDOA :) 

Dan akhirnya temen-temen..nggak ada yang bisa menjelaskan kenapa gambar di bawah ini bisa tercipta, kecuali Allah yang menginginkannya :') 


SILVER MEDALS INFOMATRIX COMPETITION OF BUCHAREST-ROMANIA




masuk tv dan koran :D


=========================================================================
akhir kata, gw cuman mau ngingetin pembaca aja, jangan mudah terpengaruh sama keterpurukanmu! terus FIGHT !! berusaha menjadi yang terbaik dan berusahalah semampumu!



TUHAN MEMBERIKAN JALAN YANG LURUS BAGI UMATNYA YANG SELALU PERCAYA PADANYA. PERCAYALAH, TUHAN SAYANG PADA UMATNYA, DAN DIA HANYA MENGETES, SEBERAPA SETIANYA KITA PADANYA, DAN PERCAYALAH, TUHAN TAK AKAN MEMBUAT UMATNYA MERANA. ENGKAU BERDOA PADANYA, ENGKAU INGIN KUAT MENGHADAPI COBAANNYA. DIA MENJAWAB DOAMU, DENGAN CARA SEPERTI INI :)
 INGATLAH !!! TUHAN MAHA BIJAK DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN, DAN TUHANLAH YANG MAHA TAHU SEGALANYA!!
by :  ENDO SADEWA

2 komentar untuk "PENGALAMANKU MISUH-MISUH (MENGUMPAT) KE TUHAN PERIHAL KEGAGALAN"

  1. sekedar nyimak aja ya gan
    untuk Download Game dan Aplikasi Pc dan Symbian, silahkan kunjungi :
    www.symbianers60v3.co.cc

    BalasHapus
  2. maaf mau nanya, biaya ke rumania yg biayain siapa ya?

    BalasHapus