Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SURAT KECIL UNTUK UANG

APAKAH UANG ADALAH SEGALANYA? ATAU APAKAH UANG SEBAGAI SUMBER KEBAHAGIAAN?
Betulkah?betul!
Kalau dibilang uang sebagai sumber kebahagiaan, sangat betul. Banyak orang yang gila karena memikirkan uang. Entah dia hutang, ataupun susah untuk membayar sekolah. Yang paling sering kita temui bahkan di diri kita sendiri adalah, keinginan untuk membeli seseuatu yang kita inginkan, contohnya gadget. Beruntunglah kalian yang terlahir dengan rejeki yang sudah berkecukupan, tetapi jangan sampai lupa siapa yang memberimu rejeki.

Back to topic
Uang adalah kebahagiaan? betul? Disini saya bilang betul. Karena apa yang kita lakukan semua menggunakan uang. Mau sekolah keluar uang. Mau kuliah keluar uang, bahkan, mau pipis ditempat umumpun mengeluarkan uang. Betul?
Eits, tapi ingat, sumber kebahagiaan ya! (menurut KBBI, bahagia adalah perasaan senang dan tentram, dan terbebas dari susah)

Lalu kamu tadi bilang apakah uang adalah segalanya? Jawabannya betul juga. Kalo dibilang segalanya masih belum cukup? hmmm kenapa?
Kecukupan manusia atau saya menyebutnya 'segalanya' mempunyai pola seperti jaring-jaring. Dan kita selalu tahu bahwa manusia adalah makhluk yang SELALU TIDAK PERNAH PUAS. Itulah kenapa, segalanya tidak akan pernah tercapai oleh manusia bila jaring-jaringnya belum bergabung menjadi satu.

Tidak semua orang memang mengerti jaring-jaring ini. Karena ini adalah saling bersangkut paut menjadi satu. Dan di tengah jaring-jaring ini saya sendiri menyebutnya 'MANUNGGALING'. Yaitu Tuhan. Ini merupakan ilmu yang wajib sebetulnya dimiliki semua orang, agar manusia bisa memikirkan kabar baik dirinya nanti di dunia dan di akhirat.

#1 TUHAN
Tuhan disini memerankan Dia sebagai pengatur. Semua jaring-jaring ini diatur olehnya. Ditulis dalam Kitabnya, dan kita bisa membacanya. Aturan ini hakiki, sebenar-benarnya aturan. Seadil-adilnya aturan. Apabila ada orang yang melanggar aturannya, ada beberapa sebab diantaranya 1. Mereka belum menemukan jaring-jaring ini. 2. Mereka memang rakus harta. 3. Mereka bodoh karena sudah tahu aturannya tetapi tetap dilanggar demi keinginannya.

”Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar” [QS. Al-Anfaal : 28].

Nah, kita tahu bahwa Uang itu memang hasil kerja keras kita, ketahuilah, istilah LUCKY, WIN, LOSE, HOW MUCH, HOW FAR, dan HOW BIG is your money, TUHAN KAMULAH YANG MENGATUR REJEKIMU!
“Tuhan adalah pengatur jarring-jaring. Dan harta dan segala yang manusia miliki adalah cobaan”

#2 DASAR PEMIKIRAN
Dasar pemikiran? Apalagi ini?
Dasar pemikiran adalah, apa-apa yang kita ketahui tentang UANG, harus tahu dasarnya. Karena uang itu membahagiakan, tetapi di lain sisi uang bias membinasakan. Betul? Orang yang suka judi, kalau lagi menang memang uangnya banyak, kalo kalah? Dia rela merampok orang untuk mendapatkan uang demi kembali berjudi sambil bermabuk ria. That’s awful. Lanjut?
Uang disini tidak berdiri sendiri. Karena sudah dijelaskan diatas, uang itu rejeki, dan Tuhanmu yang memberi. Tuhan akan memberikan apa saja yang kamu inginkan, tidak hanya saat kamu berusaha. Kamu diam pun terkadang rejeki datang kepadamu. Itu karena Tuhanmu masih sayang terhadapmu. Apabila rejekimu agak seret, atau berkurang, atau susah untuk didapatkan, ketahuilah, bahwa Tuhan sedang menguji dirimu. Apabila Tuhan tidak kunjung memberimu rejeki, bahkan hingga saya menulis artikel kecil ini kamu belum kunjung mendapatkan rejeki, kamu harus yakin, Tuhan sedang merencakan hal yang jauh lebih baik dari apa yang HANYA kau inginkan. INGAT LAGI rumus diatas,

‘Tuhan adalah pengatur jaring-jaring’

