Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Makanan Khas Semarang Paling Recomended. Gak Usah Mampir Kalau Nggak Coba Semua Guys!


Inilah 11 Makanan dan Minuman Khas Semarang yang wajib dikunjungi.

Semarang sebagai Ibukota Jawa tengah, merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat. Kota ini memiliki berbagai landmark yang terkenal, sebut saja lawang sewu, PRPP, Taman Maerokoco, Pantai Marina, Simpang Lima, dan lain sebagainya. Sebagai destinasi wisata tentu saja makanan khas Semarang banyak dicari oleh wisatawan. Berikut beberapa makanan dan minuman khas Kota Semarang.


1. Lumpia




Seperti yang kita ketahui, Semarang dijuluki sebagai kota lumpia. Ya, Ibukota Jawa Tengah ini memang identik dengan makanan dari rebung ini. Lumpia adalah makanan khas asal Semarang yang merupakan perpaduan dari dua kebudayaan yaitu Jawa dan Cina. Makanan ini terbuat dari kulit tipis dari tepung terigu yang membalut isi yang biasanya terdiri dari rebung, telur, udang atau ayam. Anda bisa mendapatkan makanan khas Semarang lumpiaini hampir di semua penjuru kota Semarang. Penjual lumpia yang terkenal dan menurut mimin paling enak adalah Lumpia Mbak Lien (jalan pemuda), Lumpia Gang Lombok, Lumpia Express, Lumpia Juwana (jalan pandanaran), Lumpia Mataram dll. Semuanya mempunyai ciri khas masing-masing. Jadi kalau kalian memang pecinta Lumpia wajib coba 1-1. Ada yang manis, Ada yang kaya akan isinya, Ada yang ayamnya melimpah, juga ada yang rasanya nggigit banget.

2. Tahu gimbal



Salah satu makanan khas semarang yang terkenal enak dan cocok di lidah banyak orang adalah tahu gimbal semarang. Hidangan yang terdiri dari irisan ketupat atau lontong, tahu goreng, gimbal, telur, taoge, kol mentah cincang, dan disiram saus kacang dengan petis udang ini Yang menjadi ciri khas dari makanan ini adalah adanya gimbal, yaitu bakwan dengan isian udang, dengan rasa gurih sedikit manis dan pedas. Jangan lupa mencoba makanan khas Semarang tahu gimbal ini bila anda sedang melintas atau berkunjung ke Semarang. Rekomendasi tahu gimbal paling top adalah tahu gimbal Lumayan pak man (plampitan, daerah china town semarang), Tahu gimbal Pak H.Edy, Tahu Gimbal Pak Supri (khas Kudus) daerah tembalang.


3. NASGOR BABAT dan Babat Gongso


Hidangan yang satu ini wajib dicoba bagi penggemar jeroan sapi. Babat Gongso merupakan makanan khas di Semarang tepatnya di Nasi Goreng Pak Karmin, Jalan Pemuda samping jembatan mberok. Babat Gongso terdiri dari potongan babat dan jeroan lainnya seperti limpa, hati, iso, atau paru yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental. Rasa Pedas yang berpadu dengan manisnya kecap membuat babat gongso ini sangat digemari. Hidangan ini dibanderol dengan harga Rp.25.000 hingga Rp.30.000 per porsi. Cukup mahal memang, namun rasanya yang mantap cukup sebanding dengan harganya.
Selain Pak Karmin, banyak penjual babat gongso dan nasi goreng babat yang enak, diantaranya ada pak Hengky, Sorjem, Pak di dll. WAJIB COBA POKOKNYA GAES!!

4. Soto Semarang


Jika kita perhatikan hampir semua daerah di nusantara ini memiliki sajian kuliner berkuah yang bernama Soto. Tak terkecuali Semarang yang juga mempunyai Soto Semarang sebagai makanan khas kota Semarang. Soto Semarang yang paling terkenal adalah Soto Bangkong. Soto bangkong telah berproduksi sejak tahun 1950 di perempatan Bangkong Semarang. Seiring berjalannya waktu Soto Bangkong telah berkembang dan membuka cabang di berbagai daerah. Soto ini terdiri dari daging ayam suwir, tomat, taoge, dan daun bawang. Selain soto bangkong, soto paling enak di semarang ada di Soto Mbak Lien Khas Kudus. Meskipun aslinya soto kudus namun menjadi salah satu soto terenak yang nyaman untuk mengisi perut di pagi hari atau makan siang.


5. Kue carang madu


Kue Carang madu atau Sarang madu merupakan makanan kering khas Semarang yang wajib anda jadikan pilihan sebagai oleh oleh. Makanan ini terbuat dari santan dan tepung beras yang bagian atasnya diberi olesan gula merah. Rasanya yang gurih, manis nan renyah membuat kue ini tak pernah sepi peminat. Kue ini memiliki tekstur yang mudah hancur sehingga anda harus berhati hati saat membawanya di dalam perjalanan.


