Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa yang pernah puasa, tapi shalat wajib lupa dijalankan?



Siapa yang pernah puasa, tapi shalat wajib lupa dijalankan?
Sholat Wajib, hal ini seringkali dianggap-entengkan. Mengingat hal tersebut memang sangat mudah dilakukan, sehingga kita sendiri acapkali lupa dan tidak menanggapi arti sholat wajib tersebut. 

Manusia pada dasarnya suka, atau lebih intens terhadap hal-hal yang menantangnya, atau bisa saja kita sebut, lebih suka melakukan ibadah yang lebih menantang. Contohnya puasa. Anak kecilpun lebih memilih puasa daripada mau sholat wajib 5 waktu mereka lakukan, karena bosan juga.

Okelah puasa ramadhan, menyembelih qurban, membaca alquran, ataupun ibadah lainnya, para Nabi mendapatkan "tugas" tersebut lewat kisah, Beliau mendapat mandat tersebut tidak langsung dari Allah, melainkan melalui kejadian yang manusiawi. Berbeda dengan shalat, saat shalat diajarkan kepada Nabi untuk disebarluaskan, Nabi harus bertemu dengan Allah langsung, LANGSUNG, dan inilah spesialnya shalat.

Karena saking spesialnya, Allah juga akan memberikan kenikmatan luar biasa kepada kita yang menjalankan shalat 5 waktu. Yaitu surga, kekal didalamnya.
Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman … dan orang-orang yang memelihara sholatnya mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al Mu’minun: 1-11)

Disamping nikmat yang diberikan sangat istimewa, namun apabila kita meninggalkannya, kita juga diberikan siksaan yang tiada tara. Namanya wajib, ini adalah hal dimana kita harus bersujud kepada sang khalik, sang pencipta kita.

Allah berfirman (yang artinya), “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” QS. Al Maa’un[107]

“Maka pada hari itu tiada seorangpun yang menyiksa seperti siksa-Nya” QS. Al Fajr [25]
Udah tau kan, dari dalil tersebut disebutkan bahwa siksaan Allah di akhirat nanti, melebihi apa yang ada di dunia. Semua yang kita lihat, kekejaman yang kita lihat di dunia, tidak ada tandingannya bagi siksaan Allah untuk orang yang 'lupa' padaNya.


BATALKAH PUASA APABILA TIDAK SHOLAT?
tidak, puasa tidak batal. hanya saja harus menanggung dosa karena meninggalkan shalat tersebut. 
Akhir kata, semoga tulisan singkat saya membuat kita sadar, dan semakin dekat memeluk Allah SWT
Semoga bermanfaat, sama-sama belajar. Wassalam. Wallahua'lamu bisshowab. 

Posting Komentar untuk "Siapa yang pernah puasa, tapi shalat wajib lupa dijalankan?"