#3 SIKAP
Manusia sepenuhnya mempunyai hak untuk melakukan apapun terhadap apa yang ada pada dirinya, betul? Oke skip~
Sikap apa yang kita berikan adalah cerminan dari didikan kita, pengaruh lingkungan kita, pengaruh kehidupan kita, pengaruh pergaulan kita, pengaruh kebiasaan kita.
DENGAN KITA SADARI ATAU TIDAK, AKAN ADA BANYAK ORANG (TIDAK SEDIKIT) YANG MEMBERIKAN RESPON TENTANG DIRI KITA.
Responnya entah kamu baik, pelit, sombong, nggak pelit, nggak sombong, songong, belagu, sok kaya, sok punya, sederhana, macem-macem.
Nah, kalian ingin orang lain bilang ke kamu gimana? Pasti yang baik-baik donk..
Betul sekali, sekali lagi saya tekankan, kamu mempunyai hak penuh atas apa yang kamu lakukan.
Kalau orang lain ingin bersimpati kepadamu, sikap kamu harus menyatu dengan hati. Maksudnya?
Menyatu dengan hati = IKHLAS!
Jadi sesuatu yang ikhlas adalah bahkan kita melakukan kegiatan apapun, kita nggak akan mikirin lagi nanti gimana ya, gitu ya gini ya… NGGAK USAH! Selama tujuan kita baik, pengaruhnya pasti baik! PERCAYALAH! Lakukanlah tindakan baik, lalu tidak usah engkau pikirkan pengaruh apa yang sudah kamu perbuat. Pikirkan saja KAMU AKAN MENDAPAT RIDHO TUHANMU.
Setelah ikhlas didapat, saya yakin, dari sini kamu akan merasa cukup tenang. Tetapi belum sepenuhnya tenang ya! Karena kamu harus baca yang di bawah :P

“Selama tujuan kita baik, pengaruhnya pasti baik”

#4 TINDAKAN
Uang adalah benda mati. Jadi perlu tindakan untuk memulai menggunakan uang, betul?
Apa kita perlu masuk ke DPR RI lalu kita membuat proyek Negara yang bermacam-macam, uang mengalir deras disana, dan kita petik uangnya agar kita menjadi kaya? (READ : KORUPSI) Perlu?
Tidak perlu guys! Banyak cara yang halal dan menghasilkan untuk mencari uang yang banyak. Kalo kata pepatah, Belajarlah sampai ke negeri cina. Tak terkecuali untuk mendapatkan uang.

Lalu, apa hanya bekerja kita bias melipatgandakan uang? SALAH! TIDAK! NO!
Kalian harus tau, dan yakin, saat ini saya bias melipat gandakan uang anda! CARANYA?
Anda lakukan sendiri apa yang saya perintahkan.. Ambil isi dompet anda, setidaknya 10 kali lipat lebih sedikit dari apa yang ingin kalian gandakan. Semisal kalau engkau ingin uang 1 juta dengan cepat, maka ambil 100 ribu. Lalu masukkan ke kotak amal masjid terdekat, sholat hajad, dan bermunajadlah. Dalam waktu yang tidak dketahui engkau akan mendapatkan REJEKI yang setara dengan apa yang kamu inginkan. Karena TUHAN MENJANJIKANNYA! SERIUS!

Setelah mendapatkan apa yang kamu inginkan, hal terakhir yang kamu lakukan adalah.. BERTERIMAKASIHLAH KEPADA TUHAN
Cara berterimakasihpun juga bermacam-macam. Mulai dari taubat, bersedekah (untuk melipatgandakan uang juga bisa), atau BERSYUKUR DIMANAPUN ENGKAU BERADA.
Lalu ketenangan luar biasa akan kamu dapatkan selama kamu yakin, TUHAN SELALU DEKAT DENGAN ORANG YANG SELALU MENDEKATKAN DIRI KEPADANYA!
Kenapa saya bilang mendekatkan? Karena kita harus bertindak untuk bisa dekat dengannya.

“BERTERIMAKASIHLAH KEPADA TUHAN, BERSYUKUR DIMANAPUN ENGKAU BERADA, TUHAN SELALU DEKAT DENGAN ORANG YANG SELALU MENDEKATKAN DIRI KEPADANYA!”


#5 TANTANGAN
Sebaik-baik tindakan apa yang kita lakukan pasti ada yang mencela. Seburuk-buruk tindakan apa yang orang lakukan pasti ada yang membela, inilah kehidupan, berhati-hatilah.
Tantanganmu disini adalah, bagaimana kamu konsisten mempertahankan dirimu menjadi pribadi yang manunggaling/ berserah diri kepada Allah TOTALLY tanpa goyang karena UANG. Uang sering ‘dituhankan’.
Maka untuk menjaga kita dari hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus selalu dekat dengan Tuhan, ingat darimana rejeki dating dan pergi, semata-mata karena semua adalah cobaan untuk kita. Berhati-hatilah. Saat ini kita sudah memasuki jaman yang aneh. Salah dianggap benar. Benar dianggap salah. Dajjal sudah hamper keluar. You just be careful. That’s all.
So guys.. jaring-jaring yang saya maksud agar kamu mendapatkan segalanya adalah
TUHAN-DASAR PEMIKIRAN-SIKAP-TINDAKAN-TANTANGAN

”Katakanlah : Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam” [QS. Al-An’aam : 162]

untuk menjaga kita dari hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus selalu dekat dengan Tuhan”

Selamat menempuh hidupmu, semoga Tuhan selalu memberikan rejeki yang melimpah kepadamu wahai manusia yang selalu berfikir positif. Apabila ada kesalahan kata/ maksud saya meminta maaf.

Wassalam.

ENDO SADEWA

Posting Komentar untuk "SURAT KECIL UNTUK UANG"