6. Bandeng presto


Ikan bandeng yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi (presto) ini merupakan oleh oleh makanan khas Semarang yang digemari oleh wisatawan. Bandeng Presto semarang terasa sangat nikmat jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal khasnya. Salah satu toko bandeng presto yang terkenal adalah Bandeng Juwana yang terdapat di jalan pandanaran Semarang. Bandeng presto ini merupakan makanan khas Semarang yang tahan lama karena dikemas dalam bungkus kedap udara membuatnya tahan hingga berminggu minggu jika disimpan di dalam freezer.


7. Wingko Babat


Kalau beli bandeng presto dan lumpia, kudapan ini juga menjadi oleh-oleh wajib karena pasti letaknya berpasangan. Wingko Babat merupakan makanan tradisional khas Semarang yang digemari masyarakat. Unsur tradisional yang lekat dengan kudapan ini menjadikan para wisatawan tak pernah terlewatkan membeli Wingko babat untuk oleh-oleh. Wingko babat terbuat dari beras ketan yang diuleni dicampur dengan parutan kelapa yang dibakar. Dalam perkembangannya telah ada banyak variasi rasa wingko dari coklat, nangka, durian, kelapa muda, dan lain sebagainya.


8. Tahu Pong


Tahu Pong menjadi salah makanan ringan khas Semarang yang paling digemari. Tahu pong merupakan tahu yang digoreng garing. Tahu pong ini tidak memiliki isi alias kosong atau dalam bahasa jawa disebut kopong, sehingga disebut tahu pong. Biasanya tahu pong disajikan hangat dengan cocolan petis udang, didampingi acar dan uleg kasar cabai hijau. Tahu pong dapat menjadi alternatif pilihan sebagai makanan oleh oleh khas Semarang yang dapat anda jadikan buah tangan untuk sanak keluarga.


9. Nasi Pecel


Salah satu makanan khas Semarang di Simpang Lima adalah Nasi Pecel. Nasi pecel khas Semarang dihidangkan dengan beraneka macam lauk pauk, dan juga bumbu kacang ditambah sayur yang sangat nikmat, terutama apabila disantap dengan nasi yang hangat. Beberapa pilihan lauk antara lain adalah telur, ayam, hingga ikan ikanan dapat menjadi pendamping yang nikmat untuk menyantap pecel ini. Ada dua penjual Nasi Pecel di Simpang lima yang terkenal yaitu Pecel Bu Sumo dan Pecel Yu Sri.


10. Roti Ganjel Rel


Dalam bahasa Jawa, ganjel berarti pengganjal, dan rel berarti rel kereta api. Nama makanan khas Semarang ganjel Rel diambil daribahasajawatersebut yang berarti bantalan rel, karena bentuk roti tersebut yang mirip bantalan rel. Roti yang berwarna cokelat nan memikat bertabur biji wijen ini memiliki tekstur yang padat dan sedikit alot. Meskipun teksturnya alot, makanan khas Semarang yang satu ini memiliki cita rasa yang klasik yang unik seolah membawa kita ke jaman pendudukan Belanda. Rasa inilah yang menarik minat para wisatawan untuk kembali mencicipinya.


11. Wedang tahu


Bagi yang belum pernah mencoba mungkin minuman ini terdengar aneh. Tahu yang biasa dimakan malah dijadikan minuman. Minuman yang dibuat dari sari kedelai yang direbus hingga menjadi kembang tahu ini disajikan dengan kuah yang hangat. Rasa manis dari gula jawa dan rasa pedas dari jahe dan rempah lainnya menjadi perpaduan yang pas untuk disantap sebagai penghangat badan, juga sebagai pendamping saat menikmati makanan khas daerah semarang.Anda dapat menemukan penjual wedang tahu di kawasan pecinan, gang lombok, ataupun pedagang keliling, dengan harga terjangkau.

Penutup


Itulah tadi beberapa minuman makanan khas Semarang Jawa Tengah yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung atau melintas di Kota Semarang. 11 Makanan tersebut wajib kalian coba, minimal Tahu Gimbal, Lumpia, Nasgor Babat, Wingko Babat dll. Kalau kalian ingin lihat lebih lengkap buka aja nih, 

Sampai jumpa di tulisan berikutnya guys. Jika tulisan kalian ingin di upload disini, kirim aja tulisannya ke admin langsung endosadewa@gmail.com atau hubungi instagram @endosadewa. Terima Kasih sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "11 Makanan Khas Semarang Paling Recomended. Gak Usah Mampir Kalau Nggak Coba Semua Guys!"