Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Cobain! Ini Makanan Khas Jawa Tengah yang Lezat Rekomendasi Banyak Orang

Wajib Coba! Ini Makanan Khas Jawa Tengah yang Lezat




Banyak orang yang menjadikan makanan sebagai salah satu cara untuk healing.  Beberapa orang bahkan lebih memilih makan daripada jalan-jalan. Karena itu, ada banyak wisata kuliner dan pencarian akan makanan khas Jawa Tengah yang rasanya lezat juga.

Pilihan Makanan Khas Jawa Tengah

Anda pastinya dapat memilih sendiri untuk makanan yang diinginkan ketika merasa lapar. Jika kebetulan sedang berada di daerah Jawa Tengah, ada berbagai macam hidangan yang dapat Anda coba. Tentunya, rasanya juga berbeda satu dan lainnya seperti makanan berikut:

 Tahu Gimbal




Jika sudah sampai di Pulau Jawa, mencoba Tahu Gimbal dan Lontong adalah hal yang penting untuk dilakukan. Makanan khas Jawa Tengah yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bahkan, dari namanya saja sudah mencerminkan keunikannya. Tahu ini mempunyai rasa yang unik juga.

Ada berbagai macam isian yang membuatnya menjadi berbeda dengan tahu lainnya. Tahu gimbal akan dimakan bersamaan dengan irisan kol kemudian tauge dan juga telur. Tentunya, akan ada lontong dan gimbal karena merupakan makanan berat.

Tahu kemudian akan disiram dengan bumbu kacang yang jauh lebih encer daripada makanan lainnya. Banyaknya gimbal dengan saus kacang dan petis udang ini membuatnya terkenal dalam makanan khas Jawa Tengah juga. Pas untuk orang yang suka udang juga.

Tempe Mendoan



Selain tahu, tempe juga menjadi pilihan untuk banyak orang karena rasa yang diberikan. Makanan yang satu ini sangat terkenal dan banyak dijadikan sebagai camilan. Tidak jauh berbeda dengan tempe goreng tepung, namun rasanya membuatnya menjadi khas.

Tempe mendoan juga digoreng dalam minyak yang banyak dengan api panas. Namun, akan langsung diangkat dalam keadaan setengah matang. Hal inilah yang membuatnya menjadi makanan khas Jawa Tengah. Rasanya menjadi lezat karena ada tambahan cabai rawit juga.

Lumpia Semarang



Anda juga dapat menikmati makanan yang terasa seperti camilan lainnya dengan menjadikan Lumpia Semarang sebagai pilihan. Banyak acara besar yang menggunakan lumpia Semarang untuk snack. Kulit lumpia yang garing membuatnya mendapatkan nilai plus sendiri.

Tentunya, lumpia ini menjadi makanan khas Jawa Tengah karena ada perpaduan dari sambal kacang dan juga cabe rawit jika Anda suka pedas. Ada berbagai macam isian dalam lumpia yang membuatnya enak tanpa harus ada sambal juga.

Lumpia akan diisi dengan ayam kemudian telur dan juga sayuran. Untuk menghadirkan rasa khas, lumpia juga akan diisi menggunakan udang. Rasa yang ditawarkan langsung jauh berbeda dengan lumpia yang biasanya Anda temukan di daerah lainnya.

Tahu petis



Masih berkaitan dengan tahu, banyak yang mencoba tahu petis untuk makanan khas Jawa Tengah juga.  Ada beberapa orang yang merasa bingung jika belum pernah mencoba makanan ini juga. Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan tahu biasa, hanya sambalnya yang memberikan perbedaan.

Jadi, tahu akan dimakan bersamaan dengan sambal petis.  Karena itu, dinamakan sebagai tahu petis.  Sambal petis sendiri terbuat dari gula merah juga kacang dan menghasilkan rasa yang pedas. Tahu juga akan disiram dengan kuah petis yang dibuat dari udang atau juga ikan.

Soto Kudus



Makanan khas Jawa Tengah ini dianggap sebagai makanan yang memberikan kenyamanan untuk tubuh. Hal ini dikarenakan kuah yang sangat hangat dengan berbagai macam isian daging juga tauge dan mie.  Ada juga yang menggunakan nasi dengan kuah bening.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Tengah yang harus Anda coba jika berkunjung ke Jawa Tengah.  Penting halnya untuk mengetahui rasa original dari tempatnya langsung.

Posting Komentar untuk "Wajib Cobain! Ini Makanan Khas Jawa Tengah yang Lezat Rekomendasi Banyak Orang"